Tak Perlu Bingung, Begini Cara Mencari Restoran dan Makanan Halal di Korea

Minggu, 19 Desember 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

Tak Perlu Bingung, Begini Cara Mencari Restoran Dan Makanan Halal Di Korea

Ilustrasi makanan halal di Korea. (Special)

Ladiestory.id - Meningkatnya jumlah wisatawan Muslim di Korea, khususnya dari Indonesia, menarik perhatian Korea Tourism Organization. Demi meningkatkan jumlah pengunjung dari kaum Muslim, kini di Korea telah disediakan infrastruktur ramah Muslim, seperti tempat ibadah, tempat untuk mengambil wudu, serta restoran bersertifikasi halal.

Cara Mencari Restoran dan Makanan Halal di Korea Selatan

Pembangunannya tidak hanya dilakukan di bandara, tapi juga merata ke sejumlah tempat lainnya di Korea. Untuk kaum Muslim, menemukan restoran halal di Korea tentunya menjadi tantangan sendiri. Perlu dipastikan bahan makanannya tidak ada yang mengandung bahan-bahan yang diharamkan. Buat Kamu yang berkeinginan mengunjungi Korea Selatan, simak dulu nih tips mencari makanan halal di Korea serta rekomendasi restoran halal di Korea!

Bertanya langsung kepada masyarakat setempat

Cara Pertama untuk menemukan makanan halal di Korea adalah dengan bertanya langsung pada penduduk setempat. Kuncinya adalah mengetahui beberapa ungkapan dasar untuk menanyakan makanan halal yang ada di Korea Selatan karena kebanyakan pemilik restoran dan penduduk tidak bisa berbahasa Inggris. Selain bertanya pada restoran atau pemilik restoran, Kamu pun bisa bertanya pada polisi turis di jalanan kota besar atau pos informasi untuk bertanya seputar ketersediaan restoran halal yang ada di Korea.

Pergi ke masjid

Masjid di Korea. (koreaherald.com)

Kemudian, tips kedua, Kamu bisa mendatangi masjid. Kini Kamu akan semakin mudah menemukan masjid yang berdiri di Korea Selatan. Selain memungkinkan turis muslim untuk menjalankan ibadah, biasanya ada beberapa restoran di sekitar masjid, misalnya di Masjid Pusat Seoul yang menjadi daerah pusat makanan halal di Korea Selatan.

Mencari restoran yang memiliki label halal

Dimulai dari tahun 2016, Korea Tourism Organization (KTO) telah memberi sertifikasi ke beberapa restoran ramah muslim. Hal ini sebagai bukti kesadaran pemerintah Korea akan kemajuan pariwisata di Korea Selatan. Jadi, saat mencoba mencari makanan, jangan lupa perhatikan label halal yang terpasang pada restoran atau kedai sederhana tersebut. Kamu tak perlu takut mendatangi restoran tersebut karena restoran ini sudah mendapatkan sertifikasi halal dari pihak terkait.

Kemudian, terdapat empat kategori yang diberikan untuk restoran ramah muslim ini, antara lain:

  1. Halal certified: restoran yang sudah mengantongi label halal dari Korean Muslim Federation.
  2. Self-certified: restoran yang menunya terjamin halal. Umumnya dimiliki oleh umat Muslim.
  3. Muslim Friendly: restoran menyediakan makanan yang tidak mengandung babi namun masih menjual alkohol.
  4. Pork free: restoran menyediakan beragam daging selain daging babi.

Makan di restoran vegetarian

restoran halal
Osegyehyang. (Special)

Jika Kamu mengalami kesulitan mencari restoran berlogo halal, Kamu bisa mendatangi restoran vegetarian. Restoran vegetarian tentunya menyajikan beragam menu sayuran tanpa daging apapun. Kamu tak perlu khawatir menu di restoran vegetarian itu tidak variatif karena ada juga menu vegetarian yang bisa bikin kenyang, misalnya bibimbap, kimchi jjigae atau sundubu jjigae. Namun, supaya lebih yakin coba pastikan terlebih dulu mengenai bahan-bahan yang dipakai dalam masakan apakah bahan masakannya mengandung bahan non-halal.

Mengecek label restoran halal melalui aplikasi smartphone

Untuk membantu Kamu yang sedang kebingungan mencari restoran halal, Kamu bisa mencari restoran halal di Korea dengan bantuan aplikasi smartphone seperti Halal Korea milik Lembaga Pangan Pemerintah Korea Selatan atau aplikasi sejenis lainnya. Kamu akan dapat menemukan restoran halal sekaligus supermarket halal dengan camilan yang bisa dikonsumsi atau tidak.

Tak hanya dapat membantu mencari restoran dan supermarket Halal, Halal Korea pun juga punya fitur scan untuk mengecek kadar kehalalan sebuah snack jika di dalam snack tersebut tidak dapat ditemukan logo halalnya.