Baru Kenal Makeup? Kamu Wajib Tahu Beda Cushion dan Foundation

Selasa, 28 Desember 2021 | 00:01:00

Baru Kenal Makeup? Kamu Wajib Tahu Beda Cushion Dan Foundation

Lee Sung Kyung. (Special)

Ladiestory.id – Bagi sebagain perempuan yang hidupnya sudah terbiasa dengan dandan dan dunia kosmetik, mungkin sudah tahu beda cushion dan foundation. Namun bagi yang awam, dan baru kenal cuma sama bedak bayi pastinya berpikir keras bedanya di mana.

Beda Cushion dan Foundation 

Sebenarnya beda cushion dan foundation terletak pada kebutuhan makeup di situasi dan kondisi tertentu. Biar lebih jelas, Ladiestory.id merangkum perbedaan cushion dan foundation serta kelebihan dan kekurangannya.

1. Cushion untuk makeup yang sepaket dan simpel

Lee Sung Kyung. (Special)

Cushion compact foundation atau cushion adalah perpaduan dari bedak dan foundation cair. Umumnya, tekstur cushion cair cenderung kental dan diaplikasikannya dengan sponge. Packaging-nya dikemas simpel dan cocok untuk perempuan yang nggak suka ribet. 

Cushion pertama kali diperkenalkan di Korea Selatan, hingga akhirnya menyebar tren ini sampai ke berbagai negara, termasuk Indonesia. 

Kepopuleran cushion membuatnya ditiru oleh banyak perusahaan kosmetik internasional lainnya. Sampai saat ini, juga sudah ada berbagai macam cushion dengan merek lokal dengan harga yang cukup terjangkau. 

2. Foundation untuk coverage yang sempurna dan tahan lama 

Ilustrasi perempuan mengguanakan foundation. (Ladiestory.id)

Foundation juga sering dikenal dengan sebutan alas bedak. Foundation punya banyak warna yang bisa disesuaikan seperti warna kulit, sehingga mudah untuk diaplikasikan ke wajah.

Foundation biasanya bentuknya liquid dengan tingkat yang berbeda-beda, bahkan ada yang cream juga. Coverage-nya mulai dari sheer sampai full. Foundation saat ini sangat tersebar dan biasanya digunakan untuk makeup yang formal ke pesta atau kondangan.

Untuk memakainya, Kamu bisa pakai spons, kuas, maupun airbrush. Kamu pun bisa mengaplikasikannya dengan menggunakan jari tangan. Asalkan jari tanganmu dalam keadaan bersih.

Kekurangan dan Kelebihan Cushion 

Tingkat coverage cushion tidak setinggi foundation. Maka dari  itu, produk ini tidak begitu menutup pori-pori atau noda-noda pada wajah secara sempurna. Teksturnya yang lebih ringan di wajah, membuat ketahanannya kurang lama dibanding foundation. Selain itu, pemilihan warnanya juga tidak sebanyak foundation. Hal ini yang menjadi kekurangannya dari cushion.

Kelebihan dari cushion adalah simpel dan sepaket, sehingga bisa dipakai untuk para pemula. Cushion pun lebih cocok buat daily makeup. Tapi tetap bisa kalau mau dipakai untuk acara formal.

Kekurangan dan Kelebihan Foundation

Foundation mampu menutupi pori-pori secara sempurna, seperti flek dan bekas jerawat. Namun, kelebihan ini terkadang membuat foundation terasa berat, seperti pakai topeng, apalagi jika Kamu masih pemula dan baru mengenal dunia makeup.

Kelebihan lainnya ada pada pilihan warna foundation banyak banget dibanding cushion. Dari segi ketahanan pun, tak perlu diragukan lagi, dengan syarat kamu memilih foundation yang cocok dengan kulit wajah Kamu, ya. 

Step paling penting sebelum menggunakan cushion maupun foundation, alangkah baiknya menggunakan primer dan moisturizer terlebih dahulu. Jika mau tidur, segera bersihkan bekas makeup dengan produk pembersih wajah, seperti micellar water dan facial wash, ya.