Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Baik Dan Benar

Selasa, 17 Agustus 2021 | 00:05:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Yang Baik Dan Benar

Foto: Ladiestory,id

Selain menggendong, momen yang paling dinanti para orang tua adalah saat memandikan bayi. Sama seperti menggendong, momen masa parenting ini juga kerap membuat orang tua baru gugup dan juga takut. 

Cara Memandikan Bayi Dengan Tali Pusar yang Belum Lepas

Takut saat memandikan bayi adalah hal yang wajar, semua ibu mungkin juga mengalami. Mereka biasanya takut akan melukai kulit bayi atau takut bayi akan terjatuh dari gendongan. Untuk menghilangkan rasa takut itu, di bawah ini ada beberapa cara memandikan bayi yang baik dan benar.

 

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id 

Sebelum memandikan bayi, hal yang perlu kamu persiapkan adalah Waslap lembut, bak mandi kecil, sabun dan shampo khusus bayi, popok kering dan juga pakaian ganti. Setelah semua siap ikuti tata memandikan bayi baru lahir berikut ini: 

1. Siapkan Alas Dengan Permukaan Datar 

Anda dapat menggunakan meja yang dialasi dengan handuk atau bahan lain yang empuk dan tahan air. Agar lebih nyaman, terlentangkan bayi diatas meja dan Anda bisa memulai untuk memandikannya. Jangan lupa untuk meletakkan satu tangan Anda di bawah kepala dan leher agar bayi merasa lebih nyaman. 

2. Beri Usapan Lembut 

Setelah bayi dibaringkan, beri ia usapan lembut mulai dari kepala, wajah, telinga lalu dada, punggung kemudian kaki. Usap secara perlahan menggunakan waslap yang sudah dibasahi dengan air hangat. 

Jika tubuh bayi sudah basah, usap lagi menggunakan waslap dan sabun mandi bayi. Agar tidak terjadi iritasi, sabun yang kamu pilih harus berformula lembut dan aman untuk bayi. 

Foto: Ladiestory.id
Foto: Ladiestory.id

3. Bersihkan Kedua Kelopak Mata 

Step ketiga adalah membersihkan area kelopak mata yang juga harus dilakukan dengan hati-hati dan lembut. Sebelum itu, persiapaakaan dua lembar kapas berbahan lembut yang tidak berserat. 

Setelah kapas siap, mulailah mengusap bagian dekat mata dekat hidung dengan gerakan mengarah keluar. Lakukan secara bergantian dan ganti dengan kapas yang baru. 

Usahakan untuk selalu memberi usapan lembut dan jangan menekan area sekitar mata. Hindari percikan air yang masuk ke dalam mata atau mulut bayi yang dapat membuatnya tersedak. 

Selain bagian kelopak mata, jangan lupa juga untuk membersihkan sela-sela bagian tubuh bayi. Bagian tubuh ini meliputi ketiak, leher, bagian belakang telinga dan lutut bagian belakang. 

4. Membersihkan Alat Kelamin 

Setelah semua selesai, selanjutnya adalah membersihkan bagian alat kelamin bayi. Karena dekat dengan tali pusar, membersihkan bagian ini harus dilakukan dengan pelan-pelan dan hati-hati. 

Terakhir, sebelum mengenakan popok dan pakaian bayi, timang-timang bayi dengan pelan. Cara ini dapat memberikan rangsangan bagi indra perabanya sekaligus membangun ikatan yang kuat antara Anda dan bayi.

Cara Memandikan Bayi Baru Lahir Dengan Tali Pusar yang Sudah Lepas 

Foto: Ladiestory.id 

Begitu tali pusar bayi sudah lepas dan lukanya sudah mengering, maka kamu mulai bisa memandikannya di dalam bak mandi. Berikut adalah langkah-langkah yang perlu kamu lakukan: 

1. Siapkan Air Hangat 

Siapkan bak mandi yang sudah diisi dengan air hangat dengan suhu sekitar 37 derajat Celcius) dengan tinggi air kira-kira 5 cm. Lalu masukkan bayi ke dalam bak mandi dengan posisi tubuh tegak.  

Jangan lupa untuk menahan bagian belakang kepala dan leher bayi dengan tangan kiri. Setelah itu, usap lembut tubuh bayi dengan menggunakan waslap merata keseluruh tubuh. 

Lalu tuangkan sabun bayi ke atas waslap dan usapkan kembali ke seluruh badan. Jangan lupa untuk membersihkan area lipatan, mata dan lekukan tubuhnya hingga bersih. 

2. Biarkan Bayi Anda Menikmati Waktu Mandi 

Terakhir berikan waktu bayi Anda untuk menikmati waktu mandi. Ini akan sangat berguna untuk stimulasi indra peraba bayi dengan lebih baik. Anda dapat menuangkan air hangat ke bahu dan perutnya dengan pelan agar bayi merasa lebih relax.  

Setelah dirasa cukup, lalu angkat bayi dengan kedua tangan dan hangatkan dengan handuk kering. Jangan lupa peluk dan timang-timang si kecil untuk menjalin ikatan dan kasih sayang antara ibu dan anak.