Cara Putihkan Kuku Menguning Secara Alami, Dijamin Ampuh!

Jumat, 28 Januari 2022 | 05:00:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Cara Putihkan Kuku Menguning Secara Alami, Dijamin Ampuh!

Ilustrasi kuku sehat. (Special)

Ladiestory.id - Kuku adalah jaringan keras dan padat yang terbuat dari protein keratin dan sel-sel epidermatis yang mati. Pertumbuhan kuku biasanya berlangsung sekitar enam bulan. Seperti kulit, kuku juga memerlukan oksigen agar tetap sehat.

Kuku juga memiliki berbagai permasalahan, seperti kuku patah, retak, hingga berubah warna menjadi kuku kuning. Nah kuku kuning ini bisa disebabkan karena beberapa faktor. Seperti infeksi jamur, kuteks, aseton atau pengapus cat kuku, hingga sebuah sindrom.

Tentu kuku kuning sangat mengganggu. Selain tidak enak dipandang, kuku kuning akan nampak tidak sehat hingga menjijikan. Oleh sebab itu, kamu harus merupakan warna kuku kuning menjadi cerah kembali.

Bagaimana caranya? Berikut cara memutihkan kuku yang kuning secara alami dan dijamin ampuh.

Cara Memutihkan Kuku yang Kuning Secara Alami 

1. Mengurangi Pemakaian Kuteks

Ilustrasi kuku sehat. (Special)

 

Cara memutihkan kuku secara alami, dapat dilakukan dengan mengurangi pemakaian kuteks. Hal ini merupakan langkah awal yang dapat kamu lakukan. Sebab bahan kimia yang ada dalam kuteks menjadi faktor utama paling sering kuku kuning hingga kusam

2. Gosokan Kulit Jeruk dan Kulit Lemon

Ilustrasi buah jeruk. (Special)

 

Jika Kamu memakan buah jeruk atau lemon, sebaiknya jangan buang kulitnya. Sebab kulit kedua buah ini dapat dijadikan bahan untuk memutihkan kuku secara alami. Selain itu, cara ini juga menyehatkan kuku.

Jika kamu menggunakan kulit jeruk, kamu hanya perlu menggosokkan kulit jeruk tersebut ke kuku. Sedangkan untuk kulit lemon, kamu hanya perlu memeras kulit lemon hingga keluar seperti spray air. Lalu arahkan langsung air perasan tersebut ke kuku kuning.

3. Masker Kuku Menggunakan Baking Soda

Selain kedua buah diatas, cara memutihkan kuku secara alami adalah menggunakan baking soda sebagai masker kuku. Pada dasarnya baking soda memang dikenal sebagai pemutih alami yang sudah sering digunakan utnuk perawatan tubuh.

Kamu bisa menggunakan 3 sendok teh baking soda dan tambahkan sedikit air hingga teksturnya menjadi pasta. Oleskan pada bagian kuku kuning secara satu persatu dan diamkan hingga mengering dengan sendirinya.

4. Pasta Gigi

Pasta gigi tidak hanya digunakan untuk memutihkan gigi saja. Namun pasta gigi atau odol ini juga ampuh digunakan sebagai salah satu cara memutihkan kuku yang kuning. Sebelum mengoleskan pasta gigi ke kukumu, pastikan agar kukumu dalam keadaan bersih. Oleskan pasta gigi tersebut dan gosok perlahan menggunakan sikat khusus untuk kukumu.

5. Cuka Apel

Selain bahan-bahan diatas, cuka apel juga menjadi salah satu cara untuk memutihkan kuku secara alami. Pastikan untuk membersihkan kuku sebelum mengaplikasikan cuka apel ini. Jika dirasa sudah bersih, kamu bisa mulai mengaplikasikan cuka apel ke kuku kuning dan tunggu hingga mengering.

6. Merendam dengan Air Garam

Ilustrasi garam yang merupakan bumbu dapur. (Special)

Garam merupakab bahan yang pasti dimiliki di setiap rumah. Oleh sebab itu, cara memutihkan kuku yang kuning ini sangat mudah dilakukan. Kamu hanya perlu merendam kuku kuning menggunakan air garam 2 kali dalam seminggu.

Memutihkan kuku secara alami ini bisa dilakukan dengan mencampur 4 sampai 5 sdm garam pada air hangat. Lalu rendam kuku tersebut, diamkan selama 20 menit, dan gosok dengan menggunakan sikat gigi.

7. Minyak Zaitun

Cara memutihkan kuku yang kuning adalah menggunakan minyak zaitun. Cara ini juga dapat membuat kuku kuning kembali cerah dengan cepat. Kamu hanya perlu menyiapkan  3-4 sendok makan minyak zaitun. Lalu oleskan kuku dengan minyak zaitun dan pijat pelan-pelan saja. Lakukan hal ini juga setiap hari sampai hasilnya menjadi lebih maksimal.

8. Menghindari Kebiasaan Buruk

Selain menggunakan bahan-bahan di atas, memutihkan kuku secara alami bisa dilakukan dengan menghindari atau setidaknya mengubah kebiasaan buruk. Pasalnya beberapa kebiasaan buruk dapat mengubah kuku kuning. Seperti merokok, begadang, minum alkohol, dan mengonsumsi makanan yang tidak sehat.