Tidak Susah, Begini Cara Jaga Kulit Eksotis Tetap Sehat

Kamis, 16 Desember 2021 | 16:00:00

Sofiatun Hasanah

Penulis : Sofiatun Hasanah

Tidak Susah, Begini Cara Jaga Kulit Eksotis Tetap Sehat

Tara Basro. (Instagram.com/tarabasro)

Ladiestory.id - Kulit eksotis kebanyakan dimiliki oleh wanita Asia, khususnya di wilayah iklim tropis seperti Indonesia. Kulit eksotis atau sawo matang menjadi ciri khas orang Indonesia dan memiliki daya tarik sendiri.

4 Cara Menjaga Kulit Eksotis Tetap Sehat dan Cerah

Bagi Kamu yang memiliki kulit eksotis, jangan pernah merasa minder, ya. Kamu bisa melakukan beberapa perawatan berikut ini untuk merawat kulit eksotismu tidak kusam dan tetap sehat.

1. Gunakan Daily Essential Skin Care secara Teratur

Ilustrasi skincare harian. (Spesial)

Kunci utama dari kulit yang sehat dan cerah adalah perawatan kulit harianPerawatan kulit harian sangat penting untuk merawat kulit eksotis atau sawo matang agar kulit tidak kusam. Jika kulit eksotis atau sawo matang terlihat kusam, maka akan menjadikan kulit terlihat lebih gelap. JadiKamu harus selalu rutin merawat kulit eksotismu setiap hari ya, agar tidak semakin kusam.

Perawatan kulit yang wajib Kamu lakukan setiap hari antara lain adalah menggunakan sunscreen dengan kandungan SPF 20 hal ini berfungsi untuk mencegah kulit hitam akibat paparan sinar matahari. Selain itu, gunakan juga produk skincare seperti serum, moisturizer, dan juga lotion yang memiliki kandungan bahan pencerah seperti vitamin C, retinoid acid, dan kojic acid untuk membuat kulit terlihat lebih sehat dan cerah.

2. Gunakan Lulur secara Rutin

Ilustrasi menggunakan lulur. (Spesial)

Perawatan kulit selanjutnya yang bisa Kamu lakukan adalah dengan menggunakan lulur berbahan alami secara rutin. Nah, untuk kulit eksotis atau sawo matang, treatment lulur ini bisa menjadi salah satu perawatan untuk membuat kulit terlihat lebih sehat terawat dan glowing. 

Lulur bisa mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang menyebabkan kulit kusam. Lalu, dengan kandungan bahan alami yang digunakan dalam lulur seperti bengkuang, kunyit, kopi, dan bahan lainnya yang mengandung antioksidan dan vitamin  sehingga dapat membantu mencerahkan kulit secara efektif. Hasilnya, kulit eksotis atau sawo matang bisa terlihat lebih sehat dan cerah.

3. Hindari Kebiasaan Buruk yang Menjadikan Kulit Kusam

Perawatan kecantikan kulit memang tak pernah lepas dari kebiasaan kita sehari-hari. Kebiasaan buruk seperti minum-minuman beralkohol, merokok, dan jarang membersihkan wajah dapat membuat kulit semakin kusam serta mempercepat proses penuaan. 

Jika Kamu memiliki kebiasaan dan pola hidup yang buruk seperti ini, otomatis kulit eksotis atau sawo matangmu akan terlihat kusam dan tidak sehat. Oleh sebab itusebaiknya hentikan kebiasaan buruk ini demi mendapatkan kulit sehat yang cerah.

4. Konsumsi Makanan yang Sehat

Ilustrasi makanan sehat. (Spesial)

Selain melakukan perawatan kulit dari luar, Kamu juga harus melakukan perawatan dari dalam agar mendapatkan hasil yang lebih optimal. Salah satu hal yang bisa Kamu lakukan untuk merawat kulit dari dalam adalah dengan mengontrol pola makan dan jenis makanan yang Kamu konsumsi. Agar kulit tetap sehat dan cerah ,Kamu bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan antioksidan dan juga vitamin yang diperlukan kulit seperti vitamin A, C, E, dan betakaroten.

Selain itu, Kamu juga bisa mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3 seperti ikan salmon, tenggiri, tuna, dan yang lainnya. Lalu yang terpenting, jangan lupa juga untuk selalu minum air putih secukupnya yaitu 8 gelas setiap hari untuk menjaga kulit agar tidak dehidrasi. Seperti yang Kamu tahu, kulit yang dehidrasi akan membuat kulit terlihat lebih kusam. Jadi, jaga pola makanmu ya, agar kulitmu yang eksotis tetap sehat dan cerah.