Bank Neo Commerce Gandeng Kelurahan Tambora Tangani Stunting dan Pencemaran Lingkungan

Sabtu, 2 Desember 2023 | 17:00:00

Irma Fauzia

Penulis : Irma Fauzia

Bank Neo Commerce Gandeng Kelurahan Tambora Tangani Stunting Dan Pencemaran Lingkungan

CSR BNC. (Special)

Ladiestory.id -  PT Bank Neo Commerce Tbk (BNC), salah satu bank dengan layanan digital yang memiliki layanan terlengkap di Indonesia, bekerja sama dengan salah satu perwakilan pemerintah daerah, yaitu Kelurahan Tambora di Jakarta Barat, menyelenggarakan kegiatan Aksi Tanggung Jawab Sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR). Kegiatan ini menyasar pada dua pilar yang masih memerlukan bantuan keterlibatan aktif banyak pihak dalam penanganannya, termasuk kalangan swasta, yaitu pilar kesehatan dan lingkungan.

Sebagai bentuk tanggung jawab sosial dan lingkungan, BNC turut  berkontribusi aktif dalam penanganan pengentasan stunting dengan memberikan makanan sehat bergizi kepada puluhan balita di wilayah Kelurahan Tambora, Jakarta Barat.

Penanganan stunting juga merupakan salah satu program utama Kementerian Kesehatan di tahun 2023. Menurut data, di DKI Jakarta terdapat 36 ribu anak yang memiliki masalah gizi dan rawan terkena stunting dimana 21 ribunya adalah balita. Stunting pada anak merupakan dampak dari defisiensi nutrisi selama seribu hari pertama kehidupan.

Hal ini menimbulkan gangguan perkembangan fisik anak, gangguan tumbuh kembang pada anak akibat kekurangan gizi, bila tidak mendapatkan intervensi sejak dini, akan berlanjut hingga dewasa sehingga masalah stunting ini harus mendapatkan penanganan yang serius.

Selain stunting, aspek lingkungan juga mendapatkan perhatian serius dari BNC. Berdasarkan data, tercatat masih banyak wilayah padat penduduk di Jakarta yang belum memiliki septic tank.

Hal ini tentu saja mengakibatkan potensi tercemarnya lingkungan dan kesehatan masyarakat yang serius. BNC bersama dengan Kelurahan Tambora, Jakarta Barat sebagai salah satu kelurahan di Jakarta yang padat penduduk, secara aktif berupaya menangani hal ini dan berkontribusi dengan menyediakan septic tank komunal bagi masyarakat di Kelurahan Tambora, Jakarta Barat.

Pejabat Sementara (Pjs.) Direktur Utama Bank Neo Commerce, Aditya Windarwo mengatakan, “Sebagai bank yang peduli terhadap isu lingkungan dan kesehatan masyarakat, BNC terlibat langsung untuk membantu pemerintah daerah dalam beberapa program prioritasnya, yaitu pada penanganan stunting pada balita dan juga penyediaan septic tank komunal di lingkungan padat penduduk.

CSR BNC. (Special)

 

BNC berterima kasih atas kerja sama yang terjalin dengan Kelurahan Tambora yang telah membuka kesempatan bagi BNC untuk dapat berkontribusi dengan melakukan kegiatan tanggung jawab sosial dan lingkungan kepada masyarakat di wilayah Kelurahan Tambora.”

Lurah Tambora Achmad Bayhaki mengatakan bahwa Tambora merupakan wilayah padat penduduk yang masyarakatnya semakin peduli terhadap pentingnya menjaga kesehatan dan lingkungan di wilayahnya. Pihak Kelurahan juga secara berkala membuat program yang memberikan manfaat kepada masyarakat, termasuk diantaranya dalam penanganan stunting pada balita dengan memberikan makanan bergizi seminggu sekali dan Kelurahan juga telah membuat pilot project membuat septic tank komunal yang manfaatnya sudah dapat dirasakan oleh masyarakat Tambora.

CSR BNC. (Special)

 

“Upaya kami ini akan semakin gencar dan luas lagi dengan adanya bantuan dari Bank Neo Commerce. Dengan adanya CSR dari BNC ini, puluhan balita yang masih dalam kategori stunting dan bergizi kurang akan mendapatkan makan siang sehat bergizi setiap hari, lima hari seminggu selama dua bulan. Ditambah lagi, BNC juga menyumbangkan septic tank komunal untuk meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap penanganan limbah untuk menciptakan lingkungan yang sehat,” ungkap Bayhaki.

CSR BNC. (Special)

 

Kegiatan CSR yang dilakukan BNC di wilayah Kelurahan Tambora, Jakarta Barat telah dimulai di awal November 2023. Prosesi seremoni kegiatan berlangsung di Kelurahan Tambora pada Selasa (28/11) dihadiri oleh Head of Corporate Secretary BNC Agnes F. Triliana dan Lurah Tambora Achmad Bayhaki di depan perwakilan masyarakat, orang tua, dan anak balita yang mendapatkan manfaat dari program CSR tersebut.

“Isu lingkungan dan kesehatan merupakan isu yang dekat dengan kehidupan masyarakat. Sebagai salah satu bank dengan layanan digital yang fokusnya adalah untuk menyediakan layanan keuangan yang inklusif dan menguntungkan bagi masyarakat, kami merasa perlu untuk berperan serta dalam pembangunan ekonomi berkelanjutan guna meningkatkan kualitas kehidupan dan lingkungan yang bermanfaat, baik bagi BNC maupun masyarakat pada umumnya,” tutup Aditya menjelaskan keterlibatan BNC dalam program CSR kali ini.