Bikin Hidup Jadi Lebih Bahagia, Ketahui 5 Tips Sembuhkan Sakit Hati

Selasa, 9 Januari 2024 | 16:10:00

Bulan Maghfira

Penulis : Bulan Maghfira

Bikin Hidup Jadi Lebih Bahagia, Ketahui 5 Tips Sembuhkan Sakit Hati

Ilustrasi. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Sakit hati merupakan sifat emosional yang disebabkan karena penderitaan mendalam setelah peristiwa yang menyakitkan. Hampir tiap orang mungkin pernah merasakan sakit hati. Baik itu karena perpisahan, kebohongan, bahkan perselingkuhan.

Ketika sedang merasa sakit hati, seseorang terkadang langsung mempertanyakan harga diri dan merendahkan dirinya. Seseorang akan dengan mudah merasa tidak layak dengan hidup yang dijalaninya.

Maka itu, sangat perlu bagi seseorang untuk belajar mencintai dirinya sendiri usai mengalami rasa sakit hati yang mendalam. Harus dipahami bahwa dengan waktu yang cukup, seseorang akan bisa mengatasi rasa sakitnya dan menerima dirinya apa adanya.

Melansir Bonobology, berikut 5 tips cara menyembukan diri dari sakit hati.

Pulih Bersama Waktu

Ilustrasi. (Freepik.com)

 

Rasa sakit hati tidak akan hilang begitu saja dalam satu hari atau bahkan satu minggu. Berilah diri sendiri waktu yang cukup untuk merasakan kesedihan dan segala kekecewaan yang dirasakan.

Membiarkan diri sendiri untuk menikmati segala luka adalah cara yang sehat untuk memproses emosi dan mengatasinya.

Fokus Pada Diri Sendiri

Ilustrasi. (Freepik.com)

 

Salah satu cara untuk menghilangkan rasa sakit adalah dengan fokus pada diri sendiri, bukan pada rasa sakitnya. Cobalah untuk bergerak dari zona nyaman dengan melakukan banyak hal yang belum pernah dilakukan sebelumnya.

Lakukanlah hal-hal disukai yang akan memberikan kegembiraan dan rasa positif untuk diri sendiri.

Ceritakan Pada Orang Terdekat

Ilustrasi. (Freepik.com)

 

Ketika merasa sakit hati, jangan pendam perasaan itu sendirian. Ceritakanlah keluh kesahmu kepada keluarga atau orang terdekat yang kamu percaya. Orang terdekat mungkin akan memberikan dukungan dan masukan yang akan berpengaruh untuk proses kesembuhan dari rasa sakit hati.

Introspeksi Diri

Ilustrasi. (Freepik.com)

 

Suatu hal terjadi bukan semata-mata karena kesalahan orang lain, bisa saja hal itu terjadi karena kesalahan dari diri sendiri. Penting bagi seseorang untuk introspeksi diri sendiri dan belajar dari patah hati yang pernah dirasakan di masa lalu agar tidak mengulang kesalahan yang sama.

Pelajari Seni Memaafkan

Ilustrasi. (Freepik.com)

 

Tak kalah penting dari yang lainnya, ingatlah bahwa memaafkan bukan dilakukan kepada orang yang telah menyakitimu, tapi maafkanlah dirimu sendiri. Seseorang tidak akan bisa melanjutkan hidup dan membangun kehidupan yang bahagia sebelum berdamai dan memaafkan dirinya sendiri.

Rasa benci, marah, dan sakit hati akan membuat hidup seseorang menjadi tetap terikat dengan masa lalu yang menyakitkan. Sebaliknya, jika seseorang telah mampu berdamai dengan diri sendiri dan segala kecewa di masa lalu, maka itu akan membuatnya menjadi lebih bebas dan tenang untuk melanjutkan hidup dengan bahagia.