5 Cara Pemakaian Conditioner yang Tepat agar Rambut Sehat Maksimal

Kamis, 2 Desember 2021 | 17:08:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Cara Pemakaian Conditioner Yang Tepat Agar Rambut Sehat Maksimal

Foto: Ladiestory.id

Ladiestory.id - Conditioner adalah produk perawatan rambut setelah keramas dengan sampo. Bila sampo dipakai untuk membersihkan minyak berlebih serta kotoran yang menempel pada rambut, maka fungsi kondisioner dibuat khusus untuk membuat rambut lebih lembut, mudah diatur, serta melindungi rambut dari kerusakan.

Pemakaian kondisioner pun haruslah tepat sesuai dengan jenis rambut untuk membantu memperkuat folikel rambut  dan mencegah kerusakan rambut.

Cara Pemakaian Conditioner yang Tepat

Sebelum menggunakan conditioner, kamu harus mencuci rambut dengan menggunakan sampo terlebih dahulu. Kamu bisa pakai sampo yang sesuai dengan jenis dan masalah rambut yang tengah kamu alami.

Pemakaian sampo ini bertujuan untuk membersihkan minyak berlebihan, sel kulit mati, dan kotoran lainnya yang menempel pada rambut. Setelah keramas bilas rambut sampai bersih menggunakan air dan pastikan tidak ada kotoran rambut yang tersisa. Selanjutnya barulah menggunakan conditioner rambut.

Adapun cara pemakaian kondisioner yang tepat agar rambut sehat yaitu dengan tahapan seperti berikut:

1. Tuangkan Conditioner Secukupnya

Foto: Ladiestory.id

Cara pemakaian conditioner pertama dengan dengan menuangkan kondisioner pada telapak tangan secukupnya. Sesuaikan takaran conditioner yang akan dipakai dengan volume rambut kamu.

Dengan begitu pemakaian conditioner akan  maksimal dan rambut bisa menyerap kandungan kondisioner dengan baik.

2. Gunakan pada Ujung Rambut dan Bagian Tengah Rambut

Gunakan conditioner hanya pada ujung-ujung rambut saja, tapi bagi kamu yang punya rambut panjang gunakan conditioner dari ujung rambut hingga sepertiga atau setengah rambut. Hindari pemakaian conditioner hingga kulit kepala. Hal ini akan membuat kulit kepala jadi berminyak dan rambut jadi lepek.

3. Ratakan ke Seluruh Rambut

Selanjutnya ratakan conditioner pada semua helaian rambut secara menyeluruh dengan menggunakan jari-jari tangan, atau bisa juga dengan mengapitnya menggunakan kedua telapak tangan pada helaian rambut. Hindari terkena kulit kepala ketika meratakan conditioner rambut.

Kemudian, sisir rambut dengan menggunakan sisir yang bergigi lebar untuk membuat rambut lebih gampang  diatur dan tidak kusut. Menyisir rambut juga akan membuat kondisioner masuk hingga  ke helaian rambut paling dalam.

4. Diamkan 1 - 2 Menit

Tahapan selanjutnya adalah mendiamkan kondisioner pada rambut dalam  1 hingga 2 menit. Tahap ini tujuannya agar kandungan nutrisi pada kondisioner bisa menyerap sempurna pada rambut kamu.

5. Bilas Rambut

Foto: Ladiestory.id

Setelah 2 menit didiamkan barulah bilas rambut dengan air hingga benar-benar bersih sempurna. Kamu bisa gunakan air hangat atau juga bisa dengan air dingin untuk membilasnya. 

Kamu bisa merasakan rambut  bersih ketika kamu menyentuh rambut tidak lagi terasa licin.

Nah, begitulah 5 cara pemakaian conditioner dengan tepat agar rambut sehat maksimal. Selain melakukan perawatan rambut dengan keramas dan kondisioner, ada baiknya kamu menambahkan produk lain, seperti hair oil, hair tonik, dan lain sebagainya.

s