Blue Dragon Series Awards Baru Usai, Ini Fakta Menarik Drama Terbaik "D.P."

Rabu, 20 Juli 2022 | 20:30:00

Lis Tyawati

Penulis : Lis Tyawati

Blue Dragon Series Awards Baru Usai, Ini Fakta Menarik Drama Terbaik "D.p."

Drama Korea D.P. (Special)

Ladiestory.id - Ajang penghargaan Blue Dragon Series Awards untuk pertama kalinya digelar dengan sukses pada 19 Juli 2022 di Incheon’s Paradise City, Korea Selatan.

Ajang yang diprakarsai oleh Sports Chosun ini digelar atas pertimbangan pesatnya pertumbuhan produksi konten hiburan orisinal oleh platform-platform digital, antara lain Netflix, Coupang Play, Kakao TV, Wave dan Apple TV+.

Drama Korea "D.P." atau "Deserter Pursuit" berhasil menyabet penghargaan sebagai drama terbaik dalam ajang penghargaan yang turut dihadiri oleh bintang-bintang Hallyu terkenal. Sebut saja mulai dari aktor “Squid GameLee Jung Jae, “Yumi’s Cells” Kim Go Eun, hingga Jung Hae In sebagai aktor utama dari drama terbaik tersebut.

Kemenangan drama "D.P." tentu bukan tanpa alasan. Karena drama yang diangkat dari sebuah webtoon tersebut memang memiliki banyak sisi menarik yang sayang untuk dilewatkan oleh para pecinta drakor.

Buat Ladies yang penasaran, berikut Ladiestory.id akan ulas 5 fakta menarik terkait drama terbaik "D.P.".                     

Angkat Fakta Dunia Militer Korea

Teaser Drama D.P. (Youtube.com/Netflix Indonesia)

Drama Korea "D.P." mengangkat cerita tetang sebuah tim khusus dalam satuan militer Korea Selatan yang dibentuk dan ditugaskan untuk mengejar para desersi (anggota militer yang lari meninggalkan tugas ketentaraannya). Selain itu, D.P. juga mengangkat issue bullying dan senioritas di dalam tubuh kemiliteran Negeri Ginseng tersebut.

Seperti dikemukakan Jung Hae In, sang pemeran utama yang tampil impressive di drama tersebut, selain karena mengangkat dunia militer yang sangat sulit diekspos oleh media, latar waktu drama pada 2014, juga menjadi kunci yang sangat menentukan kesuksesannya.

Diceritakannya bahwa pada tahun itu, kondisi nyata negerinya banyak terjadi insiden tak menyenangkan dan kecelakaan di kalangan militer.

Menurutnya, drama ini bukan materi yang ringan dan ceria karena banyak menampilkan adegan yang akan mendatangkan rasa frustasi dan kekosongan, terutama bagi penonton yang sudah pernah melaksanakan wamil.

Meski memiliki tema besar yang berat, tampaknya sang sutradara tetap memperhatikan aspek hiburan dalam drama ini. Hal itu terlihat lewat interaksi bromance antara tokoh prajurit An Jun Ho dan kopral Han Ho Yeol yang mengundang senyum.    

Drama Banjir Penghargaan  

Poster Drama D.P. (Instagram.com/holyhaein)

Sebelum memenangkan penghargaan prestisius pada ajang Blue Dragon Series Awards Pertama pada 2022 ini, drama "D.P." sudah lebih dahulu meraih kemenangan sebagai drama terbaik dalam ajang bergengsi Baeksang Arts Awards ke-58 yang diselenggarakan Mei 2022 lalu.

Tak hanya itu saja, aktor-aktor pendukungnya, Cho Hyun Chul dan Koo Gyo Hwan, pun berhasil memenangkan penghargaan masing-masing sebagai Best Supporting Actor dan Best New Actor.     

Poster Drama D.P. (Instagram.com/holyhaein)

Sebagaimana diketahui, drama ini merupakan produksi orisinil platform streaming konten hiburan Netflix. Rilis hampir bersamaan dengan "Squid Game", drama Jung Hae In sebelum bermain di "Snowdrop" ini pun sempat trending. Bahkan pernah menduduki peringkat nomor 1 di platform Netflix. Itulah alasan kenapa "D.P." layak menjadi yang terbaik di 2 ajang berbeda.

Seperti yang telah dibahas, sang pemeran utama, Jung Hae In menilai kunci keberhasilan drama "D.P." merebut perhatian dan simpati penonton, terutama di negeri asalnya, adalah karena dua aspek.

Aspek yang pertama, karena mengangkat dunia militer yang hampir mustahil terekspos ke publik. Sedangkan yang kedua, karena banyak orang yang merasa relate dengan pengalaman-pengalaman yang dipaparkan dalam drama berjumlah 6 episode pada season pertamanya itu.   

Adaptasi Karya Webtoon Sang Sutradara

Jung Hae In, Aktor Drama D.P. (Instagram.com/holyhaein)

Dilansir berbagai sumber, diketahui bahwa ide cerita drama "D.P." ini merupakan adaptasi dari sebuah webtoon berjudul "D.P: Dog Days" karya sang sutradara, Han Jun Hee, bersama dengan Kim Bo Tong. Webtoon-nya sendiri sudah dipublikasikan pada 2015 melalui lezhin.com, sebuah platform webtoon global dari Korea.      

Tayang dalam 2 Seasons

Aktor Pemain Drama D.P. (Soompi)

Menyusul kesuksesan season pertamanya pada 2021, sutradara sekaligus penulis, Han Jun Hee, sedang menggarap seri kedua yang diberi judul “D.P. Season 2”.

Masih diperkuat oleh Jung Hae In dan para aktor di season pertama, Netflix telah merilis teaser yang secara eksplisit menyatakan akan lanjut pada season kedua. Sang aktor pemeran utama bahkan mengaku telah berharap akan adanya season 2 sebelum resmi diumumkan.    

Itu tadi beberapa fakta menarik terkait drama Korea "D.P." yang sukses menjadi drama terbaik versi Blue Dragon Series Awards Pertama 2022 ini. Jadi tak sabar menantikan season keduanya ya, Ladies