5 Cara Meminta Tamu Pulang dengan Sopan Saat Momen Lebaran

Kamis, 5 Mei 2022 | 21:00:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

5 Cara Meminta Tamu Pulang Dengan Sopan Saat Momen Lebaran

Ilustrasi hari lebaran. (Special)

Ladiestory.id - Momen lebaran kerap diisi dengan melakukan silaturahmi ke rumah kerabat maupun teman terdekat. Hal ini tentunya membuat kita merasa senang, karena dapat kembali menjalin hubungan kekeluargaan yang lebih erat. 

Namun, mendapatkan kunjungan dari tamu tak selamanya membuat kita senang, terutama di momen lebaran. Sebagai tuan rumah, kita membutuhkan waktu untuk beristirahat setelah seharian mendapatkan kunjungan dari tamu-tamu lainnya. Hanya saja, terkadang kita kerap merasa tak enak jika harus meminta tamu pulang.

Untuk membantu Ladies yang kebingungan meminta tamu pulang tanpa harus merasa tak enak, berikut Ladiestory.id merangkum lima cara meminta tamu pulang dengan sopan agar tak menyakiti hati tamu tersebut.

Melihat ke Arah Jam dan Bersikap Cemas

Ilustrasi Meminta Tamu Pulang. (Spesial)

Ladies, cara pertama untuk meminta tamu pulang dengan sopan yaitu dengan sesering mungkin melihat ke arah jam. Selain itu, berikan sikap cemas, seolah-olah akan ada hal lain yang harus dilakukan.

Agar lebih meyakinkan dan membuat tamu sedikit sadar, Kamu pun bisa mengatakan kalimat pengingat waktu, seperti “Wah, ternyata sudah malam ya?” atau “Ya ampun, gak kerasa sudah jam 10,”.

Hal ini akan memberikan isyarat kepada tamu yang telah dirasa cukup lama bertamu untuk merasa tidak enak hati dan sadar untuk segera pulang.

Rapikan Piring atau Gelas yang Telah Selesai Digunakan

Ilustrasi Meminta Tamu Pulang. (Spesial)

Cara selanjutnya, jika Kamu menyuguhkan makanan atau minuman kepada tamu tersebut, Kamu bisa mulai merapikan gelas dan piring kotor yang sudah terpakai. Tak ketinggalan, Kamu pun bisa membuat suara-suara kecil pada alat makan saat mencuci piring.

Dengan cara ini, tamu pun akan merasa sadar dan tidak nyaman untuk tinggal lebih lama dan memilih pamit tanpa harus kita memintanya untuk pulang.

Sering Menguap Seolah Mengantuk

Ilustrasi perempuan menguap. (Special)

Menguap kerap menandakan jika kita butuh istirahat. Hal ini bisa dilakukan saat tamu yang datang terlalu larut dan tak kunjung pulang. Ladies, Kamu bisa lebih sering menguap saat mengobrol dengan tamu tersebut agar tamu sadar jika kamu butuh istirahat.

Dengan hal ini, tamu akan sadar dan merasa tak nyaman, sehingga akan pamit untuk membiarkan sang pemilik rumah untuk beristirahat.

Beri Alasan untuk Pergi Meninggalkan Tamu

Ilustrasi Meminta Tamu Pulang. (Spesial)

Jika tamu datang saat pagi, Kamu bisa mencoba membuat alasan untuk pergi meninggalkan rumah dalam waktu dekat. Atau, jika tamu datang saat malam hari, Kamu pun bisa membuat alasan adanya waktu tidur tertentu bagi buah hati, Ladies.

Dengan begitu, tamu akan tahu bahwa Kamu tidak bisa menjamunya lebih lama lagi sehingga akan berpikir untuk tidak berlama-lama lagi.

Berhenti Bersikap Baik  

Ilustrasi Meminta Tamu Pulang. (Spesial)

Jika berharap tamu untuk segera pulang, Kamu bisa berhenti melakukan hal-hal yang membuat tamu nyaman. Ini bisa seperti tidak menawarkan makanan dan minuman tambahan, tidak terlalu menunjukkan semangat untuk terus mengobrol, dan menguap atau melihat jam berapa kali.