Cek Jadwal Kereta Api Medan Binjai, Perjalanan Dikurangi Akibat Pandemi

Rabu, 30 Juni 2021 | 11:47:57

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Cek Jadwal Kereta Api Medan Binjai, Perjalanan Dikurangi Akibat Pandemi

Foto: Twitter/Putu Wardhani

Transportasi umum yang banyak digemari masyarakat adalah kereta api. Pasalnya transportasi ini dapat mengindari macet dan mempercepat perjalanan. Kereta api juga mempermudah ketika ingin berwisata di berbagai daerah.

Kereta api adalah bentuk transportasi rel yang terdiri dari serangkaian kendaraan yang ditarik sepanjang jalur kereta api untuk mengangkut kargo atau penumpang. Gaya gerak disediakan oleh lokomotif yang terpisah atau motor individu dalam beberapa unit.

Stasiun Medan (MDN) adalah stasiun kereta api utama di Medan, Sumatera Utara, yang melayani perjalanan antar kota dan memiliki layanan menuju Bandara Internasional Kualanamu. Jalur rel yang ada di Stasiun Medan terbentang dari utara ke selatan.

Rel menuju ke selatan untuk perjalanan ke Tebing Tinggi, Kisaran, Tanjung Balai, Siantar dan Rantau Prapat. Sedangkan rel menuju ke utara adalah arah perjalanan ke Belawan, Binjai dan Besitang. Stasiun ini juga memiliki city check-in untuk penumpang di Bandara Internasional Kualanamu dan menjadi yang pertama di seluruh Indonesia.

Stasiun Binjai (BIJ) atau yang biasa dikenal sebagai Stasiun Timbang Langkat adalah stasiun kereta api yang terletak di Binjai, Sumatera Utara. Stasiun Binjai masih tetap merupakan bangunan bergaya kolonial sejak pertama kali dibangun.

Foto: Twitter/rizkidwika

Jika kamu ingin berwisata daerah Medan, Binjai, dan sekitarnya maka dapat menggunakan Kereta Api Medan-Binjai. Kabarnya stasiun ini juga kerap kali dijadikan tempat wisata dengan kemegahan arsitektur unik dan gaya bangunan era kolonial.

Memanng jalur kereta api Medan Binjai tidak terlalu jauh. Perjalanan dilakukan kurang dari sejam dengan jarak tempuh sekitar 21 kilometer. Dalam sehari terdapat 12 kali jadwal Kereta Api Medan Binjai dari Stasiun Medan, dan 12 kali keberangkatan juga dari stasiun Binjai.

Kereta Api Disel Sri Lelawangsa yang melayani rute Medan Binjai sendiri sekarang sudah di-upgrade dari kapasitas angkut maksimal 360 penumpang maksimal, menjadi 380 penumpang. Selain itu fasilitas juga sudah lengkap dengan pendingin AC untuk kenyamanan penumpangnya.

Namun karena adanya pandemi, dua perjalanan kereta api Binjai-Medan dikuragi. Lalu kapan saja waktu yang tepat untuk bisa naik kereta api Medan Binjai? Ini dia jadwal kereta api Medan Binjai

Jadwal Kereta Api Medan Binjai

Foto: Twitter/Kereta Api Indonesia

Dua perjalanan kereta rute Medan-Binjai yang dimulai Januari 2021 mengalami pengurangan. Perjalanan kereta rute Medan-Binjai semulai berjumlah 24, kini berkurang menjadi 22 perjalanan.

Dua perjalanan yang dikurangi itu merupakan KA Srilelawangsa. Perjalanan tersebut berada pukul 12.30 WIB dan Medan dan 13.15 WIB perjalanan dari Binjai. Kereta pertama dari Binjai ke Medan berangkat pukul 06:21 dan kereta terakhir berangkat pukul 23:02.

Meski demikian, PT KAI memastikan tetap mampu mengangkut jumlah penumpang pada rute tersebut. Sebelum adanya pandemi COVID-19, jumlah penumpang kereta api rute Medan-Binjai sebanyak 5 ribu hingga 7 ribu setiap harinya.

Namun di masa pandemi jumlah penumpang mengalami penurunan. Kini, jumlah penumpang hanya sebanyak 2 ribu hingga 3 ribu penumpang saja.

Berapa Harga Tiketnya?

Foto: Ladiestory.id

Dikarenakan keretan ini adalah kereta commuterline ekonomi  yang melayani jarak tempuh cukup pendek, maka harga tiket kereta api Binjau terbilang murah.

Harga tiket kereta api Medan Binjai hanya Rp 5.000 saja, untuk perjalanan dengan waktu tempuh kurang lebih sekitar 30 menit perjalanan. 

Kereta ini adalah salah satu transportasi murah untuk kamu yang sering pulang pergi dari Kota Medan ke Binjai. Atau kalian ingin berwisata menggunakan kereta api? Nah semoga jadwal kereta api Medan Binjai dapat menjadi acuanmu terutama di tengah pandemi.

s