Bukan Hanya Mainan, Ini 7 Ide Hadiah Ulang Tahun Anak Yang Bermanfaat

Rabu, 18 Agustus 2021 | 00:02:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Bukan Hanya Mainan, Ini 7 Ide Hadiah Ulang Tahun Anak Yang Bermanfaat

Foto: Ladiestory.id

Merayakan ulang tahun anak menjadi momen kebahagian tersendiri bagi orang tua dan anak itu sendiri. Salah satu hal yang tak lepas dari ulang tahun adalah kado atau hadiah.

Memberi kado bagi anak bisa disebut susah-susah gampang, karena anak biasanya suka berganti-ganti keinginan. Bahkan tidak sedikit orang tua yang mempersiapkan kado ulang tahun sejak jauh-jauh hari saking bingungnya.

 Ide Hadiah Ulang Tahun Anak Yang Bermanfaat

Tak jarang orang tua terpikirkan untuk memberi hadiah berupa mainan atau pakaian pada anak. Padahal masih ada hal lain yang dapat dijadikan hadiah untuk anak. Penasaran apa saja hadiah untuk ulang tahun anak? Berikut beberapa ide hadiah ulang tahun anak yang bermanfaat.

1. Mainan untuk melatih motorik

Foto: Blibli

 

Umumnya, anak-anak menyukai bermain dan maianan. Untuk itu, mainan menjadi hadiah paling mudah untuk diberikan pada anak-anak. Terlebih lagi banyak pilihan mainan yang dapat diberikan, seperti mainan alat transportasi, alat masak, hingga mainan yang mengedukasi.

Agar lebih bermanfaat, Anda dapat memilih mainan building atau menyortir yang dapat merangsang berbagai kemampuan anak, seperti kreativitas, imajinasi, dan motorik anak.

2. Buku bacaan dapat menghibur dan menambah wawasan

Foto: Media Indonesia

 

Buku bacaan menjadi hadiah terbaik apabiila budget yang Anda miiki terbatas. Walau begitu, buku bacaan juga bermanfaat sebagai hiburan anak dan dapat menambah wawasan. Anda dapat menyesuaikan jenis buku sesuai dengan umur atau minat anak.

3. Kue beraneka warna atau makanan favorit

Foto: ACK Media Law

 

Hadiah ulang tahun tidak selalu harus berupa barang, Anda juga dapat memberi makanan, seperti puding, kue, atau donat sebagai hadiah untuk anak. Pilihlah makanan dengan warna menarik, seperti pastel, agar anak-anak tertarik untuk mencicip.

4. Tempat makan dan minum yang lucu

Tempat makan atau minum juga cocok untuk dihadiahkan kepada anak. Apalagi jika memiliki gambar karakter yang lucu. Hal ini dapat membuat anak lebih bersemangat untuk makan dan minum. Hadiah ini juga dapat berguna bagi anak-anak untuk membawa bekal ke sekolah.

5. Kiddie pool atau kolam renang mini

Foto: Ladiestory.id

 

Berenang merupakan olahraga yang baik, tetapi tapi tidak semua orang dapat berkesempatan untuk berenang secara rutin. Untuk itu, Anda dapat memberikan hadiah berupa kiddie pool atau kolam renang mini untuk anak-anak. Walaupun mungkin tidak seluas kolam renang pada umumnya, tapi kolam renang mini ini dapat digunakan anak untuk bermain air kala sore hari atau saat weekend.

6. Mainan musik untuk melatih motorik halus

Musik sangat baik untuk meningkatkan kecerdasaan anak. Maka dari itu, Anda dapat memberi anak-anak hadiah berupa mainan alat musik, seperti piano, drum, atau alat musik lainnya. Selain itu, Anda juga dapat memberikan kumpulan lagu anak-anak sebagai hadiah. Hal ini karena mendengarkan musik dapat membantu meningkatkan kepercayaan diri dan kemampuan sosial anak.

7. Peralatan menggambar untuk mengasah kreativitas

Foto: Ladiestory.id

 

Tak jarang anak-anak yang suka menggambar dan corat-coret. Menggambar menjadi aktivitas menarik dan menyenangkan, serta bermanfaat untuk melatih motorik anak.

Untuk mendukung hal ini, Anda dapat memberikan peralatan menggambar, seperti buku gambar dan krayon, untuk mengasah kreatiivitas anak. Namun, Anda juga perlu memperhatikan untuk memilih peralatan menggambar yang aman untuk anak-anak.

Deretan hadiah di atas dapat diberikan pada Si Kecil, anak teman, teman sekolah anak, keponakan, atau kerabat lain yangmana anaknya berulang tahun. Anda hanya perlu menyesuaikan dengan tingkat kedekatan, jenis kelamin dan kesenangan anak. Dan yang tak kalah penting budget yang disiapkan.

Berita Terkait