Bantu Nutrisi Rambut, Yuk Coba Hair Mask dari Bahan Alami Ini!

Selasa, 8 Februari 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Bantu Nutrisi Rambut, Yuk Coba Hair Mask Dari Bahan Alami Ini!

Ilustrasi perempuan memakai hair mask. (Special)

Ladiestory.id - Sama halnya dengan bagian tubuh lainnya, rambut juga butuh perawatan rutin. Ini bertujuan untuk membuat rambut sehat, kuat dan tampak berkilau. Perawatan rambut tak hanya dengan menggunakan sampo atau conditioner. Kamu juga butuh masker rambut atau hair mask untuk memberikan nutrisi pada rambut.

Apalagi jika rambutmu kerap terpapar sinar matahari yang berlebihan ataupun menggunakan alat penata rambut. Penggunaan hair mask bantu jaga rambut tetap sehat. Selain gunakan produk hair mask, Kamu juga bisa melakukan perawatan dengan bahan alami. Ladiestory.id telah merangkum masker rambut dari bahan alami yang bisa Kamu buat sendiri di rumah.

1. Telur

Ilustrasi telur. (Special)

Telur diyakini memiliki manfaat untuk rambut. Kandungan protein yang tinggi pada telur mampu menutrisi rambut. Sehingga rambut akan cepat tumbuh dan juga kuat. Selain itu, kandungan kalium yang ada pada telur mampu memperbaiki rambut yang rusak.

Cara membuat masker rambut dari telur pun cukup mudah. Pertama campurkan dan kocok kuning telur, 2 sendok minyak zaitun, dan 2 sendok teh air lemon. Setelah tercampur merata, oleskan masker pada rambut dan juga kulit kepala. Diamkan kurang lebih 15-20 menit, kemudian cucilah rambut dengan air dingin.

2. Minyak Zaitun

Ilustrasi minyak zaitun. (Special)

Minyak zaitun memiliki kandungan squalene yang bermanfaat membuat rambut dan kulit kepala terasa lebih lembap serta dapat membantu menutrisi rambut.

Masker zaitun dari minyak zaitun pun mudah. Pertama campurkan dua sendok makan minyak zaitun, air lemon dan sedikit air. Kemudian oleskan pada rambut dan tunggu hingga 20 menit. Setelah itu bilas rambut hingga bersih kemudian keringkan.

3. Minyak Kelapa

Ilustrasi minyak kelapa. (Special)

Kalau Kamu memiliki jenis rambut kering dan rusak, maka masker rambut dari minyak kelapa ini cocok buatmu. Minyak kelapa dapat melembapkan rambut dan membuat rambut sehat.

Cara membuat masker rambut dari minyak kelapa sangat mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan 1 sendok minyak kelapa dan 1 sendok minyak zaitun. Lalu aduk rata, kemudian oleskan secara merata pada setiap helaian rambut hingga meresap ke kulit kepala. Diamkan sebentar, lalu bilas rambut dengan air dan keringkan dengan handuk

4. Yogurt dan Madu

Ilustrasi yoghurt dan madu. (Special)

Kalau kamu mengalami masalah rambut kering dan rapuh, Kamu bisa mencoba hair mask yang terbuat dari yoghurt. Kamu juga bisa menambahkan madu dalam yoghurt agar Kamu bisa mendapatkan manfaat yang maksimal.

Hair mask satu ini akan membuat rambutmu kembali berkilau dan juga sehat. Selain itu, kandungan dari madu dapat menjaga kelembapan rambut, mengurangi kerontokan rambut serta mencegah rambut yang bercabang.

Kamu bisa membuat hair mask ini sendiri di rumah. Pertama campurkan 125 ml yogurt dan 2 sendok makan madu. Aduk secara merata, kemudian oleskan pada rambut dan juga kulit kepala. Lalu diamkan kurang lebih 15-20 menit. Bilas rambut hingga bersih lalu keringkan dengan menggunakan handuk.

5. Lidah Buaya

Ilustrasi lidah buaya. (Special)

Sejak dulu, lidah buaya memang dikenal memiliki manfaat yang baik bagi rambut. Lidah buaya memiliki kandungan di antaranya vitamin C, vitamin E, dan vitamin B12, asam folat, serta kolin. Kandungan tersebut mampu menenangkan kulit kepala, memperkuat serta menutrisi rambut.

Kalau Kamu memiliki tanaman lidah buaya di rumah, Kamu bisa mengambil gel di dalam batangnya. Kemudian oleskan secara merata pada rambut dan kulit kepala. Diamkan selama beberapa saat. Lalu bilas bersih rambut dan keringkan dengan menggunakan handuk.