Benarkah Konsumsi Air Mineral Bantu Lembapkan Kulit? Ini Faktanya!

Selasa, 16 Januari 2024 | 11:50:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Benarkah Konsumsi Air Mineral Bantu Lembapkan Kulit? Ini Faktanya!

Ilustrasi Minum Air Mineral. (Pexels.com/Andrea Piacquadio)

Ladiestory.id - Banyak yang menyarankan untuk mengonsumsi air mineral dalam jumlah yang cukup untuk menjaga keadaan kulit yang lembap, bercahaya, dan awet muda. Tidak hanya para beauty influencer, pakar kesehatan pun memberikan saran yang sama.

Bukan tanpa alasan, dilansir dari Vogue Online, menurut Kimberly Snyder yang merupakan ahli gizi menjelaskan, dengan mengonsumsi air mineral yang cukup akan membuat persendian terlumasi, kulit terhidrasi, dan folikel rambut tumbuh lebih sehat.

Tapi apakah minum lebih banyak air mineral bisa mengubah kulit dari kusam menjadi cerah dengan sendirinya? Jika ya, berapa banyak air yang benar-benar perlu diminum untuk membuat kulit menjadi lebih bercahaya?

Hidrasi untuk Kesehatan

Ilustrasi Minum Air Mineral. (Pexels.com/Gustavo Fring)

Air tidak hanya mengisi sebagian besar volume tubuh, tetapi juga berfungsi sebagai sarana mengantarkan nutrisi penting ke sel-sel dan membuang racun serta limbah berbahaya. Air juga membantu tubuh menjaga suhu normal, melumasi sendi, dan melindungi jaringan sensitif dan organ penting.

“Terhidrasi dengan baik mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan dan kemampuan untuk berfungsi,” jelas Dr. Deanne Mraz, yang merupakan Asisten Profesor Klinis Dermatologi di Rumah Sakit Yale New Haven, Connecticut. 

Tentu saja kesehatan tubuh secara keseluruhan juga mencakup kesehatan organ terbesar, yaitu kulit. Ketika tubuh berada dalam keseimbangan dan kesehatan yang optimal, kulit akan mencerminkan hal tersebut karena kulit adalah cerminan dari apa yang terjadi di dalam tubuh.

Mitos Kulit Lembap

Ilustrasi Minum Air Mineral. (Pexels.com/Anna Shvets)

Sayangnya, mengonsumsi lebih banyak air mineral tidak secara otomatis berarti memiliki kulit yang sehat.

“Dampak utama hidrasi pada penampilan kulit adalah peningkatan aliran darah ke kulit, memberikan nutrisi dan oksigen serta detoksifikasi tubuh. Ini tidak akan 'mengirimkan' hidrasi ke permukaan kulit Anda untuk mendapatkan kulit yang lembab,” jelas Mraz.

Untuk itu, yang terbaik adalah mengambil pendekatan multifaset demi mendapatkan kulit yang terhidrasi dengan baik. Selain mengonsumsi air, kamu juga harus fokus pada dasar-dasar kesehatan seperti nutrisi yang baik, kebersihan tidur, serta menggunakan produk perawatan kulit yang meningkatkan kelembapan.

Mengonsumsi makanan yang seimbang dan mengikuti gaya hidup sehat secara bersamaan dengan diiringi rutinitas perawatan kulit, membantu melembapkan dan melindungi dari kerusakan akibat sinar UV. Namun belum ada cukup bukti yang menunjukkan bahwa air mineral harus digunakan sebagai satu-satunya cara untuk meningkatkan kesehatan kulit.

Tingkatkan Kelembapan

Ilustrasi Pakai Produk Pelembap. (Pexels.com/Sora Shizamaki)

Untuk meningkatkan kelembapan kulit, kamu bisa menggunakan produk perawatan kulit yang mengandung bahan-bahan yang mendukung. Seperti asam hialuronat, asam laktat, asam urea, ceramide, gliserin, dan peptida yang dikenal dapat melembapkan dan melindungi kulit.

Kamu juga bisa menggunakan produk yang mengandung emolien, seperti shea butter, lanolin, dan squalane, yang dapat melembutkan kulit. Kunci lainnya tentang kelembapan kulit adalah dengan eksfoliasi, mengangkat sel kulit mati akan memaksimalkan penyerapan, produk perawatan kulit.