Begini Cara Menutupi Jerawat Tanpa Concealer, Mudah Diterapkan

Sabtu, 21 Agustus 2021 | 00:01:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

Begini Cara Menutupi Jerawat Tanpa Concealer, Mudah Diterapkan

Foto: Ladiestory.id

Jerawat yang juga sering disebut acne adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak berlebih. Jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati.

Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil yang terkadang berisi nanah di atas kulit.

Banyak orang yang tidak percaya diri dengan jerawat. Terlebih bekas jerawat yang susah hilang akan membuat kepercayaan diri seorang wanita.

Tak jarang bagi mereka menutupi jerawat dengan make up. Terlebih sekarang ada salah satu produk make up bernama concealer yang difungsikan untuk menutupi permasalahan kulit.

Cara Menutupi Jerawat Tanpa Concealer

Concealer merupakan salah satu produk makeup yang wajib ada di dalam tas kosmetik. Tak hanya bisa diandalkan untuk menutupi lingkaran hitam di bawah mata, concealer juga punya banyak fungsi lainnya.

Seperti arti dari namanya, concealer berfungsi untuk menutupi atau menyamarkan kekurangan di kulit wajah, baik itu lingkaran hitam, noda, bekas luka, atau sekadar membuat warna kulit terlihat lebih rata.

Bahkan concealer terdiri dari beberapa jenis beserta fungsi diantaranya liquid concealer, cream concealer, stick corrector.

Harga concealer di pasaran pun beragam dan tidak sedikit yang dijual dengan harga cukup affordable. Namun, apakah ada cara menutupi jerawat tanpa concealer? Biar tahu, simak ulasan berikut ini!

1. Cushion dapat digunakan untuk menutupi jerawat

Foto: instagram.com/makeoverid

 

Daripada menambah produk make up yakni concealer, lebih baik gunakan cushion sebagai base make up. Anda bisa memilih cushion yang memiliki coverage medium to full agar menjadi salah satu cara menutupi jerawat tanpa concealer.

Meski memilih cushion dengan coverage tinggi, Anda juga harus memilih formula yang ringan. Agar make up tidak creasing, cracking, bahkan terlihat berdempul. Namun, Anda harus menggunakan cushion yang memang cocok untuk jenis kulit Anda. Sebab, jika salah menentukan cushion, sama saja akan menimbulkan jerawat.

Nah, Anda bisa gunakan cushion ke seluruh wajah untuk mendapatkan warna kulit yang lebih merata. Namun agar jerawat dan bekasnya tidak terlihat, sebaiknya tambahkan 1 layer cushion pada kulit wajah kamu.

Ada satu tips untuk Anda yang menggunakan cushion agar  bercampur dengan warna kulit dan terlihat lebih natural. Anda hanya perlu mengaplikasikan cushion ke wajah dengan cara menarik ke atas.

2. Mengompres es batu bantu menghambat pertumbuhan jerawat

Foto: Ladiestory.id

 

Rupanya cara menutupi jerawat tanpa concealer bisa dengan es batu. Bagaimana caranya? Anda bisa menggunakan es batu yang dibungkus dengan  tisu atau handuk yang steril. Cukup dengan mengompres selama 30 – 60 detik. Anda juga harus memastikan agar es batu tidak menempel secara langsung ke kulit.

Sebab es batu dapat membantu menyebabkan vasokonstriksi jangka pendek pada pembuluh darah. Hal ini akan membantu menghambat pertumbuhan jerawat untuk sementara.

3. Gunakan acne spot treatment untuk merawat jerawat dan bekasnya

Foto: Ladiestory.id

 

Acne spot treatment adalah salah satu produk skincare tambahan yang membantu mengatasi permasalahan jerawat. Produk ini biasanya dijadikan andalan oleh kaum hawa untuk menyembuhkan jerawat dalam waktu singkat.

Anda juga bisa menggunakan acne spot treatment yang menjadi salah satu cara menutupi jerawat tanpa concealer. Sebab acne spot treatment memiliki kandungan sulfur, salicylic acid, atau benzoyl peroxide. Nah kandungan-kandungan tersebut dapat mempercepat penutupan luka pada jerawat. Selain itu dapat menunda jerawat yang akan muncul dan mengurangi bekas jerawat.

Inilah 3 cara cara menutupi jerawat tanpa concealer. Namun alangkah baiknya untuk menghindari penggunaan make up jika jerawat sedang meradang. Sebab, bahan-bahan kimia di dalam make up dapat membuat jerawat semakin parah.

Berita Terkait