Bestie, Siapkan Ini Sebelum Jawab "Kapan Nikah?"

Rabu, 10 Agustus 2022 | 10:45:00

Diana Rahmawati

Penulis : Diana Rahmawati

Bestie, Siapkan Ini Sebelum Jawab "Kapan Nikah?"

Persiapan Nikah. (Special)

Ladiestory.id - Pertanyaan "kapan nikah?" sering kali dilontarkan kepada orang-orang yang sedang berada di fase usia antara 22 hingga 35 tahun. Umumnya, mereka mendapatkan pertanyaan tersebut ketika menghadiri acara-acara keluarga seperti Lebaran, Natal, Tahun Baru, bahkan saat hari kelulusan tiba.

Nah, sebelum kamu menjawab kapan waktu yang tepat untuk menikah, sebaiknya persiapkan beberapa hal penting yang dibutuhkan ketika kamu menikah nanti.

Persiapan Mental

Ilustrasi Pasangan. (Special)

Mental merupakan hal paling utama yang perlu dipersiapkan saat akan menikah. Pernikahan yang dilakukan antara mempelai laki-laki dan perempuan harus diawali dengan kesiapan mental. Hal ini disebabkan karena pernikahan tidaklah sesederhana itu. 

Persiapan mental ini pun berkaitan dengan persiapan kamu dalam membangun rumah tangga saat sudah menikah. Mental yang sudah siap pasti akan membuat kehidupan rumah tangga menjadi harmonis.

Restu dari Keluarga

Ilustrasi keluarga. (Special)

 

Tidak hanya menyatukan kedua insan, namun pernikahan juga perlu menyatukan dua keluarga antara mempelai laki-laki dan perempuan. Hal ini karena persatuan kedua keluarga ini harus didasari oleh restu yang diberikan.

Budaya menyatukan kedua keluarga ini sendiri adalah ciri khas dari pernikahan di Indonesia. Walaupun yang menikah hanyalah kedua mempelai, tapi keakraban kedua belah pihak keluarga juga merupakan pondasi yang penting dalam berumah tangga.

Persiapan Finansial

Ilustrasi Finansial. (Special)

 

Tidak hanya mental dan restu saja, kamu juga harus menyiapkan kebutuhan finansial. Biaya-biaya yang akan dikeluarkan selama pernikahan menjadi hal yang tidak bisa dilewatkan.

Persiapan finansial juga sangat penting dalam kehidupan berumah tangga setelah kamu menikah. Pastikan kondisi finansialmu stabil, dan dapat memperhitungkan dengan matang bagaimana pemasukan dan pengeluaran dalam berumah tangga.

Baju Pengantin

Ilustrasi Baju Adat Jawa. (Special)

Baju pengantin menjadi faktor utama yang tidak kalah penting dari persiapan-persiapan yang sudah disebutkan di atas. Usahakan jangan salah memilih baju pengantin pada acara sakralmu nanti, ya! Sesuaikan pula dengan konsep dan adat istiadat yang kamu gunakan dalam pernikahan. Entah itu tradisional maupun modern, diharapkan baju pengantin yang akan dikenakan sesuai dengan tema pernikahanmu.

Mahar atau Mas Kawin

Koleksi Wedding Ring dari Frank & co. (Special)

 

Aspek terpenting dalam persiapan pernikahan, yaitu adanya budget nikah yang akan dikeluarkan untuk membeli “mahar” atau mas kawin (wedding ring). Pengertian “mahar” ialah harta benda yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki kepada sang mempelai wanita. 

Umumnya, pihak laki-laki akan memberikan “mahar” berupa perhiasan model terbaru atau perhiasan berlian istimewa untuk sang mempelai perempuan.

Ilustrasi Wedding Ring dari Frank & co. (Special)

 

Diamond engagement ring sendiri bisa kamu dapatkan dengan mengintip koleksi perhiasan dari brand di bawah naungan PT Central Mega Kencana (CMK). Diketahui, CMK memiliki beberapa brand perhiasan sebagai rekomendasi cincin nikah, yaitu MONDIAL, Frank & co., dan The Palace.

Engagement Ring “Celina” dari MONDIAL. (Special)

Pada MONDIAL, kamu dapat memilih engagement ring Celina dengan potongan round berlian dan kualitas F-VVS. Sementara pada wedding ring, kamu dapat memilih Moira, dengan potongan round berlian dan kualitas F-VVS.

Wedding Ring “Moira” dari MONDIAL. (Special)

Tak hanya itu, Frank & co. juga memberikan ragam perhiasan berlian istimewa yang dapat kamu jadikan cincin tunangan dan pernikahan. Untuk koleksi diamond engagement ring, kamu dapat memilih Alegria dengan kualitas perhiasan F-VVS. 

Engagement Ring “Alegria” dari Frank & co. (Special)

Sementara untuk wedding ring, Frank & co. merekomendasi tiga jenis perhiasan, yakni: You Complete Me, Aureola, dan Wedding Ring Promo. Dengan satu butir berlian yang memiliki potongan round dan kualitas F-VVS, cincin “You Complete Me” ini membuat pernikahanmu akan semakin bermakna.

Wedding Ring “You Complete Me” dari Frank & co. (Special)

Tak ketinggalan, brand The Palace Jeweler juga melengkapi pilihanmu untuk cincin tunangan dan cincin nikah yang berkualitas. Kamu dapat memilih engagement ring dari The Palace yang cantik dengan kualitas berlian F-VVS.

Wedding Ring “Kekaseh” dari The Palace. (Special)

Sedangkan untuk cincin nikah, The Palace telah menyediakan pilihan khusus, yakni wedding ring Kekaseh. Dengan mengusung desain budaya Indonesia serta memiliki kualitas berlian F-VVS, perhiasan berlian istimewa ini cocok untuk jadi simbol cintamu.

Selain itu, CMK juga telah memulai campaign “Kapan Nikah?” untuk membantu mengatasi kegelisahan orang-orang dalam mempersiapkan pernikahan mereka.  

Kampanye ini meliputi edukasi tentang persiapan pernikahan, berupa visualisasi interaksi antara calon pasangan suami-istri, sampai ke pihak-pihak di luar mereka, yang juga sangat mempengaruhi pengambilan keputusan pernikahan. 

Edukasi ini ditujukan; baik bagi pasangan yang akan menikah, yang sedang mempertimbangkan opsi untuk menikah, maupun masyarakat luas, yaitu untuk pihak yang ditanya "kapan nikah?" dan yang menanyakannya.

Tak hanya itu, CMK juga meluncurkan web seriesNo Ordinary Love” yang terdiri dari 3 episode, di mana episode 1 tayang pada 28 Juli 2022, episode 2 pada 4 Agustus, dan 3 pada 11 Agustus di website Kapan Nikah.

Web series yang terdiri dari tiga episode ini bercerita tentang cinta dan pengorbanan, mulai dari tenaga, waktu, serta pengorbanan seseorang untuk dapat berkompromi serta mewujudkan visi jangka panjang bersama dengan pasangan. Kisah yang disajikan dalam web series ini juga banyak berbicara tentang keberanian dalam cinta. Berani mengambil keputusan untuk mengikuti kata hati dan memilih dengan siapa ia harus menghabiskan sisa hidupnya.

No Ordinary Love Eps 1. (Special)

Kamu bisa mengunjungi website resmi koleksi MONDIAL di sini, koleksi terbaru Frank & co. di sini, dan The Palace Jeweler di sini. Selain itu, kamu juga dapat mengunjungi Instagram resminya di MONDIAL, Frank & co. dan The Palace. [brandtorial]