Celimpungan jadi Makanan Khas Palembang, Ini Cara Pembuatannya

Kamis, 9 Desember 2021 | 10:30:00

Prisca Devina

Penulis : Prisca Devina

Celimpungan Jadi Makanan Khas Palembang, Ini Cara Pembuatannya

Foto: ilustrasi celimpungan (spesial)

Ladiestory.id - Makanan khas Palembang, Celimpungan menjadi salah satu menu olahan ikan giling selain pempek. Hanya saja, bedanya celimpungan disajikan dengan kuah santan kuning sehingga lebih mantap dinikmati saat hangat.

Selain itu, biasanya Celimpungan jadi menu favorit warga Palembang di momen kumpul keluarga hari biasa atau saat resepsi pernikahan, acara syukuran hingga hari raya lebaran. Celimpungan memiliki permukaan yang tidak rata dengan tekstur lembut dan kenyal. Bahkan adonan celimpungan bisa dibentuk sebesar bulatan bola pingpong. 

Celimpungan jadi Makanan Khas Palembang, Ini Cara Pembuatannya

Foto: ilustrasi celimpungan (spesial)

Mulai dengan mempersiapkan bahan adonan celimpungan dan bumbu kuah

Sama dengan pembuatan makanan lainnya, langkah awal yang perlu dilakukan yang harus dipersiapkan untuk membuat celimpungan adalah menyiapkan dan memisahkan bumbu untuk adonan bola atau pentol celimpungan serta bahan kuah kuning. Bahan pembuatan pentol celimpungan adalah ikan giling ditambahkan air dan sagu. Namun, perlu diperhatikan dalam mencampur semua bahan perlu adalah takaran air dan sagu sehingga adonan tidak terlalu keras.

Bahan adonan celimpungan:

  • ‌ikan gabus giling 1 kg
  • ‌ikan tenggiri giling 1/2 kg
  • ‌sagu 7 ons
  • ‌air 700 cc

Bahan kuah santan kuning:

  • ‌air santan 1 kg
  • ‌bawang merah 5 siung
  • ‌bawang putih 3 siung
  • ‌ketumbar atau merica secukupnya
  • ‌jahe secukupnya
  • ‌kunyit 2 ruas
  • ‌temupo 3 ruas
  • ‌temu kunci secukupnya

Topping makanan khas celimpungan:

  • bawang goreng
  • daun kucai

Penggunaan dua jenis ikan dalam pembuatan adonan celimpungan supaya lebih gurih

Catatan khusus adonan celimpungan lebih baik menggabungkan dua jenis ikan giling supaya punya cita rasa lebih gurih. Ketika adonan jadi, pentol celimpungan direbus hingga matang, jika adonan sudah matang maka celimpungan mengapung di atas air.

Tapi ini bukan keharusan jika menggunakan dua jenis ikan giling, kita tetap bisa membuat dengan satu jenis selama perbandingannya pas. Namun untuk aroma yang lebih menyengat lebih baik dengan dua jenis air kemudian  perlahan tambahkan air dan sagu sampai tidak lengket lagi atau jadi kalis.

Foto: ilustrasi celimpungan (spesial)

Cara memasak kuah santan tanpa tambahan air

Untuk mengefektifkan waktu ketika sedang  menunggu celimpungan masak, kita bisa memulai membuat bumbu kuah dari bahan yang sudah siap di atas. Dalam mencampurkan bahan, kita bisa menggunakan blender seluruh bahan menjadikan satu setelah dioseng sebentar. Jika santan langsung masak sampai mendidih maka tidak perlu menggunakan tambahan air.

Kita hanya perlu memasukkan bumbu kuah kemudian aduk rata.  Langkah berikutnya adalah menunggu kuah santan matang. Setelah itu, masukkan buah celimpungan satu per satu yang telah direbus. Diamkan sejenak sekitar satu menit dan celimpungan kuah kuning siap disajikan. Namun, jangan langsung matikan kompor setelah pentolan celimpungan ditambahkan, tunggu hingga bumbu kuah meresap. 

Foto: ilustrasi celimpungan (spesial)

Percantik penampilan dengan tambahan topping sebagai pemanis dan aroma kuah

Ketika celimpungan dan kuah siap disantap, kita bisa mempercantik tampilan dengan menambahkan topping dalam piring saat tersaji di meja makan. Misalnya dengan daun kucai untuk topping yang dipotong kecil-kecil sehingga menambah aroma dan dijadikan pemanis. Selain itu, untuk rasa yang lebih mantap kita bisa menambahkan bawang goreng secukupnya, atau disesuaikan dengan selera. 

Cara membuat celimpungan tergolong mudah, bukan? Silakan mencoba!