Cegah Kulit Kering dan Kusam, Ini Cara Rawat Wajah Saat di Pesawat

Minggu, 4 Desember 2022 | 20:26:00

Cegah Kulit Kering Dan Kusam, Ini Cara Rawat Wajah Saat Di Pesawat

Cara Merawat Wajah Saat di Pesawat. (special)

Ladiestory.id - Pernah mengalami kulit kering dan kusam setelah penerbangan? Bila pernah, mungkin saja ini akibat dari kurangnya perawatan kulit yang kamu lakukan ketika berada di pesawat. 

Seperti yang diketahui, tingkat kelembapan dalam kabin pesawat cenderung rendah, bahkan sama rendahnya dengan udara di Gurun Sahara. Udaranya sangat kering dan juga penuh dengan kuman, sehingga bisa membuat wajahmu tampak kurang segar ketika mendarat di tempat tujuan.

Hal ini menyebabkan frustrasi bagi mereka memiliki rencana liburan atau acara penting yang harus dihadiri. Untuk itu, lakukan beberapa perawatan kulit wajah selama di pesawat, mulai dari mencuci muka hingga memakai sunscreen

Bersihkan wajah sebelum dan sesudah penerbangan

Ilustrasi mencuci muka. (Special)

Bagi kamu yang melakukan penerbangan panjang, wajib hukumnya untuk membersihkan wajah sebelum dan sesudah perjalanan. Gunakanlah metode double cleansing untuk membersihkan pori-pori yang tersumbat kotoran.

Double cleansing diawali dengan penggunaan micellar water atau cleansing balm. Kemudian, diikuti dengan sabun pencuci muka sesudahnya. Setelah itu, jangan menyentuh wajah jika kamu habis memegang spot yang kotor.

Hidrasi kulit dan minum air putih

Ilustrasi minum air putih. (Special)

Hempas kulit kering dengan minum air putih sebelum penerbangan. Semakin banyak kelembapan yang kamu miliki, semakin terhidrasi pula kulit wajahmu.

Meski dianjurkan untuk banyak minum, jangan mengonsumi kopi secara berlebihan. Pasalnya, kandungan kafein memicu munculnya rasa gelisah.

Selain minum, gunakan pula serum yang mengandung asam hialuronat untuk menjaga tingkat kelembapan kulit. Bahan skincare ini juga bermanfaat untuk menjaga kulit tetap halus dan lembut.

Pakai masker satu hari sebelum terbang

Ilustrasi masker. (Special)

Tingkat kelembapan yang lebih rendah dapat membuat kulit terasa kering. Untuk itu, pakailah sleep mask semalaman sehari sebelum dijadwalkan terbang. Bila tidak sempat, kamu bisa melakukannya sebelum naik pesawat. 

Ingredients masker yang cocok untuk kulit kering adalah asam hyaluronic, shea butter, dan lidah buaya. Masker ini berfungsi untuk menutrisi kulit dan memberikan kelembapan ekstra. Kamu bisa menggunakan masker jenis sheet mask agar lebih praktis dan mengandung serum serta vitamin. 

Jangan lupakan sunsceen 

Ilustrasi sunscreen. (Special)

Jangan lupa memakai sunsceen bila kamu terbang di siang hari. Sunscreen sama pentingnya saat kamu berada di udara maupun di darat. Melansir wmagazine, penelitian menunjukkan bahwa tingkat radiasi UV dua kali lebih tinggi pada 30.000 mil (ketinggian sebagian besar penerbangan komersial) daripada di permukaan tanah. 

Pakailah sunsceen yang memiliki SPF 30 atau lebih tinggi. Selain memakai sunscreen di wajah, oleskan juga hand cream dan lip balm yang mengandung SPF untuk bagian tubuh lain.