Ampuh! Ini 5 Tips Basmi Kutu dan Ketombe

Sabtu, 9 Juli 2022 | 15:15:00

Reza Fauchi Santya

Penulis : Reza Fauchi Santya

Ampuh! Ini 5 Tips Basmi Kutu Dan Ketombe

Atasi kutu dan ketombe dengan bahan alami (halodoc)

Ladiestory.id - Siapa yang tidak merasa risih dengan keadaan rambutnya yang sehat memiliki ketombe bahkan ada kutu yang bersarang di kepala. Pasti menjadi satu permasalahan yang sangat tidak nyaman. Apalagi, bagi para wanita yang sangat memperhatikan penampilan.

Jangan khawatir dulu, ternyata ada beberapa bahan alami yang bisa digunakan untuk atasa kutu dan ketombe yang bersarang di kepala. Dari pada harus pergi ke klinik kecantikan atau salon yang mahal, lebih baik gunakan bahan-bahan alami yang cukup ampuh dalam atasi kutu dan ketombe pada rambut.

Bahan alami untuk atasi kutu dan ketombe pada rambut ini pasti akan sangat bermanfaat bagi wanita yang merasa kurang percaya diri terhadap penampilannya karena memiliki permasalahan pada kepala. 

Menggunakan shampo khusus untuk menghilangkan kutu kadang malah menyebabkan adalah masalah baru yaitu, rambut akan menjadi kering dan tampak tidak sehat. Hal yang paling penting saat rambut kamu memiliki ketombe dan kutu adalah menghilangkan kutu terlebih dahulu. Setelah tidak ada lagi kutu, baru lah menghilangkan ketombe.

Nah, ini dia tips bahan-bahan alami atasi kutu dan ketombe yang bersarang pada kepala, dijamin akan ampuh jika diaplikasikan dengan cara yang tepat dan juga digunakan dengan pemakaian yang rutin.

Tea Tree Oil

Atasi kutu dan ketombe dengan bahan alami. (Ladiestory.id)

Tea tree oil ini adalah salah satu bahan alami yang memiliki sangat banyak manfaatnya, untuk kamu yang kutuan bisa menggunakan tea tree oil ini dengan mencampurkannya pada olive oil. Tea tree oil ini dapat mengiritasi kulit kepala yang sensitif.

Penggunaannya bisa dengan campurkan 2 ons olive oil dengan 15-20 tetes tea tree oil, dan 4 gram rubbing alkohol. Kemudian, aplikasikan pada kulit kepala dengan menggunakan cotton ball dengan merata. Jika sudah, sisanya bisa dituangkan ke dalam botol spray dan ratakan ke seluruh rambut.

Jangan lupa untu bungkus kepala dengan penutup kepala dan diamkan hingga 12 jam. Lalu, keramas lah dengan tetap menggunakan shampo dan conditioner.

Coconut Oil

Atasi kutu dan ketombe dengan bahan alami. (Special)

Bahan alami selanjutnya yang bisa digunakan untuk atasi kutu dan ketombe adalah coconut oil atau lebih dikenal dengan minyak kelapa. Tetapi, coconut oil yang ampuh untuk membunuh kutu adalah yang benar-benar murni ya!

Penggunaannya juga cukup mudah, hanya dengan aplikasikan coconut oil pada kepala dan tutup dengan shower cup lalu diamkan selama 4 jam. Setelah itu, bilas rambut dengan tetap menggunakan shampo dan conditioner. Coconut oil dapat merawat eczema yang bisa mengurangi adanya ketombe.

Salah satu penyebab adanya ketombe adalah kulit kepala yang kering. Dengan menggunakan coconut oil maka dapat melembabkan kulit kepala. Jadi, keramas menggunakan coconut oil dapat dengan cepat menghilangkan ketombe pada kepala.

Minyak Kayu Putih dan Jeruk Nipis 

Atasi kutu dan ketombe dengan bahan alami. (Special)

Cara yang satu ini juga mudah, kamu hanya perlu memeras 2 jeruk nipis dan tambahkan dengan 6 sendok minyak kayu putih.  Lalu,  oleskan pada seluruh bagian kepala dan bungkus dengan shower cup, kemudian diamkan kurang lebih selama 2 jam.

Minyak kayu putih ini dapat membantu menghilangkan kutu-kutu yang ada di kepala. Selain itu, minyak kayu putih ini juga bisa dijadikan sebagai treatment untuk kamu yang memiliki ketombe pada kulit kepala.

Lidah Buaya

Atasi kutu dan ketombe dengan bahan alami. (Special)

Tips dengan bahan alami selanjutnya untuk memberishkan rambut pada kepada adalah gunakan lidah buaya. Seperti yang diketahui bahwa lidah buaya memang memiliki banyak khasiatnya. Ternyata salah satunya bisa menghilangkan ketombe pada rambut.

Cara untuk mengaplikasikannya juga cukup mudah, hanya dengan menghaluskan beberapa potong daging lidah buaya lalu oleskan dengan merata pada permukaan kulit kepala dan pijit-pijit dengan lembut agar lidah buaya meresap. Kemudian, diamkan 30 menit dan bilas hingga bersih.

Gunakan Sisir Serit

Ilustrasi Sisir Serit. (Special)

Siapa yang tidak mengenal benda satu ini, sisir serit yang ampuh dalam membasmi kutu pada rambut. Kamu bisa memilih untuk menggunakan sisir serit yang hanya berjarak sekitar 0,2mm antar giginya. Dengan demikian, semakin sempit jaraknya maka akan lebih efektif penggunaannya.

Nah, itu dia bahan alami yang bisa digunakan untuk atasi kutu dan ketombe pada kepala. Namun, penggunaan bahan alami ini tidak bisa digunakan setiap hari loh! Melainkan hanya digunakan dengan cara yang rutin saja.