8 Cara agar Wajah Selalu Fresh Alami, Gaya Hidup Sehat Jadi Kunci

Sabtu, 27 November 2021 | 00:01:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

8 Cara Agar Wajah Selalu Fresh Alami, Gaya Hidup Sehat Jadi Kunci

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Semua orang pasti ingin memiliki wajah yang sehat dan segar. Namun, setelah beraktivitas sepanjang hari tentu penampilan dan wajah kamu menjadi kusam dan tidak fresh lagi. 

Tips Menjaga Kesegaran Kulit Wajah

Nah, tidak perlu khawatir berikut tips beberapa cara agar wajahmu bisa selalu nampak segar.

1. Konsumsi Air yang Cukup

Foto: Ladiestory.id

Cara paling mudah membuat wajah agar tampak lebih fresh adalah dengan rajin mengonsumsi air putih yang cukup. Rekomendasi umumnya adalah 8 gelas sehari. Tetapi, ada beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa jumlah air yang dikonsumsi harus sesuai dengan berat badan yang kita miliki.

Selain melalui minuman, pemenuhan kebutuhan cairan tubuh bisa diperoleh dari mengonsumsi buah-buahan yang mengandung banyak air seperti semangka, jeruk, melon dan juga melon.

2. Cukup Istirahat

Foto: Tribun

Memiliki waktu tidur yang cukup merupakan kegiatan yang bermanfaat bagi perkembangan kulit kita. Ketika kita tidur kulit menghasilkan lebih banyak kolagen yang dapat merangsang kulit untuk melakukan regenerasi.

Proses ini sangat penting agar kulit bisa memperbaiki jaringan sel yang rusak. Sehingga kulit tetap terlihat sehat dan fresh.

3. Mandi dengan Waktu yang Singkat

Foto: Tribun Jogja

Mandi terlalu lama ternyata dapat mengangkat minyak alami kulit sehingga mengakibatkan kulit menjadi kering. Oleh karena itu, cobalah mandi dalam waktu yang singkat serta gunakan air hangat.

4. Menggunakan Sabun yang Lembut

Foto: Woop

Sama seperti mandi yang terlalu lama, penggunaan sabun yang kuat juga bisa mengangkat minyak dari kulit secara berlebihan. Sehingga kulit akan mengalami dehidrasi dan tampak kusam. Oleh sebab itu, gunakanlah sabun dengan kandungan moisturizer yang berfungsi melebabkan dan menyegarkan kulit.

5. Memijat Wajah

Salah satu cara membuat wajah terlihat segar adalah dengan melakukan pijatan, cara yang satu ini bisa kamu lakukan sendiri kapan saja. Gunakan bantuan face oil atau pelembap kemudian mulailah memijat menggunakan dua jari dengan gerakan menarik pipi ke atas.

Hal ini membantu agar peredaran darah di wajah semakin lancar, dan membuat wajahmu semakin sehat dan segar.

6. Menggosok Es Batu pada Wajah

Foto: Hipwee

Cara mudah lainnya untuk mengembalikan kesegaran pada wajah adalah dengan menggosokkan es batu pada wajah secara perlahan dan lembut. Es batu akan membantu menutup pori-pori yang terbuka dan membuat wajahmu kembali merona dan terihat lebih fresh.

7. Hindari Merokok

Foto: Tribun

Merokok tidak hanya merusak paru-paru saja, melainkan bisa memberikan efek negatif pada kesehatan dan kesegaran kulit. Kebiasaan merokok dapat membuat kulit tampak lebih tua, karena bahan-bahan beracun dalam rokok bisa mempengaruhi elastisitas kulit. 

8. Sering Tersenyum

Foto: popular

Cara terakhir membuat wajahmu tetap fresh adalah dengan tersenyum. Secara tidak langsung ketika kamu tersenyum akan meregangkan otot-otot wajah, tulang pipi dan daerah sudut bibir juga akan terangkat.

Hal ini sangat membantu kamu melancarkan peredaran darah area wajah, sehingga membuat wajah terlihat lebih cerah dan segar.

Itu dia beberapa tips yang bisa kamu coba untuk mengembalikan dan mempertahankan kesegaran kulit wajahmu, semoga bermanfaat, ya.