Bangunan Kota Warna-warni di Dunia, Indonesia Juga Ada!

Selasa, 21 Desember 2021 | 10:30:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Bangunan Kota Warna-Warni Di Dunia, Indonesia Juga Ada!

Gamcheon Culture Village. (Special)

Ladiestory.id - Siapa di sini yang rindu travelling? Sepertinya semua orang rindu berjalan-jalan dan berlibur.

Sayangnya masa pandemi yang belum berakhir membatasi kita untuk menjelajah berbagai kota atau negara. Untuk sementara ini, mending Kamu ikut kita berlibur secara virtual dan berkeliling ke kota-kota paling warna-warni di dunia!

Kota Warna-Warni yang Ada di Seluruh Dunia

Untuk menarik minat wisatawan, beberapa kota di dunia ini sengaja dibuat unik dengan memadukan banyak warna pada setiap bangunannya. Berikut beberapa di antaranya:  

1. Gamcheon Culture Village, Busan, Korea Selatan

Gamcheon Culture Village. (Special)

Desa Gamcheon di Busan awalnya dibangun untuk menampung warga miskin di Korea. Di tahun 2009, muncullah inisiatif untuk meremajakan rumah dan bangunan di desa Gamcheon dengan mengecat seluruh desa dengan cat warna-warni. Usaha revitalisasi Gamcheon pun berhasil dan memicu pergerakan ekonomi di desa tersebut dengan dibukanya galeri, studio, dan kafe. Kini, Desa Gamcheon menjadi salah satu destinasi wisata yang populer di Busan.

2. Salvador, Brazil

Salvador adalah pusat meleburnya budaya Afro-Brazil yang ceria. Hal ini terpancar dari penampakan gedung-gedung kolonial penuh warna yang dibangun di abad 17 dan 18. Salvador memadukan tampilan muka gedung yang cerah dengan landmark emas bernilai sejarah tinggi.

Hasilnya adalah pemandangan yang cantik dan menyenangkan mata. Tak kalah populer dari ibu kota Rio de Janeiro, Salvador menawarkan beragam keindahan berbalut dengan ketenangan yang memanjakan kelima indra.

3. Pulau Burano, Venesia, Italia

Dari Brazil sekarang kita pindah ke kota di Italia yang terkenal dengan keindahan kanalnya, Venesia. Di Venesia terdapat sebuah pulau penuh warna yang cantik bernama Burano. Warna-warna bangunan di Pulau Burano diperbarui setiap dua tahun sekali. Keindahan Pulau Burano berhasil mencuri perhatian warga lokal dan wisatawan.

4. Wroclaw, Polandia

Ilustrasi bangungan warna-warni di Wroclaw, Polandia. (vogue.com)

Terletak di Polandia Barat, kota Wroclaw punya sebuah kawasan yang dipenuhi bangunan abad pertengahan khas Eropa dengan aneka warna. Sempat hancur akibat Perang Dunia II, kawasan Wroclaw kembali dipugar tahun 1945 dengan warna-warna yang segar dan cerah, seperti kuning, pink, dan pastel green. Hasilnya adalah kawasan Wroclaw yang bernuansa ceria dan muda.

5. Rainbow Village, Taiwan

Awalnya merupakan perumahan untuk eks anggota militer, kini Rainbow Village berubah jadi destinasi wisata yang cantik dalam balutan warna-warna cerah dan lukisan yang menarik. Berawal dari inisiatif seorang warga lokal bernama Huang Yung Fu, kota ini bertransformasi menjadi sebuah area yang artsy.

6. Kampung Jodipan, Malang, Jawa Timur

Ilustrasi bangungan warna-warni di Kampung Jodipan. (Special)

Area yang juga dikenal dengan nama Kampung Tridi ini penuh warna dan dilengkapi spot foto yang instagrammable. Dari jauh sudah terlihat indahnya warna-warni yang menghiasi Kampung Jodipan. Ide mengubah area Jodipan menjadi kampung warna-warni digagas oleh sekumpulan mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Proyek Kampung Jodipan juga melibatkan warga sekitar, para seniman, dan pembuat mural lokal.

7. Jaipur, India

Jika kota-kota sebelumnya dihiasi aneka warna, Kota Jaipur yang terletak di India ini didominasi oleh warna pink cenderung ke terracotta yang menawan. Berdasarkan cerita dari warga lokal, Raja Sawai Ram Singh berinisiatif mengecat seluruh kota dengan warna pink untuk menyambut kedatangan Pangeran Albert dan Ratu Victoria ke India di tahun 1876. Warna pink yang cantik menarik perhatian wisatawan dari seluruh dunia dan pastinya mempercantik feed Instagram.