Beri Dukungan Untuk Israel, Justin Bieber Langsung Menuai Kritikan

Jumat, 13 Oktober 2023 | 10:08:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Beri Dukungan Untuk Israel, Justin Bieber Langsung Menuai Kritikan

Justin Bieber. (Instagram/justinbieber)

Ladiestory.id - Beberapa waktu belakangan ini banyak selebriti luar negeri yang menunjukkan dukungannya kepada Israel yang masih berkonflik dengan Palestina. Salah satunya adalah penyanyi ternama, Justin Bieber.

Namun, usai menunjukkan dukungannya untuk Israel, Justin Bieber menuai kritikan dari segala penjuru dunia.

Dukungan yang dia tuangkan dalam unggahan story di akun Instagram resmi miliknya dianggap mengaburkan fakta dan mengeksploitasi derita Palestina.

Tuduhan ini diungkapkan oleh pemilik akun media sosial 'X' @SaeedDiCaprio Rabu (12/10/2023). Dalam unggahan tersebut, Justin Bieber dianggap dengan sengaja atau lalai memanfaatkan foto sebuah kota yang hancur lebur saat memberikan dukungan kepada Israel. Namun, pada kenyataannya, foto tersebut adalah gambar Kota Gaza yang baru-baru ini menjadi target serangan oleh Israel.

Unggahan tentang Justin Bieber. (X/SaeedDiCaprio)

Akun @SaeedDiCaprio mengecam tindakan Bieber dengan kalimat tegas, "Justin Bieber berdoa buat Israel tetapi menggunakan foto kota Gaza yang hancur itu benar-benar gila."

Menurut pemilik akun tersebut, tindakan yang dilakukan oleh Justin Bieber, sengaja atau tidak, sangat berbahaya. Penggunaan foto tersebut dapat menyebabkan banyak pengikut Bieber dan orang lain memiliki persepsi negatif terhadap Palestina. Sebagai selebritas dunia, Bieber seharusnya lebih bijak dalam menyampaikan dukungannya, agar tidak memperdalam polarisasi antara pendukung Israel dan Palestina.

Unggahan tentang Justin Bieber. (X/SaeedDiCaprio)

"Dia harusnya bisa menyertakan doa yang sama untuk Palestina. Namun, itu tidak dilakukan," ujar pemilik akun @SaeedDiCaprio.

Sementara masih dalam unggahan cerita yang sama, Justin Bieber memang berupaya untuk tidak benar-benar terlihat berat sebelah. Dia hanya menyatakan bahwa konflik yang terjadi belakangan ini di Israel dan Palestina justru sangat merugikan orang-orang yang berada di sana.

"Menjelek-jelekkan masyarakat Palestina dan Israel juga sangat salah. Saya tidak tertarik untuk berpihak ke salah satu pihak, saya hanya berpihak pada keluarga-keluarga yang telah kehilangan orang yang mereka sayangi," tulis Justin Bieber.

Justin Bieber. (Instagram/justinbieber)

Setelah sadar postingannya keliru, Justin Bieber langsung buru-buru menghapusnya. Justin Bieber menghapus unggahannya, dan kembali memposting 'Praying For Israel' dengan emoji hati yang terbelah.