Cara Tetap Happy Saat Harus Membagi Waktu Antara Pekerjaan dan Rumah Tangga

Selasa, 16 Maret 2021 | 22:12:51

LS Parenting

Penulis : LS Parenting

Cara Tetap Happy Saat Harus Membagi Waktu Antara Pekerjaan Dan Rumah Tangga

Menjadi seorang ibu tentunya bukanlah sebuah peran yang mudah. Pastinya kehadiran si kecil menambahkan semangat dan keceriaan di dalam rumah. Namun ada kalanya, terjadi hal-hal di luar kendali yang membuat kamu lelah dan sakit kepala.

Dengan menjadi seorang ibu, kamu pasti cenderung memprioritaskan segala hal untuk sang buah hati. Tapi jangan sampai hal itu membuat kamu lupa untuk menyisihkan waktu untuk merawat diri sendiri ya. Nah, untuk para ibu yang selalu sibuk sepanjang hari, berikut tips realistis yang bisa kamu lakukan sehari-hari.

Makan dan Minum

Oke, ini mungkin terdengar simpel. Tapi kenyataannya, banyak orang tua yang sering lupa untuk makan atau makan hanya sambil lalu karena sibuk menyuapi si kecil. Tips dari , kamu bisa bangun lebih pagi untuk sekedar menikmati secangkir kopi hangat dan sepotong roti bakar.

Olahraga

Sebagai ibu, sudah banyak sekali hal yang kamu kerjakan yang membuat badan kamu sakit. Kenapa harus olahraga lagi? Sebenarnya, tujuan olahraga ini adalah untuk membuat tubuh kamu lebih bugar dan tidak mudah kelelahan atau kesakitan. Dengan begitu, kamu bisa tetap fit. Kamu bisa mencoba 7-minute workout di rumah saat si kecil sedang tidur siang.

Merawat Diri

Meskipun kebanyakan waktumu dihabiskan di rumah,  bukan berarti kamu tidak bisa merawat diri supaya tetap cantik. Di akhir pekan saat suami di rumah seharian, ambillah waktu agak lama untuk mandi dan keramas dengan air hangat. Setelah itu kamu bisa menggunakan perawatan wajah atau masker supaya tubuh semakin fresh.

Beristirahat

Sisihkanlah waktu untuk dirimu sendiri. Misalnya di malam hari saat anggota keluarga sudah tidur, kamu bisa menghabiskan waktu untuk membaca buku, mendengarkan podcast dan memanjakan diri dengan aromaterapi. Sesekali, kamu bisa memanggil jasa perawatan seperti spa atau manicure-pedicure di rumah.

Lakukan Hobimu

Dengan menjadi ibu pun, kamu tetap bisa memiliki hobi. Tetapi, ada baiknya apabila hobi kamu bisa dilakukan dari rumah. Contohnya seperti berkebun. Rumah kamu jadi dipenuhi dengan banyak tanaman hijau yang tidak hanya menyenangkan hati tetapi juga bisa menjadi media pembelajaran si kecil. Tetapi perlu diingat, hobi kamu jangan sampai malah membuat kamu tambah stres. Sebaiknya, hobi kamu menjadi media untuk lebih rileks dan santai.

Bersosialisasi

Ikutilah kelas-kelas untuk ibu dan anak. Baik kamu maupun si kecil pun bisa menambah teman baru. Untuk para ibu, kalian bisa berbagi tips dan trik untuk menjaga anak. Sedangkan si kecil jadi tidak bosan hanya bermain sendiri atau dengan saudara. Atur waktu untuk bermain di rumah atau jalan-jalan ke luar bersama-sama.

Berlapang Dada

Bayi dan anak berusia di bawah lima tahun pasti sangat aktif kesana kemari dan melakukan kekacauan. Jangan terlalu memusingkan hal tersebut. Ruangan yang berantakan adalah sesuatu yang wajar. Sebagai gantinya, coba mulai memberikan pengertian kepada si kecil untuk merapikan mainannya sendiri dan membantu ibu untuk membereskan barang.

Saat kamu sudah tidak bisa mengendalikan semuanya sendiri, tidak ada salahnya kamu meminta bantuan pada orang lain. Jangan merasa bersalah atau tidak enak hati, orang-orang di dekatmu pastinya tidak akan merasa keberatan membantu kamu sesekali dan bermain dengan si kecil. Semoga tips ini bisa membuat hidup kamu lebih seimbang dan pikiranmu lebih tenang, ya! Stay Happy!

Sumber Foto Utama: istockphoto.com