Cegah Sunburn, Ini Tips Pakai Sunscreen yang Wajib Kamu Tahu

Senin, 7 Februari 2022 | 23:00:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

Cegah Sunburn, Ini Tips Pakai Sunscreen Yang Wajib Kamu Tahu

Ilustrasi perempuan terpapar sinar matahari. (Special)

Ladiestory.id - Sunscreen atau tabir surya merupakan salah satu produk yang wajib ada pada rangkaian skincare pagi. Produk ini berguna untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV matahari. Sunscreen perlu diaplikasikan secara menyeluruh pada bagian kulit yang rentan terpapar sinar matahari.

Salah satu tujuan pemakaian sunscreen ialah agar kulit tidak mengalami sunburn. Nah, Ladiestory.id telah merangkum beberapa tips memakai sunscreen yang tepat.

1. Perhatikan Formula Sunscreen

Foto: Ladiestory.id

Kamu harus jeli dengan formula sunscreen. Pasalnya, produk yang mengandung minyak, cenderung berat dan berisiko menyumbat pori, sehingga dapat mengakibatkan munculnya jerawat. Untuk itu, pilih sunscreen yang diklaim non-comedogenic.

Sunscreen yang mengandung minyak pun dapat membuat kulit tampak “berkilau”. Sebaiknya, pemilik kulit berminyak memilih produk produk sunscreen dengan kandungan oil free.

2. Pelembap ber-SPF Tidak Cukup untuk Aktivitas Luar Ruangan

Foto: Ladiestory.id

Kulit wajah tidak cukup terlindungi dengan penggunaan pelembap ber-SPF. Namun, produk ini bisa Kamu gunakan saat aktivitasmu tidak terpapar sinar matahari secara langsung. Produk multifungsi ini perlu ada dalam rak skincare, sebab selain dapat melembapkan juga dapat melindungi kulit meski tak sebaik sunscreen.

3. Aplikasikan 30 Menit Sebelum Beraktivitas

Foto: Ladiestory.id

Ada baiknya Kamu memilih sunscreen dengan kandungan SPF minimal 30. SPF berguna melindungi kulit dari sinar UVB sementara PA+ dapat melindungi kulit dari paparan sinar UVA. Tak kalah penting, aplikasikan sunscreen 30 menit sebelum beraktivitas. Alasannya, agar kulit tidak cepat mengalami sunburn

4. Re-apply Sunscreen

Foto: Ladiestory.id

Perlu diketahui, memakai sunscreen hanya sekali tidak cukup, Ladies. Kamu perlu mengaplikasikan ulang setiap dua jam sekali, apalagi jika aktivitas lebih banyak terpapar sinar matahari. Kamu pun perlu re-apply sunscreen saat kulit terbilas air atau terkena keringat.

5. Pilih Jenis Sunscreen yang Tepat 

Foto: Ladiestory.id

Tahukah Kamu jika sunscreen memiliki beberapa jenis? Pada dasarnya sunscreen dibagi menjadi tiga jenis, yakni chemical sunscreen, physical sunscreen, dan hybrid sunscreen. Chemical sunscreen memiliki tekstur yang cepat menyerap dan tidak lengket dibanding physical sunscreen. Namun, physical sunscreen punya keunggulan yang dapat langsung bekerja setelah diaplikasikan tanpa harus menunggu 20-30 menit.

Sayangnya, physical sunscreen mengandung mineral yang dapat meninggalkan bercak putih atau whitecast pada kulit. Chemical sunscreen juga punya kelemahan, yakni rentan menyumbat pori sehingga dapat menyebabkan jerawat.

Berbeda lagi dengan hybrid sunscreen yang merupakan perpaduan dari chemical sunscreen dan physical sunscreen. Hybrid sunscreen punya tekstur ringan dengan cara kerja layaknya physical sunscreen. Untuk itu, produk hybrid sunscreen cenderung cocok digunakan oleh semua jenis kulit.