Ibu Wajib Tahu! 7 Cara Efektif agar Anak Cepat Berjalan

Senin, 28 Maret 2022 | 10:30:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Ibu Wajib Tahu! 7 Cara Efektif Agar Anak Cepat Berjalan

Cara Efektif Anak Cepat Berjalan (Special)

Ladiestory.id - Setiap orang tua pasti sangat antusias melihat perkembangan dan pertumbuhan anak mereka. Secara bertahap anak akan mulai belajar duduk, merangkak, berdiri sampai akhirnya mereka bisa berjalan sendiri. Sebagian besar anak sudah bisa berjalan saat memasuki usia tahun pertamanya.

Umumnya, anak bisa berjalan sekitar umur 10 bulan sampai 18 bulan. Meski begitu, setiap anak memiliki perkembangan yang berbeda-beda. Jadi, Kamu tidak perlu khawatir jika si kecil belum bisa berjalan. Kamu bisa melatih si kecil terus menerus secara sabar. Berikut beberapa tips yang bisa Kamu lakukan agar si kecil cepat berjalan.

Genggam Tangan si Kecil

Cara Efektif Anak Cepat Berjalan (Special)

Salah satu tips agar si kecil bisa berjalan adalah dengan menggenggam tangannya ketika ia belajar berjalan. Kamu bisa berjalan di belakang si kecil sambil menggenggam tangannya atau menitahkan.

Berikan ia dukungan agar semakin semangat dalam proses belajar berjalan. Pegang lengan si kecil dalam posisi lebih tinggi dari tubuhnya, hal tersebut membantu agar tubuh si kecil tetap tegak dan tidak membungkuk. Pastikan juga kaki si kecil menapak ke lantai secara penuh.

Biarkan Telanjang Kaki

Cara Efektif Anak Cepat Berjalan (Special)

Mengenakan sepatu atau sandal yang menarik tentunya akan membuat si kecil tampak semakin lucu. Tapi, dalam proses pembelajaran berjalan, alangkah lebih baik jika tidak mengenakan sepatu. Hal tersebut bertujuan agar telapak kaki anak bisa menapak ke lantai secara sempurna.

Pastikan lantai atau rumput dalam keadaan bersih, dan aman dari benda-benda yang membahayakan. Biarkan si kecil belajar berjalan tanpa alas kaki, jika kondisinya dingin cukup berikan kaus kaki yang memiliki alas kesat. Tujuannya agar si kecil tidak tergelincir saat berjalan.

Berlatih Bersama Teman Sebaya

Cara Efektif Anak Cepat Berjalan (Special)

Tips selanjutnya untuk menstimulasi si kecil berjalan adalah dengan membawanya bertemu dan bermain bersama teman seusianya. Kamu bisa memberikan contoh anak lain yang sudah mulai berjalan, dan beri semangat si kecil agar ia juga bisa melakukannya.

Kompetisi seperti ini sangat baik untuk menstimulasi anak. Keinginannya meniru apa yang dilakukan oleh temannya, dapat menjadi motivasinya untuk ikut belajar berjalan.

Berikan Mainan Dorong

Cara Efektif Anak Cepat Berjalan (Special)

Membelikan mainan dorong untuk si kecil dapat membantu menstimulasi gerak motorik, serta mampu membantunya belajar berjalan. Kamu bisa belikan mainan yang kokoh dan memiliki pegangan yang bisa dijadikan tumpuan. Jika langkah si Kecil sudah aktif, maka tak hanya mainan saja.

Kamu bisa menjadikan kotak tempat mainan, atau kursi sebagai mainan untuk didorong oleh si kecil. Mainan seperti ini mampu melatih keseimbangan dan meningkatkan rasa percaya diri anak. Tapi, tetap berikan pantauan ya, agar si kecil tidak terjatuh.

Tawari Hadiah

Cara Efektif Anak Cepat Berjalan (Special)

Cara lain untuk menstimulasi anak agar cepat berjalan adalah dengan menawarkannya hadiah. Kamu bisa memberikan jarak antara si kecil dengan mainan kesukaan nya. Selain mainan, Kamu bisa menggantinya dengan makanan. Kamu juga bisa merentangkan tangan, agar si kecil lebih semangat belajar berjalan. Jika ia berhasil, berikan pelukan hangat serta pujian kasih sayang

Berenang

Cara Efektif Anak Cepat Berjalan (Special)

Berenang merupakan salah satu kegiatan yang asyik dan disukai anak-anak. Dengan mengajak si Kecil berenang, maka ia akan belajar menggerakkan otot-otot kakinya. Hal tersebut sangat bermanfaat untuk melatih dan memperkuat otot kaki anak. Kamu bisa ajak si kecil berenang beberapa kali dalam seminggu.

Jangan Membatasi Ruang Gerak Anak

Cara Efektif Anak Cepat Berjalan (Special)

Tak bisa dipungkiri saat seorang anak masih berusia bayi adalah masa-masa hiperaktif. Mereka memiliki kebiasaan bergerak ke semua arah. Salah satu tips melatih bayi agar cepat berjalan adalah tidak membatasi ruang geraknya.

Kamu cukup memantau pergerakannya selama dirasa aman. Jangan terlalu sering menggendongnya. Semakin bayi sering bergerak atau merangkak, maka kemampuan untuk belajar berjalannya semakin bagus.