Aman, 5 Cara Mencerahkan Kulit Bayi 1 Tahun secara Alami

Minggu, 2 Januari 2022 | 20:00:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Aman, 5 Cara Mencerahkan Kulit Bayi 1 Tahun Secara Alami

Ilustrasi bayi 1 tahun. (Special)

Ladiestory.id - Bayi yang masih berusia 1 tahun biasanya memiliki kulit yang bersih dan cenderung lebih putih. Akan tetapi, pada dasarnya setiap warna kulit bayi tak ada bedanya.

Pada beberapa kasus, ada bayi yang terlahir dengan kulit putih, tapi berubah menggelap setelah umurnya beberapa bulan atau setelah 1 tahun. Untuk menyiasati hal ini banyak orang tua mencoba dengan berbagai cara untuk membuat kulit bayinya lebih cerah.

Cara Menceerahkan Kulit Bayi 1 Tahun

Banyak cara yang bisa Kamu lakukan untuk mengembalikan kulit bayi agar cerah kembali. Tapi, pastikan Kamu menggunakan bahan alami yang aman dan tidak berbahaya, mengingat kulit bayi masih sensitif. 

Berikut cara yang bisa Kamu lakukan untuk mencerahkan kulit bayi 1 tahun dengan alami:

1. Oleskan Minyak Zaitun Sambil Dipijit 

Ilustrasi sedang oleskan minyak zaitun pada bayi. (Special)

Salah satu cara alami yang bisa Kamu terapkan untuk memutihkan kulit bayi adalah dengan mengoleskannya minyak zaitun. Minyak zaitun mampu melembapkan, melembutkan, merawat serta mengatasi ruam pada kulit bayi. Oleskan minyak zaitun setelah bayi dimandikan dan pijat-pijat dengan lembut. 

2. Berikan Lebih Banyak Jus Buah

Ilustrasi perempuan sedang memberikan jus buah pada bayinya. (Special)

Buah-buahan dalam perawatan kulit bayi merupakan salah satu cara yang alami dan aman, sebab tidak mengandung bahan kimia. Untuk merawat kulit bayi, pastikan Kamu pilih buah-buahan yang banyak mengandung vitamin C dan E. Kamu hanya perlu mengolahnya menjadi jus yang kemudian berikan pada bayi untuk diminumnya. 

3. Mandikan dengan Suhu yang Tepat

Ilustrasi bayi sedang mandi. (Special)

Cara memutihkan kulit bayi selanjutnya adalah dengan memilih suhu air mandi yang tepat. Kulit bayi tentu tak bisa menahan suhu yang tinggi, jadi pastikan Kamu menggunakan air dengan suhu  suam-suam kuku sekitar 36 derajat Celsius. Dengan suhu air yang tepat, kulit bayi bisa lebih bersih sehingga cenderung tampak cerah dan terawat.

4. Balurkan dengan Campuran Madu dan Sari Jeruk Nipis

Ilustrasi madu dan jeruk nipis. (Special)

Cara alami yang bisa dilakukan untuk memutihkan kulit bayi adalah dengan membalurkan campuran madu dan sari jeruk nipis. Madu mampu menjaga kulit bayi tetap sehat, campurkan madu dengan sari buah jeruk nipis dan balurkan ke seluruh tubuh bayi sambil dipijit-pijit dengan lembut. 

5. Oleskan dengan Campuran Susu dan Bubuk Kunyit

Ilustrasi susu dan bubuk kunyit. (Special)

Bubuk kunyit dan susu bisa jadi pilihan untuk memutihkan kulit bayi. Caranya, cukup campurkan susu putih dengan kunyit bubuk aduk hingga menjadi pasta. Setelah itu, oleskan pada seluruh tubuh bayi hingga kering. Jika sudah mengering, mandikan bayi tanpa menggunakan sabun sampai benar-benar bersih. 

6. Jemur pada Pagi Hari

Ilustrasi bayi dijemur. (Special)

Cara lainnya untuk memutihkan kulit bayi 1 tahun secara alami adalah dengan menjemur bayi pada pagi hari.  Berjemur buat bayi bukan hanya baik untuk kesehatan tulang dan gigi, tapi juga bisa mencerahkan kulitnya. Karena sinar matahari yang mengandung vitamin D dapat membentuk pigmen kulit bayi jadi lebih sehat dan tampak cerah.