Benarkan Orang yang Menikah Akan Jadi Lebih Bahagia? Ini Penjelasan Ahli

Jumat, 12 April 2024 | 00:00:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Benarkan Orang Yang Menikah Akan Jadi Lebih Bahagia? Ini Penjelasan Ahli

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Hampir semua pasangan merasa lebih bahagia setelah mereka menikah, orang dewasa yang sudah menikah dilaporkan jauh lebih bahagia apabila dibandingkan dengan mereka yang belum menikah.

“Bagaimanapun Anda menganalisis data tersebut, kami melihat keuntungan yang cukup besar dan penting dari menikah dalam hal bagaimana orang mengevaluasi kehidupan mereka,” kata penulis jajak pendapat, Jonathan Rothwell, kepala ekonom di Gallup, dilansir dari CNN, Rabu (28/2/2024).

Dalam laporannya disebutkan bahwa dari tahun 2009 hingga 2023, lebih dari 2,5 juta orang dewasa di Amerika Serikat ditanya bagaimana mereka menilai kehidupan mereka saat ini, dengan angka nol sebagai peringkat terburuk dan 10 sebagai peringkat tertinggi. Kemudian para peneliti bertanya kepada responden berapa perkiraan tingkat kebahagiaan mereka dalam lima tahun ke depan.

Agar dianggap berkembang, seseorang harus mengurutkan kehidupannya saat ini pada peringkat tujuh atau lebih tinggi dan antisipasi masa depan mereka pada peringkat delapan atau lebih tinggi, menurut survei tersebut.

Ilustrasi Pasangan. (Freepik.com)

 

Selama periode survei, orang yang menikah secara konsisten melaporkan tingkat kebahagiaan mereka lebih tinggi dibandingkan orang yang belum menikah, berkisar antara 12% hingga 24% lebih tinggi tergantung tahunnya.

Pendidikan merupakan prediktor yang kuat terhadap kebahagiaan, namun data menunjukkan bahwa orang dewasa yang menikah dan tidak bersekolah di sekolah menengah atas menilai kehidupan mereka lebih baik dibandingkan orang dewasa yang belum menikah dan memiliki gelar sarjana.

“Hal-hal seperti ras, usia, gender, dan pendidikan penting. Namun pernikahan tampaknya lebih penting daripada hal-hal tersebut jika menyangkut ukuran menjalani hidup terbaik Anda,” kata Bradford Wilcox, profesor sosiologi dan direktur Proyek Pernikahan Nasional di Universitas Virginia. Wilcox meninjau dan mengedit penelitian Gallup Poll.

“Kami adalah makhluk sosial. Dan seperti yang dikatakan Aristoteles, kita terprogram untuk terhubung,” tutupnya.