Mau Rambut Sehat Walau Sering Dicatok? Lakukan 7 Cara Ini!

Rabu, 12 Januari 2022 | 16:30:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Mau Rambut Sehat Walau Sering Dicatok? Lakukan 7 Cara Ini!

Ilustrasi perempuan sedang mencatok rambut. (Special)

Ladiestory.id - Catok banyak dipilih orang sebagai alternatif untuk mendapatkan rambut yang lurus dan rapi. Namun tanpa diimbangi dengan perawatan yang benar, rambut yang sering dicatok rawan alami kerusakan.

Hasilnya, rambut jadi rontok, bercabang dan patah-patah. Nah, buat Kamu yang sering mencatok rambut, berikut Ladiestory.id merangkum cara rawat rambut yang sering dicatok agar tetap sehat. 

1. Pilih Alat Catok yang Berkualitas

Ilustrasi rambut yang sedang dicatok. (Special)

Alat catok memang berfungsi sama, namun tentunya setiap merek punya efek yang beda pada rambut. Sehingga penting buat Kamu untuk memilih alat catok yang bagus dan berkualitas. Catok berkualitas harganya tak harus yang mahal. 

Adapun alat catok yang berkualitas adalah dilapisi dengan pemanas dari emas, titanium, atau keramik. Alat catok yang dilapisi tiga lapisan tersebut akan menyebarkan panasnya secara merata. Sehingga diyakini tidak bikin rambut rusak. 

Kemudian, pada alat catok itu juga harus punya pengatur suhu. Karena ada juga alat catok yang pengatur suhunya otomatis di atas 200 derajat Celsius. Padahal pengaturan suhu sesuai kebutuhan rambut bisa mengurangi efek buruk catok.

2. Jangan Keramas Tiap Hari

Ilustrasi perempuan sedang keramas. (Special)

Keramas tiap hari bisa membuat rambut jadi kering. Apalagi setelah keramas, Kamu menggunakan alat catok yang panas Itulah yang bikin rambut jadi kering.

Sebaiknya, keramas rambut dua atau tiga hari sekali. Gunakan juga conditioner setelah keramas, agar rambut lembut dan ternutrisi dengan baik. 

3. Pakai Sampo yang Mengandung Keratin

Ilustrasi shampo yang mengandung keratin. (Special)

Ketika Kamu mencatok, maka protein alami yang ada di rambut makin lama akan rusak. Untuk mengatasi kerusakan tersebut, rambut perlu mendapat protein tambahan. 

Protein alami tersebut bisa didapatkan dari sampo dan conditioner yang mengandung  keratin. Keratin mampu meregenerasi sel rambut yang alami kerusakan. Tambahkan juga serum atau minyak rambut untuk perawatan maksimal. 

4. Pakai Masker Rambut

Ilustrasi perempuan senang pakai masker rambut. (Special)

Bukan wajah yang perlu memakai masker dalam rangkaian perawatannya. Rambut juga juga diberi masker untuk mengembalikan nutrisi alami rambut, yang hilang karena sering dicatok. Gunakan masker rambut setidaknya seminggu sekali dengan rutin. Pilih produk yang sesuai dengan kebutuhan rambut Kamu. 

5. Pakai Serum

Ilustrasi perempuan sedang pakai serum rambut. (Special)

Perawatan selanjutnya yaitu dengan memakai serum pelindung panas khusus untuk rambut. Gunakan serum secukupnya setelah keramas.

Jangn lupa baca aturan pakainya. Karena setiap produk berbeda cara pakainya, ada yang penggunaanya saat rambut sudah kering. Namun ada juga saat rambut masih lembab atau setengah kering sudah bisa dipakaikan serum.

6. Pakai Vitamin Rambut

Ilustrasi perempuan sedang pakai serum rambut. (Special)

Cara rawat rambut yang sering dicatok selanjutnya adalah dengan rajin menggunakan vitamin rambut. Gunakan setelah keramas dalam keadaan rambut setengah kering. 

Jangan gunakan saat rambut masih sangat basah atau sudah kering. Hal ini justru tidak akan berpengaruh apa-apa pada rambut nantinya. Penggunaan vitamin rambut agar lebih lembut dan kuat. 

7. Potong Ujung Rambut

Ilustrasi perempuan sedang potong ujung rambut. (Special)

Rambut yang sering dicatok biasanya akan bercabang atau patah-patah pada bagian ujungnya. Bila terjadi demikian, potong ujung rambut yang patah atau bercabang, setidaknya sebulan sekali. Perawatan rambut ini disebut trimming, yaitu menghilangkan rambut bercabang agar tumbuh kembali dengan baik.