Berhenti Terlalu Sering Minta Maaf! Yuk Terapkan Hal Ini

Kamis, 25 Januari 2024 | 17:52:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Berhenti Terlalu Sering Minta Maaf! Yuk Terapkan Hal Ini

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Menyesali segala hal secara berlebihan tentunya bukanlah sifat yang sehat. Hal itu berarti seseorang merasa kurang yakin dan tidak percaya diri pada dirinya. Seseorang setidaknya pernah mengalami hal tersebut dan menjadi berlebihan secara emosional bahkan dengan masalah yang sepele.

Terkadang seseorang justru meminta maaf secara berlebihan jika ada seseorang yang mengatakan sesuatu yang menyakitkan. Padahal harus diketahui bahwa kebiasaan meminta maaf terlalu sering bisa disebabkan oleh berbagai hal seperti rendahnya harga diri, terlalu rentan dan mudah tersinggung.

Permintaan maaf yang berlebihan dapat menghilangkan rasa tanggung jawab dan akuntabilitas seseorang dalam suatu situasi. Hal ini dapat memengaruhi suasana hati dan kualitas hidup seseorang.

Berikut 5 cara untuk berhenti jadi orang yang terlalu sering meminta maaf.

Terapkan Pandangan Pragmatis

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Bertindak berdasarkan dorongan hati secara emosional bukanlah hal yang bijaksana untuk dilakukan. Ketika merasa diliputi oleh emosi negatif, seseorang cenderung memilih tindakan berdasarkan pemikiran yang dapat dilihat dari sudut pandang yang sangat kecil. 

Cobalah untuk membuat pikiran cerdas bekerja, perkecil untuk melihat gambaran yang lebih besar dari situasi yang dialami, dan bertindak sesuai dengan itu. Dengan kata lain, kembangkan pandangan praktis terhadap suatu situasi. 

Tingkatkan Rasa Percaya Diri

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Biasanya seseorang sering merasa kurang percaya diri, dan karena itu individu cenderung membenarkan segala sesuatu yang salah dalam hidup dengan mencari kekurangan dalam diri. Berusahalah untuk menjadi orang yang yakin dalam hidup, dan menjadi lebih siap untuk menangani tantangan emosional dengan mudah.

Lakukan yang Terbaik

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Daripada terus-menerus memikirkan hasilnya, seseorang harus mulai berfokus pada upaya yang dilakukan dalam situasi tertentu, dan melepaskan diri dari hasilnya. Tentukan hal terbaik yang dapat dilakukan untuk memperbaiki situasi saat ini, dan berhentilah terpaku hanya pada hasil.

Identifikasi Pemicunya

Ilustrasi Wanita. (Freepik.com)

 

Beberapa kata yang diucapkan oleh orang lain memicu rasa tidak aman pada diri seseorang, dan permintaan maaf. Berusahalah untuk memperkuat diri sendiri, dan hilangkan pemicu tersebut untuk menghentikan kebiasaan meminta maaf secara berlebihan.