Banyak Tawaran Pekerjaan, 5 Tips Pilih Yang Terbaik

Senin, 23 Agustus 2021 | 00:01:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Banyak Tawaran Pekerjaan, 5 Tips Pilih Yang Terbaik

Foto: Ladiestory.id

Pekerjaan menjadi sesuatu hal yang seringkali menjadi sebuah pergumulan. Setiap orang memiliki orientasi dari pekerjaan mereka dimulai dari passion, minat, gaji, harapan dan kemampuan. Rasanya akan lebih menyenangkan jika dilakukan dengan cinta dan  menyenangkan.

Tips Memilih Pekerjaan yang Tepat

Dari situlah kita lebih mudah untuk menentukan pekerjaan apa yang harus kita pilih. Bahkan akan menjadi sesuatu yang penuh dengan tekanan ketika kita tidak mengerjakan dengan sepenuh hati.

Bahkan yang lebih parahnya lagi adalah muncul kesulitan yang mungkin akan sulit untuk diselesaikan.  Sedangkan untuk hal buruk lainnya adalah kemungkinan stres dan kesehatan terganggu.

Berikut beberapa tips dalam memilih karir yang tepat: 

1. Temukan kemampuan dan bakatmu

Foto: Ladiestory.id

 

Satu hal yang perlu diketahui jika setiap orang memiliki bakat dan kemampuan yang berbeda. Langkah pertama yang perlu dilakukan dalam memulai  mengenali bakat dan kemampuan yang ada pada dirimu.

Saatnya untuk menggali lebih banyak mengenai potensi yang kamu punya contohnya, menulis, menggambar atau melukis, menyanyi, olahraga, membuat kerajinan, merancang bangunan atau busana, dan sebagainya.

Ketika masih kurang yakin, cobalah untuk menanyakan pada orang-orang terdekatmu, seperti orang tua, kakak, adik, sahabat, guru atau dosen. Dari situ, kita akan lebih mudah mencari pekerjaan yang berhubungan atau sesuai bakat dan kemampuan.

2. Pahami kekurangan dan kelebihan diri sendiri

Foto: Ladiestory.id

 

Selain kemampuan, setiap orang dilahirkan dengan kepribadian yang berbeda. Ada yang mudah beradaptasi, ada yang tidak. Ada tipe orang yang terbuka, dan ada yang tertutup.

Mungkin terlihat biasa, namun ini adalah sesuatu yang penting dalam mengetahui karakteristik atau kepribadian. Ketika sudah tahu siapa kita,  maka ini akan mempermudah untuk memilih karier.   

Seseorang dengan kepribadian introvert, maka lebih memilih bekerja di belakang layar atau tidak berhadapan dengan orang lain.

Sedangkan untuk orang dengan karakter extrovert, maka akan lebih mudah berhubungan maupun berkomunikasi dengan banyak orang, seperti bagian lapangan sebagai contoh wartawan, pembawa berita, host, public relation, atau lainnya.

3. Melakukan  tes karier

Foto: Ladiestory.id

 

Tes karier merupakan cara mudah dalam mengenali bakat, kemampuan, dan keahlian. Dari situ kita akan diberikan pertanyaan dengan waktu tertentu.

Dari berbagai pilihan bidang yang ada, tentukan dengan jelas mana yang cocok dengan dirimu. Tes karier sebagai sarana yang mampu menjadi petunjuk untuk memilih karir yang tepat.

Selain itu, kamu tidak perlu bingung mencari penyedia jasa tes karier. Hal ini dikarenakan di internet terlihat sudah ada berbagai  website yang menawarkan tentang tes karir dari yang berbayar dan  gratis. Ketika mendapatkan yang berbayar, maka pilihlah yang sesuai dengan budget.

4. Terbuka terhadap masukan dan pendapat dari orang terdekat

Foto: Ladiestory.id

 

Terlihat biasa, tapi faktanya ini sulit untuk dilakukan yaitu mengenali diri sendiri. Maka dari itu, kita perlu  bantuan orang lain. Hal ini dapat dimulai dengan minta saran atau pendapat kepada orang-orang terdekatmu, seperti keluarga, sahabat,  dan pasangan.

Langkah yang perlu dilakukan adalah terbuka dan, ceritakan tentang apa yang sedang dilakukan sehingga pasti akan membantumu memberi saran terbaik untuk kemajuan karir apalagi ketika sudah memiliki lebih banyak pengalaman. 

 

5. Sejak kuliah, Mulai Ikut Praktek kerja lapangan

Foto: Ladiestory.id

 

Praktek kerja lapangan akan membantumu mengenal dunia kerja secara nyata, mengembangkan kemampuanmu, serta mengukur kemampuan dalam menyelesaikan suatu pekerjaan.

Sedangkan praktek kerja lapangan atau magang dapat membantu dalam memilih karir yang cocok untukmu. Bukan hanya itu, pengalaman bekerja bersama orang-orang yang lebih senior akan menjadikan pelajaran berharga, memperluas networking dapat bermanfaat untuk menunjang karir ke depan.

 

Berita Terkait