Bukan Bangkok, Thailand Ubah Nama Ibu Kota Jadi Krung Thep Maha Nakhon

Kamis, 17 Februari 2022 | 20:30:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Bukan Bangkok, Thailand Ubah Nama Ibu Kota Jadi Krung Thep Maha Nakhon

Bangkok, Thailand. (Instagram.com/littlevoyageurs)

Ladiestory.id - Kabar terbaru datang dari negara dengan julukan gajah putih yaitu Thailand. Melalui sebuah pengumuman, pada Rabu (16/2/2022) Ibu kota negara Thailand yang sebelumnya bernama Bangkok akan berubah menjadi Krung Thep Maha Nakhon.

Hal ini disampaikan langsung oleh Kantor Royal Society (ORST), dalam pengumumannya kantor perdana menteri, ORST memperbarui penyebutan negara, wilayah, zona administratif, dan ibu kota agar sesuai dengan situasi saat ini.

Tak langsung resmi digunakan, nama Krung Thep Maha Nakhon baru akan berlaku saat komite menyetujui rancangan Undang-Undang tersebut.

Selain itu, pemakaian nama baru ibu kota tersebut pun harus terlebih dahulu melewati pengamatan dari Kementerian Luar Negeri.

Dilansir Bangkok Post, Pengumuman perubahan nama ibu kota telah disetujui oleh rapat kabinet mingguan pada Selasa (15/2/2022). Atas hal tersebut, komite ORST yang turut diwakili oleh Kementerian Luar Negeri pun telah memperbarui ejaan negara, wilayah, zona administratif dan ibu kota agar sesuai dengan situasi terkini.

Selain itu, pengumuman terbaru inipun secara otomatis mencabut pengumuman sebelumnya mengenai ketentuan negara pada 9 November 2001 silam.

Sebagai informasi, nama ibu kota Thailand saat ini yaitu Bangkok diketahui telah digunakan sejak November 2001. Nama tersebut berasal dari daerah lama Bangkok, yang sekarang menjadi bagian dari wilayah metropolitan ibu kota yang lebih besar yaitu distrik Bangkok Noi dan Bangkok Yai.

Menuai banyak kritik, melalui unggahannya di Facebook pihak Kantor Royal Society menyampaikan jika nama ibu kota Thailand yaitu Krung Thep Maha Nakhon dan Bangkok dapat digunakan.