Cari Rumah Pertama, Begini Tips dan Trik untuk Generasi Milenial

Rabu, 22 Desember 2021 | 10:45:00

Arfiah Ramadhanti

Penulis : Arfiah Ramadhanti

Cari Rumah Pertama, Begini Tips Dan Trik Untuk Generasi Milenial

Ilustrasi rumah kopel. (Special)

Ladiestory.id - Industri properti di tanah air terus berkembang, meskipun pandemi COVID-19 merupakan sebuah tantangan besar bagi semua industri. Data perkembangan industri properti Bank Indonesia menunjukkan penjualan properti pada kuartal III 2021 tumbuh sebesar 13,95 persen dibanding tahun yang sama di periode sebelumnya.

Kebutuhan rumah tapak juga masih banyak diminati oleh end-user meskipun dalam kondisi pandemi, terlihat dari data JLL yang disampaikan pada kegiatan CoTalks, menunjukkan permintaan secara kumulatif meningkat rata-rata 9.000 unit pada paruh pertama 2021. Angka ini diperkirakan akan stabil pada 2022. 

Generasi milenial yang berada di rentang usia 24 sampai 39 tahun mungkin sudah memiliki atau sudah berencana membeli rumah dan hunian untuk masa depan. Saat ini mereka sedang berada di rentang usia produktif dan banyak di antaranya adalah konsumen properti untuk pertama kali. Oleh karena itu, penting bagi generasi milenial untuk tahu apa saja sih yang harus diperhatikan sebelum membeli rumah? Apakah perlu mempertimbangkan pembelian rumah baru (primer) atau seken (sekunder)? Bagaimana dengan harga rumah, sistem pembayaran hingga fasilitas dari penyedia atau developer? 

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, Pinhome sebagai pionir e-commerce properti di Indonesia membagikan beberapa tips dan trik bagi milenial yang berencana mencari dan membeli rumah pertamanya. Simak tips dan triknya berikut ini. 

Ketahui Hal-Hal yang Menjadi Pertimbangan Dalam Pembelian Rumah

Data JLL juga menunjukkan bahwa pada 2021, rumah yang mendapatkan permintaan paling banyak adalah yang harganya berkisar 1,3 sampai 2 miliar. Hal ini menunjukkan bahwa affordability merupakan salah satu faktor esensial bagi orang-orang sebelum membeli properti. Selain itu, faktor utama lain yang tak kalah pentingnya adalah lokasi properti yang sesuai dengan tempat mereka beraktivitas.

“Untuk milenials, salah satu hal yang harus diperhatikan juga adalah luas tanah dan luas bangunan. Mungkin untuk keluarga kecil luas tanah sekitar 60m2 dengan dua kamar sudah cukup. Namun saat seseorang sudah memiliki dua anak, kebutuhannya menjadi berubah karena membutuhkan area yang lebih luas dan ruangan yang lebih banyak. Untuk mendukung kehidupan sehari-hari, fasilitas pendukung yang ada di sekitar lokasi juga sangat penting dipertimbangkan. Hal ini dapat berupa keamanan, taman bermain untuk anak, atau tempat ibadah," ujar Johanes Thung, Senior Sales & Business Development Pinhome.

Untuk milenial, aksesibilitas juga harus menjadi pertimbangan sebelum membeli properti, karena mereka akan cenderung memilih hunian yang dekat dengan akses transportasi, fasilitas umum, dan layanan-layanan lainnya. 

Kenali Karakteristik Properti Primer dan Sekunder

Karakteristik pilihan rumah. (PinHome)
Karakteristik pilihan rumah. (PinHome)

Pilihan properti atau rumah primer dan sekunder memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing, sesuai dengan kebutuhan pembelinya. Pinhome merangkum beberapa karakteristik masing-masing properti sebagai berikut:

Properti primer

Memiliki keunggulan desain lebih modern karena biasanya properti ini merupakan bangunan baru. Oleh karena itu, pembayaran untuk rumah ini juga memiliki lebih banyak opsi dan administrasi yang lebih mudah untuk diurus dibandingkan rumah sekunder.

Namun rumah tipe ini juga memiliki kekurangan, yakni rumah tersebut belum tentu langsung bisa dihuni karena masih dalam pembangunan. Harga yang ditawarkan juga biasanya relatif mahal, kecuali properti tersebut masih dalam tahap konsep. 

Properti Sekunder

Tidak hanya properti primer, properti sekunder juga memiliki keunggulan di mana properti ini tentu siap untuk dihuni dan cenderung memiliki harga yang lebih murah karena dihitung berdasarkan luas bangunan atau tanah, juga penawaran harga yang lebih fleksibel. Selain itu, tentunya lokasi properti ini juga bisa relatif strategis, menyesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan pembeli.  Namun, opsi pembiayaan untuk pembelian properti sekunder ini terbatas dan mungkin juga membutuhkan renovasi, tergantung kondisi bangunan ketika dibeli.

Ketahui Kebutuhan Finansial yang Harus Disiapkan Sebelum Membeli Rumah

Kebutuhan Finansial. (PinHome)
Perbedaan Kebutuhan Finansial. (PinHome)

Dalam proses pembelian rumah, tidak hanya biaya pembelian rumah yang harus disiapkan, namun beberapa biaya untuk kebutuhan administrasi lainnya, baik saat pembelian maupun setelah pembelian rumah.  Biaya pembelian biasanya mencakup down payment, Bea Perolehan Hak atas Tanah dan Bangunan (BPHTB), Biaya Akta Jual Beli (AJB) dan balik nama, serta biaya KPR.

Untuk pembelian rumah sekunder, akan ada pula biaya tambahan yaitu biaya notaris dan biaya appraisal. Biaya setelah pembelian biasanya meliputi biaya pengisian perabotan dan biaya pemeliharaan. Untuk rumah sekunder mungkin ada biaya lain yang harus dikeluarkan seperti biaya renovasi.