Begini Cerita Rachel Amanda Dapat Beasiswa Kuliah S2 di Luar Negeri

Kamis, 15 Desember 2022 | 00:01:00

Nindi Amara putri

Penulis : Nindi Amara putri

Begini Cerita Rachel Amanda Dapat Beasiswa Kuliah S2 Di Luar Negeri

Rachel Amanda. (Instagram/@auroramanda95)

Ladiestory.id - Baru-baru ini, pemeran "Mencuri Raden Saleh", Rachel Amanda membagikan kabar terbaru tentang dirinya yang akan melanjutkan pendidikan S2 di University of Amsterdam. 

"Akhirnya tahun depan lanjut S2," tulisnya, dalam unggahan terbaru di akun Instagram pribadinya. 

Dalam posting-annya, ia menambahkan bahwa dirinya diterima di universitas itu lewat jalur Beasiswa Pendidikan Indonesia untuk Pelaku Budaya. Ia juga menceritakan bagaimana reaksi bahagianya saat pertama kali menerima pengumuman beasiswa tersebut. 

Rachel Amanda. (Instagram.com/auroramanda95)

"Alhamdulillah di tgl 8 Agustus 2022, pengumumannya keluar dan pas tau keterima, gue langsung hepi haru gemeteran (padahal lagi shooting @lintasmakna juga sama @dananggoldluck)," ungkapnya. 

Setelah lulus dengan gelar S1 dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, aktris yang masih aktif main film dan series ini rupanya memang punya ambisi untuk bisa lanjut kuliah di luar negeri. Untuk meraih mimpinya itu, tentu saja semua itu tidak didapatkan Rachel dengan mudah. Di baliknya, ada perjuangan keras yang mesti ia lalui untuk mendapatkan hasil yang memuaskan. 

Rachel Amanda. (Instagram.com/auroramanda95)

Ia bercerita, proses untuk apply beasiswa itu dimulai dari akhir tahun lalu. Rachel mengaku, dalam prosesnya ia merasa cukup struggling karena dirinya harus mengerjakan segalanya (mulai dari les IELTS, tes, bikin essay, apply kampus, apply beasiswa dll) sambil bekerja. 

"Foto ini diambil tanggal 28 Juli 2022, semalam sebelum wawancara Beasiswa Pendidikan Indonesia @awardee_bpi jalur Pelaku Budaya. Inget banget hari itu baru selesai foto poster untuk serial Drama Ratu Drama, langsung kabur abis selesai pemotretan supaya bisa langsung belajar buat wawancara," ujarnya. 

Selepas membintangi serial "Drama Ratu Drama", dan menggelar pernikahan dengan kekasihnya, Narawastu Indrapradna, pada Sabtu (12/11/2022) lalu, Rachel kini memang sedang dalam masa sibuknya berkarier di dunia entertaiment. 

"Jadi mayan jungkir balik. Sampai sekarang pun masih proses mengurus keberangkatan karena mengingat gue berangkatnya juga ngga sendirian sekarang ehe," jelasnya. 

Februari tahun depan, akan menjadi lembaran baru bagi Rachel Amanda yang melanjutkan pendidikan S2nya sebagai mahasiswa Entertainment Communication di University of Amsterdam selama setahun. Rachel mengatakan, untuk cerita lengkap tentang proses dirinya sukses melanjutkan S2 di luar negeri lewat jalur beasiswa akan diceritakan melalui di video. 

Terakhir, tak lupa Rachel juga mengucapkan rasa terima kasihnya kepada para pihak yang telah membantu serta meminta doa supaya ilmu yang didapat bisa bermanfaat bagi semua. 

"Doakan ilmu yang didapat akan bermanfaat seluas-luasnya," tutupnya dengan akhiran tanda hati.

"Tuntutlah ilmu sampai ke negeri Cina" adalah peribahasa yang seringkali kita dengar dari para motivator sebagai seruan semangat untuk jangan pernah menyerah menuntut ilmu pendidikan, sejauh apapun itu. 

Membekali diri dengan pendidikan memang tidak ada ruginya, justru sangat bermanfaat bagi masa depan. Kualitas dirimu sebagai manusia juga akan dipandang setingkat lebih tinggi jika dibekali dengan pendidikan. 

Sebab itu, sudah tidak heran jika saat ini banyak sekali bermunculan orang-orang (tak terkecuali para publik figur) yang berhasil meraih mimpinya menempuh pendidikan tinggi mereka di dalam atau luar negeri. Di Indonesia, kisah yang mirip dengan Rachel Amanda ini sebelumnya juga pernah ditemui pada sejumlah publik figur. 

Maudy Ayunda. (Special)

Sederet nama seperti Maudy Ayunda, Cinta Laura, Najwa Shihab, Mikha Tambayong, Tasya Kamila, Gita Gutawa, Vidi Aldiano, Raditya Dika, Isyana Sarasvati, dan Alyssa Soebandono adalah contoh publik figur yang sukses meraih pendidikan tingginya di luar negeri.