Cara Gunakan Retinol untuk Pemula yang Tepat dan Benar

Kamis, 15 Februari 2024 | 13:21:00

Aldeta Prasasti

Penulis : Aldeta Prasasti

Cara Gunakan Retinol Untuk Pemula Yang Tepat Dan Benar

Ilustrasi Retinol untuk Pemula. (Freepik.com)

Ladiestory.id - Retinol adalah sejenis retinoid yang berasal dari vitamin A. Ini diproduksi secara alami oleh tubuh dan membantu meningkatkan pergantian sel untuk memulai produksi kolagen dan membantu mengurangi garis-garis halus dan kerutan. Ini juga merupakan pengobatan yang terbukti untuk jerawat dan hiperpigmentasi.

"Retinol adalah saudara kandung dari retinoid topikal yang diresepkan lebih kuat," kata Julia Carroll yang merupakan dokter kulit di Compass Dermatology yang berbasis di Toronto.

Ini adalah jenis vitamin A yang lebih ramah kulit yang biasanya digunakan dalam produk perawatan kulit yang dipasarkan secara massal.

Retinol membantu membuka pori-pori yang tersumbat, mengelupas dan menghaluskan kulit serta mengurangi munculnya hiperpigmentasi. Ini juga mengatasi garis-garis halus dan kerutan. Peningkatan hidrasi kulit dan pengobatan jerawat adalah manfaat lainnya.

Menurut Carroll, bahan aktif tersebut seiring berjalannya waktu juga dapat menebalkan dermis (lapisan di bawah permukaan kulit), sehingga membuat kulit lebih sehat dan tampak awet muda.

Namun, kandungan bahan aktif retinol ini sangat keras. Sebaiknya untuk pemula harus berhati-hati dalam menggunakan kandungan bahan aktif ini. Berikut cara gunakan retinol untuk pemula yang tepat dan benar.

Kenali Kondisi Kulit

Ilustrasi Retinol untuk Pemula. (Freepik.com)

Cara pertama gunakan retinol untuk pemula adalah mengetahui kondisi kulit wajah terlebih dahulu. Pada umumnya, kandungan bahan aktif retinol ini bisa digunakan untuk usia 25 tahun ke atas. Retinol juga bisa digunakan untuk yang mengalami tanda-tanda penuaan dini pada kulit dan jerawat.

Tanda-tanda penuaan dini yang sering terjadi adalah kulit menjadi lebih kendur, muncul kerutan, ada garis-garis halus, kantung mata menggelap dan muncul flek hitam di kulit.

Sebenarnya tidak semua usia 25 tahun keatas membutuhkan kandungan retinol, karena kandungan retinol ini bisa mengiritasi kulit untuk pemilik kulit yang sensitif. Lebih baik kenali kondisi kulit terlebih dahulu, kemudian coba retinol untuk 1 sampai 3 hari, jika tidak bereaksi di kulit, berarti kulit kamu cocok menggunakan bahan aktif retinol.

Gunakan Retinol Secara Bertahap

Ilustrasi Retinol untuk Pemula. (Freepik.com)

Kandungan bahan aktif sangat kuat, bisa memberikan reaksi sensasi terbakar dan perih di kulit yang sensitif. Untuk pemula, yang sama sekali belum pernah menggunakan kandungan retinol, cara kedua menggunakan retinol adalah dengan mengaplikasikan secara bertahap dan pelan-pelan.

Produk perawatan kulit yang memiliki kandungan retinol ada bermacam-macam, seperti toner, serum dan pelembap. Ada baiknya untuk tidak menggunakan produk tersebut secara langsung.

Untuk minggu pertama, kamu bisa menggunakan salah satu dari produk tersebut seminggu tiga kali saja pada malam hari, lalu aplikasikan dengan tipis di kulit wajah. Kemudian perhatikan reaksi yang terjadi di kulit wajah.

Jika aman, lanjutkan penggunaan produk retinol yang lainnya di minggu selanjutnya. Agar lebih aman, bacalah deskripsi produk terlebih dahulu, lalu gunakan produk yang memiliki dosis retinol yang paling rendah, yaitu 0,5% sebagai pengenalan awal pada kulit yang belum pernah terkena retinol.

Gunakan Metode Sandwich

Ilustrasi Retinol untuk Pemula. (Freepik.com)

Cara terakhir penggunaan retinol untuk pemula adalah dengan menerapkan metode sandwich. Penggunaan kandungan retinol pada kulit untuk pertama kali, akan mengakibatkan kulit wajah menjadi lebih kering daripada biasanya, sehingga metode sandwich sangat cocok untuk diterapkan.

Metode sandwich adalah metode penggunaan skincare secara berlapis-lapis. Sebelum mengaplikasikan retinol ke kulit wajah, gunakan sedikit pelembap terlebih dahulu, setelah itu gunakan retinol dengan tipis-tipis, dan lapisan terakhir adalah menggunakan pelembap lagi.

Fungsi mengaplikasikan pelembap sebelum penggunaan retinol, yaitu untuk melindungi lapisan kulit agar tidak terlalu kering, pada saat pertama kali mengaplikasikan retinol ke kulit wajah. Pelembap ini akan membantu menjaga kelembapan dan membantu mengontrol produksi minyak di kulit wajah.