Menjelajahi Keindahan dan Keunikan Candi Barong Yogyakarta

Sabtu, 13 November 2021 | 11:20:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Menjelajahi Keindahan Dan Keunikan Candi Barong Yogyakarta

Foto: Tribunejogja

Ladiestory.id - Wisata di Yogyakarta identik dengan candi-candi besar seperti Prambanan. Padahal masih ada candi-candi lainnya yang juga menarik buat dikunjungi, salah satunya Candi Barong yang memiliki bangunan dengan ornamen yang unik dan menarik.

Hal Menarik dan Unik sari Candi Barong

Candi Barong terletak tidak jauh dari  Candi Ratu Boko, yaitu di perbukitan Batur Agung. Saat kamu mengunjunginya kamu akan menyaksikan kemegahan dan keunikan dari Candi Barong dengan bangunannya yang tak biasa di wilayah tersebut. 

Beberapa hal menarik dan unik tersebut di antaranya :

1. Sejarah 

Foto: TribuneJogja

Candi Barong dikenal juga sebagai Candi Sari Sorogedug. Menurut tulisan yang terdapat dalam prasasti yang ditemukan, sekitar tahun 856 Masehi Sri Kumbaja membuat 3 lingga. Masing-masing diberi nama Haralingga, Triyarbakalingga, dan Krttiwasalingga.

Ketiganya merupakan pendamping Dewi-Dewi Agung yaitu Dewi Mahalaksmi, Dewi Sri Laksmi, dan Dewi Sri sebagai dewi kesuburan.

2. Bangunan

Saat memasuki area candi, kamu akan merasakan suasana yang tenang dan nyaman. Ditambah lagi dengan adanya pepohonan hijau dan rerumputan yang tumbuh subur di area candi. 

Terdapat 3 tingkatan yang tersusun pada bangunan candi ini. Dimana pada masing-masing tingkatan, kamu akan melihat beberapa candi yang berbeda. Jika ingin berjumpa dengan Ghana, maka kamu bisa menuju ke tingkatan candi yang ketiga. Di sana juga dijadikan tempat pemujaan Dewa Dewi, terutama Dewi Sri sebagai dewi kesuburan.

3. Ornamen

Foto: PaketwisataJogja

Bersiaplah untuk mendapat sambutan dari hiasan barong yang melekat pada pintu masuk candi. Julukan yang dilontarkan oleh masyarakat sekitar mengenai candi ini juga tak lepas dari ornamen barong atau kala yang tampak tersenyum. Konon, masyarakat Hindu percaya bahwa barong bisa menjaga kesucian candi.

Selain disambut oleh kala yang tersenyum, kamu juga  akan menemukan ornamen lainnya berupa raksasa bertubuh kecil yang semakin membuat kesan unik dan antik  pada candi ini.

4. Simbol

Candi Barong terletak di area persawahan yang hijau, karena itu  kamu  akan merasakan nuansa alami sambil melihat banyak petani yang menggarap ladangnya.

Tidak heran kalau candi ini dijuluki sebagai simbol kesuburan karena dijadikan pemujaan untuk Dewi Sri. Candi yang dihiasi kepala kala ini juga berada di daerah bukit, sehingga kamu bisa menikmati pemandangan sekitar dengan lebih menyenangkan.

Fasilitas yang Tersedia di Candi Barong

Candi Barong dilengkapi dengan fasilitas yang akan membuat wisatawan  merasa betah berwisata disini, di antaranya adalah warung makan dan area parkir. Meski candi ini belum memiliki toilet dan mushola, kamu tetap bisa menyewa toilet yang berada di rumah penduduk yang ada di sekitar candi.

Aktivitas yang Dapat Dilakukan di Candi Barong

Foto: Tempatwisata

Berwisata ke candi akan terasa kurang lengkap jika  kamu tidak mengabadikannya dalam foto. Jangan lupa mengambil foto sebanyak mungkin sebagai bukti bahwa kamu pernah menyaksikan keindahan dan keunikan dari candi ini.

Kamu juga bisa bersantai di pelataran Candi Barong. Kawasannya yang bersih tidak akan membuat pemandangan terganggu.

Salah satu keistimewaan yang juga dimiliki oleh tempat bersejarah ini adalah bangunannya yang dihadapkan ke barat. Sehingga banyak pengunjung yang lebih suka singgah di sore hari sambil menikmati matahari tenggelam yang tampak mempesona.

Harga Tiket Masuk

Dengan keunikan dan keindahan yang dimiliki Candi Barong ini, ternyata harga tiket masuk sangat terjangkau. Apalagi ada area parkir yang membuat kendaraan pribadi kamu bisa lebih aman.

Kamu hanya perlu membayar tiket sebesar Rp5.000 dan tarif parkir untuk mobil Rp5.000 sementara untuk tarif motor Rp2.000.

Itulah informasi mengenai keindahan dan keunikan dari Candi Barong yang terletak di Yogyakarta. Jika berniat berkunjung ke Yogyakarta, tak ada salahnya untuk memasukkan destinasi wisata ini ke dalam daftar liburanmu.