Bridesmaid: Arti, Tugas, Seberapa Pentingnya Bridesmaid?

Rabu, 8 Desember 2021 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Bridesmaid: Arti, Tugas, Seberapa Pentingnya Bridesmaid?

Foto: ilustrasi bridesmaid (spesial)

Ladiestory.id - Menjadi pengiring pengantin atau yang kita kenal sebagai bridesmaid, adalah pekerjaan yang menyenangkan dan mengasyikkan.

Sebagai pengiring pengantin, ini merupakan sebuah kehormatan dan kesempatan untuk membuat kenangan seumur hidup dengan sahabat atau saudara kita.

Apa itu Bridesmaid?

Bridesmaid sendiri berasal dari orang-orang terdekat sang pengantin wanita seperti pihak keluarga, sahabat, ataupun rekan terdekat. Biasanya, orang yang ditunjuk menjadi Bridesmaid adalah para wanita yang masih lajang.

Adapun Bridesmaid terdiri dari beberapa orang, tidak hanya satu. Jumlahnya pun tidak menentu, tergantung pilihan dari sang pengantin wanita.

Itulah arti bridesmaid secara umum, kali ini kita cari tahu ciri-ciri sosok bridesmaid di sebuah acara pernikahan. Tentu kamu udah tidak asing lagi sama para wanita yang memakai baju kembaran saat menghadiri acara pernikahan? Yap, mereka itulah yang disebut bridesmaid.

Para bridesmaid identik sama busana kebaya yang kembaran dengan warna dan bahan yang sama persis. Meskipun model busana yang dipakai berbeda, tapi mereka mengenakan busana dengan kain yang serupa. Busana kebaya khas bridesmaid ini bisa berasal dari pihak pengantin yang menyediakan ataupun bisa juga inisiatif dari mereka sendiri.

Perbedaan Bridesmaid dengan Pagar Ayu

bridesmaid
Foto: ilustrasi pengiring pengantin (spesial)

Sebenarnya secara arti bridesmaid dan pager ayu tidak memiliki perbedaan. Namun dalam pembagian tugas mungkin terdapat sedikit perbedaan.

Dimana bridesmaid biasanya memiliki tugas untuk mendampingi calon pengantin wanitia dari sebelum acara pernikahan, seperti bertugas memberikan saran dalam menentukan gaun pengantin dan sebagainya.

Sedangkan pager ayu sebagian besar hanya sebagai pendamping calon pengantin pada saat hari pernikahan saja, seperti pembawa bunga, pengiring pengantin saat memasuki gedung atau menjadi among tamu.

Apa Tugas bridesmaid?

Meski merupakan pengiring pengantin wanita, tugas bridesmaid pada dasarnya tidak hanya sebagai pemanis acara. Sebab, Bridesmaid pada dasarnya juga bertugas membantu calon pengantin pada hal-hal kecil, baik sebelum acara maupun saat acara pernikahan.

1. Melayani Mempelai Calon Pengantin

Tugas bridesmaid bersama groomsmen adalah melayani dan sebagai sistem pendukung untuk mempelai pria dan wanita. Tentu saja, ini mulai dari perencanaan semua acara pranikah, upacaranya, dan menghadiri keseluruhan acara.

Seperti pesta pertunangan, pesta bujangan, gladi bersih, pesta makan-makan dan sebagainya. Meski acara pernikahan telah diatur oleh wedding planner, tugas pengiring pengantin ini untuk mengecek kembali seluruh jadwal apakah sudah sesuai atau belum.

Maka, tak jarang biasanya bridesmaid bersama groomsmen ini terdiri dari 3-8 orang atau bahkan bisa lebih.

2. Mempersiapkan Bridal Shower

Rasanya belum lengkap kalau nggak mengadakan acara bridal shower. Bridal shower adalah sebuah selebrasi untuk merayakan lepasnya masa lajang seorang perempuan sebelum hari pernikahannya.

Biasanya, bridesmaid mempersiapkan salah satu tempat seperti kafe, restoran, atau tempat liburan seperti pulau untuk mengadakan acara “perpisahan” calon pengantin sebagai single woman.

bridesmaid
Foto: ilustrasi pengiring pengantin (spesial)

3. Tempat Curhat

Sebelum menikah, tidak jarang si calon pengantin wanita mengalami banyak permasalahan. Hal ini wajar karena sebelum menikah umumnya pasangan akan banyak mendapat godaan-godaan dari segi manapun.

Pada kondisi seperti ini, tugas bridesmaid hadir sebagai tempat untuk mendengarkan curhatan dan keluh kesah si calon pengantin. Apalagi yang dipilih sebagai bridesmaid adalah teman-teman dan sahabat dekat pengantin perempuan.

Jadi diharapkan ia bisa jadi pendengar yang baik dan siap untuk memberi dukungan moral setiap saat.

Seberapa Pentingnya Kehadiran Bridesmaid?

Jadi apakah bridesmaid itu penting? Jawabannya bisa ya atau tidak, tergantung keputusan dari pihak pengantin itu sendiri. Ada sebagian pengantin yang memilih untuk menghadirkan sosok bridesmaid di acara pernikahan mereka. Tapi sebagian yang lain memilih untuk tidak menggunakan bridesmaid.

bridesmaid
Foto: ilustrasi pengiring pengantin (spesial)

Meskipun begitu, dari pihak orang-orang terdekat sang pengantin itu sendiri, hadir di pernikahan orang yang disayanginya sangatlah penting buat dilakukan. Biasanya sahabat dekat sang pengantin wanita sengaja memakai busana kebaya kembaran untuk menunjukkan kekompakan dan rasa sayang mereka.

Selain tampil cantik, keberadaan mereka dengan baju kebaya kembaran juga bisa jadi penyemangat sekaligus memberi efek menenangkan bagi pengantin wanita untuk melalui prosesi pernikahan yang terkadang sering membuat nervous.

Inilah arti, tugas, dan seberapa pentingnya kehadiran bridesmaid dalam sebuah pernikahan. Bagaimana menurutmu?