Bantu Percepat Kelulusan, Lakukan 5 Cara Ini saat Susun Skripsi

Minggu, 14 Agustus 2022 | 00:01:00

Kevin Putranto

Penulis : Kevin Putranto

Bantu Percepat Kelulusan, Lakukan 5 Cara Ini Saat Susun Skripsi

Ilustrasi mahasiswa. (Special)

Ladiestory.id - Skripsi merupakan syarat wajib untuk lulus dari Perguruan Tinggi, baik itu negeri mau pun swasta. Skripsi dapat dikatakan pula sebagai tugas akhir bagi seorang mahasiswa, sebagai bukti bahwa mereka sudah cukup mumpuni dalam menguasai ilmu-ilmu yang dipelajari selama bangku kuliah.

Skripsi merupakan istilah yang digunakan di Indonesia untuk menggambarkan penelitian akademik, berupa uraian hasil penelitian dasar yang menggunakan kaidah-kaidah yang berlaku dalam membahas suatu masalah atau fenomena dalam bidang keilmuan tertentu.

Skripsi dimaksudkan agar mahasiswa mampu menulis suatu karya ilmiah sesuai dengan bidang ilmunya. Mahasiswa yang mampu menulis skripsi diasumsikan mampu menggabungkan pengetahuan dan keterampilannya untuk memahami,  menganalisis dan menjelaskan masalah yang berkaitan dengan bidang keilmuan yang dipilihnya.

Sayangnya, menyusun skripsi terkadang menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian mahasiswa. Beberapa di antara mereka sering merasa kesulitan untuk menulis dan menyusun skripsi, serta menentukan isi dari tugas akhir kuliah ini. Oleh karena itu, penting bagi mahasiswa semester akhir untuk mengetahui cara membuat skripsi yang baik dan benar. 

Berikut beberapa tips yang dapat kamu terapkan dalam menyusun skripsi agar semakin cepat lulus kuliah.

Tentukan Tema yang Tepat

Ilustrasi memikirkan tema skripsi. (Special)

Beberapa mahasiswa bingung memilih tema untuk skripsinya. Mengingat ini akan menjadi bagian paling penting dalam penyusunan skripsi mereka. Bagaimana mungkin kamu akan melakukan penelitian namun tidak paham terhadap apa yang ditulis. Tentu, hal ini merupakan unsur yang penting sebelum memulai penyusunan skripsi.

Usahakan dalam pemilihan tema harus sesuai dengan jurusan kuliah kamu. Tentukan tema mulai dari jauh hari sebelum proses skripsi tersebut dikerjakan. Carilah tema yang mudah untuk dikerjakan namun memiliki manfaat yang baik.

Buat Deadline

Ilustrasi membuat deadline skripsi. (Special)

Membuat deadline tidak sepenuhnya menjadi beban pikiranmu. Justru dengan menentukan jadwal dalam menyusun skripsi, akan bermanfaat bagimu agar bisa menyelesaikannya tepat waktu.

Itulah sebabnya, dalam penulisan skripsi sangat penting untuk mengatur jadwal deadline kamu secara pribadi. Deadline tersebut tentu berkaitan mengenai waktu pengerjaan skripsi dari awal hingga akhir.

Pilih Dosen Pembimbing yang Tepat

Ilustrasi bertemu dengan dosen pembimbing. (Special)

Memilih dosen pembimbing merupakan salah satu hal yang penting. Cara cepat untuk menyelesaikan skripsimu dapat dimulai dengan memilih dosen pembimbing yang tepat.

Pilihlah dosen pembimbing yang sesuai dengan tema yang sudah kamu pilih sebelumnya. Serta, jangan ragu bertanya pada dosen pembimbing agar skripsi cepat selesai tepat waktu dan hasilnya juga maksimal.

Kerjakan di Tempat yang Kondusif

Ilustrasi mengerjakan skripsi di perpustakaan. (Special)

Saat mulai mengerjakan skripsi, pilihlah lokasi yang kondusif dan tidak terlalu ramai. Tempat yang kondusif memungkinkan kamu untuk mengerjakan skripsi dengan lebih cepat.

Tempat yang demikian juga membuat konsentrasi bisa meningkat lebih tinggi. Sebagai contoh tempat yang  kondusif untuk mengerjakan skripsi, seperti perpustakaan.

Cari Referensi Sebanyak Mungkin

Ilustrasi referensi skripsi. (Special)

Dalam menyusun skripsi, kamu tentu membutuhkan banyak referensi untuk menyelesaikannya dengan tepat dan sesuai jadwal. Tentu saja ada banyak cara untuk mencari referensi, misalnya dengan mengunjungi perpustakan, mencari jurnal, buku penelitian sebelumnya atau melalui website di Google.

Cari referensi sebanyak mungkin untuk menunjang pengerjaan skripsi yang kamu hadapi saat ini. 

Itu tadi beberapa cara agar penulisan skripsi agar cepat selesai dan dapat lulus tepat waktu. Cara di atas tentunya juga perlu kamu sertai dengan niat atau komitmen yang tinggi dalam menyelesaikan skripsi ya, Ladies.