Cegah Kekerasan Seksual pada Anak, Ini yang Harus Diperhatikan Orang Tua

Minggu, 18 September 2022 | 16:00:00

Andi Afifah

Penulis : Andi Afifah

Cegah Kekerasan Seksual Pada Anak, Ini Yang Harus Diperhatikan Orang Tua

Ilustrasi Kekerasan Seksual pada Anak (Special)

Ladiestory.id - Kekerasan seksual bisa terjadi dimana dan siapa saja. Dirangkum dari berbagai sumber pada Minggu (18/09/2022), data dari Kemeterian Perlindungan Perempuan dan Anak mencatat kasus kekerasan anak yang terjadi pada Januari-Juni 2020 sebanyak 1.848 kasus kekerasan seksual.

Angka yang tergolong tinggi ini memerlukan penanganan dan pencegahannya. Untuk itu, peran orang tua sangatlah penting dalam hal ini. Berikut yang perlu orang tua ajarkan pada anak untuk mencegah terjadinya kekerasan seksual.

Jalin Komunikasi pada Anak

Komunikasi pada Anak (Special)

Adanya komunikasi antara anak dan orang tua adalah hal yang penting. Dengan adanya komunikasi yang baik, maka kekerasan seksual bisa dicegah. Sebagai orang tua, kamu akan tau dengan siapa anak bermain dan berinteraksi, melalui cerita anak. Jaga hubungan dan komunikasi agar anak dapat bercerita dengan leluasa. Dengan begitu kamu  akan tahu kondisi anak.

Kenalkan Bagian Tubuh pada Anak

Ilustrasi Mengenalkan Anggota Tubuh (Special)

Sebagai orang tua, kamu bisa kenalkan bagian-bagian tubuh beserta fungsinya. Jelaskan juga mana organ tubuh yang boleh dilihat dan mana yang tidak boleh dilihat dan disentuh oleh orang lain.

Batasi Tontonan pada Anak

Ilustrasi Anak Menonton (Special)

Di era digital, peran orang tua sangatlah penting. Apa yang diakses  anak harus dibatasi sesuai dengan umurnya. Kamu bisa memberikan jam tertentu untuk anak bermain dan nonton. Jangan sungkan juga untuk mendampingi dan mengedukasi anak ketika menonton.

Jelaskan Perbedaan Alat Kelamin

Ilustrasi Simbol Toilet Perempuan dan Laki-laki (Special)

Kamu perlu mengajarkan perbedaan kelamin perempuan dan laki-laki. Ajarkan juga ketika berada di area umum, agar menggunakan toilet sesuai dengan jenis kelamin. Sarankan juga agar berada di area khusus perempuan ketika dalam kendaraan umum seperti kereta atau bis. Hal ini akan mencegah anak dari pelecehan seksual.

Tanamkan Budaya Malu

Ilustrasi Memakai Baju (Special)

Jangan biasakan anak telanjang ketika keluar dari kamar mandi. Ajarkan anak agar menggunakan handuk untuk menutupi bagian tubuhnya. Jangan biasakan anak menggunakan celana dalam saja ketika dalam rumah. Serta ajarkan anak, agar memakai dan melepas baju ketika di kamar mandi atau bukan ditempat umum.

Hormati Anak

Ilustrasi Anak Mengatakan Tidak (Special)

Mencium anak memang biasa dilakukan orang tua untuk membuktikan kasih sayangnya. Namun ketika anak tidak ingin dicium, alangkah baiknya untuk tidak menciumnya. Karena dengan begitu anak bisa merasa nyaman dan merasa dihargai pendapatnya. Anak juga belajar untuk menolak hal yang membuatnya tidak nyaman.

s