6 Cara Cerdas Hemat Biaya Pernikahan, Akad Nikah di KUA

Rabu, 22 Februari 2023 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

6 Cara Cerdas Hemat Biaya Pernikahan, Akad Nikah Di Kua

Ilustrasi Pernikahan. (Special)

Ladiestory.id - Pernikahan merupakan salah satu momen yang didambakan banyak pasangan. Karena melalui pernikahan, membuat hubungan dengan pasangan menjadi sah di mata hukum dan agama. Momen bahagia tersebut tentunya tidak ingin dilewatkan begitu saja.

Banyak pasangan yang ingin membuat momen tersebut menjadi momen yang sangat indah dan selalu terkenang. Bahkan, banyak pasangan yang menghabiskan dana hingga ratusan juta untuk menggelar pesta pernikahan impian. 

Sebenarnya, pernikahan bisa dilakukan dengan lebih sederhana. Jadi, kamu bisa lebih menghemat pengeluaran. Nah, berikut Ladiestory.id telah merangkum enam cara cerdas untuk menghemat biaya pernikahan. 

Buat Rincian Anggaran

Ilustrasi pasangan diskusi soal finansial. (Special)

Sebelum menggelar acara pernikahan, kamu dan pasangan perlu membuat rencana anggaran pernikahan secara terperinci. Kamu bisa menghitung pengeluaran yang akan kamu lakukan dan sesuaikan dengan tabungan yang kamu miliki. Sebaiknya, hindari menggunakan seluruh tabungan yang dimiliki. Sisihkan sebagian uang di tabungan yang bisa menjadi bekal kamu dalam menjalani kehidupan rumah tangga nantinya.

Selain itu, sebaiknya hindari juga meminjam uang di bank ataupun orang terdekat untuk penyelenggaraan pesta pernikahan, ya. Karena hal tersebut akan memberatkanmu setelah pesta pernikahan usai. 

Tamu Undangan

Ilustrasi undangan. (Special)

Cara selanjutnya untuk menghemat biaya pernikahan adalah dengan membatasi tamu yang akan kamu undang dalam pesta pernikahan. Tentukan prioritas tamu undangan yang akan kamu undang ke pesta pernikahan, misalnya keluarga maupun teman dekat. Selain dapat menghemat biaya pernikahan, mengundang orang terdekat saja ke acara pernikahan akan membuat acara terasa lebih intim dan berkesan.

Tentukan Lokasi

Tipe tamu undangan. (Special)

Menyelenggarakan pesta pernikahan tidak harus di hotel maupun tempat mewah. Kamu juga bisa menyelenggarakan acara pernikahan di rumah. Memilih lokasi pernikahan di rumah akan menghemat biaya pernikahan. Namun, jika kondisi rumah tidak memungkinkan untuk digunakan sebagai lokasi pernikahan, kamu bisa menyewa gedung serba guna dan sesuaikan dengan budget yang kamu miliki. 

Akad Nikah di KUA

Nikah di KUA. (Special)

Beberapa waktu terakhir, menikah di KUA sedang menjadi tren. Banyak pasangan yang memilih untuk menikah di KUA karena dinilai lebih hemat. Pasalnya, melangsungkan akad nikah di KUA tidak dipungut biaya sama sekali, asalkan dilaksanakan saat hari kerja. Namun, kamu juga perlu berdiskusi dengan keluarga tentang pilihan untuk menikah di KUA, ya. Pertimbangkan saran dan masukan dari keluarga dan pasangan tentang hal tersebut. 

Sewa Gaun Pernikahan

Ilustrasi gaun pengantin. (Special)

Dibandingkan membeli gaun pernikahan, menyewa gaun pernikahan akan lebih menguntungkan. Pasalnya, gaun pernikahan umumnya hanya dipakai sekali seumur hidup. Setelah acara pernikahan, kamu mungkin tidak akan memakainya lagi. Jadi, sebaiknya sewa saja gaun pernikahan atau memakai gaun pernikahan peninggalan orang tua. Sehingga, kamu dapat lebih menghemat biaya pernikahan, Ladies

Tak Perlu Pakai WO

Tipe tamu undangan. (Special)

Jasa Wedding Organizer (WO) memang sangat membantu dalam persiapan pesta pernikahan. Namun, jika kamu tidak memiliki banyak kesibukan, kamu dan pasangan bisa lho menyiapkan segala sesuatunya sendiri. Kamu bisa mencari ide pernikahan yang minimalis dengan budget terbatas.

Selain dapat menekan biaya pernikahan, menyiapkan pernikahan secara mandiri juga dapat mewujudkan pesta pernikahan sesuai dengan keinginan. Karena tak dapat dipungkiri, biaya yang dikeluarkan untuk menggunakan jasa WO tentu tidaklah sedikit. Jika kamu merasa kerepotan, kamu juga bisa meminta bantuan keluarga atau teman dekat untuk membantu meng-handle pesta pernikahanmu. 

Ladies, itulah enam cara cerdas yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya pernikahan. Melangsungkan pernikahan tidaklah harus mewah dan membutuhkan banyak biaya, namun bisa dilaksanakan secara sederhana serta sesuai budget yang dimiliki.