5 Ciri-ciri Masker Spirulina Palsu, Bisa Terlihat dari Kemasan

Jumat, 26 November 2021 | 00:01:00

Astri Supriyati

Penulis : Astri Supriyati

5 Ciri-Ciri Masker Spirulina Palsu, Bisa Terlihat Dari Kemasan

Foto: honessdocs

Ladiestory.id - Wajah yang sehat dan terawat menjadi salah satu faktor yang membuat seseorang tampil semakin percaya diri. Maka dari itu, banyak orang rela merogoh kocek cukup dalam guna merawat kesehatan kulit wajah. Salah satu cara merawat kulit wajah adalah menggunakan masker dengan berbagai bahan utama yang berkhasiat.

Ciri-ciri Masker Spirulina Palsu

Masker spirulina sempat menjadi hits beberapa waktu belakangan karena memiliki segudang manfaat yang baik bagi kulit. Oleh sebab itu, masker ini laris manis di pasaran.

Sayangnya, hal ini justru dimanfaatkan oleh orang yang tidak bertanggung jawab dengan membuat masker spirulina palsu. Lalu, bagaimana cara membedakan masker spirulina yang asli dan palsu? Biar tidak tertipu, yuk kenali ciri masker spirulina palsu di bawah!

1. Perhatikan Kemasan dan Bentuk Kapsul

Foto: Ladiestory.id

Umumnya masker spirulina dikemas dalam bentuk kapsul. Pada masker spirulina yang asli, Anda akan menemukan dua bagian kapsul dengan ukuran panjang yang berbeda. Sementara produk masker palsu biasanya mendaur ulang kapsul yang digunakan, sehingga kedua sisi kapsul memiliki ukuran yang sama panjang.

Sebelum memperhatikan bentuk kapsul, Anda terlebih dahulu harus teliti untuk memeriksa informasi pada kemasan luar masker. Apabila Anda menemukan kejanggalan seperti jumlah yang tak sesuai atau tidak ada tulisan BPOM, besar kemungkinan produk tersebut adalah barang palsu.

2. Masker Berwarna Hijau Kehitaman

Masker spirulina memiliki ciri berupa warna yang khas dan sulit untuk disamakan dengan yang palsu. Masker spirulina yang asli memiliki warna hijau agak kebiruan, sedangkan masker spirulina palsu memiliki warna hijau yang cenderung kehitaman.

3. Tidak Mengeluarkan Aroma Khas

Foto: Ladiestory.id

Selain warna, masker spirulina asli juga memiliki aroma yang khas. Terbuat dari ganggang hijau biru alami bernama anthospira maxima, masker spirulina mengeluarkan aroma yang khas karena mengandung polisakarida dan gamma linolenic acid.

Pada masker spirulina yang palsu, aroma yang tercium adalah bau kimia yang tidak segar, bau harum dari tambahan pewangi, atau justru tidak memiliki bau sama sekali.

4. Tekstur Bubuk Masker Berbeda

Foto: Ladiestory.id

Bukan hanya aroma dan warnanya saja, jika diperhatikan bubuk masker spirulina asli dan palsu pun memiliki tekstur yang berbeda. Bubuk masker spirulina asli memiliki tekstur yang halus dan juga lembut.

Sementara, masker spirulina yang palsu memiliki tekstur bubuk lebih kasar dan tidak rata. Selain itu, Anda juga dapat melihat perbedaan tekstur masker saat dicampur dengan air. Saat dicampur dengan air, masker asli akan bertekstur agak kental, tetapi spirulina palsu justru bertekstur cair.

5. Harga Relatif Lebih Murah

Harga barang yang murah membuat tidak sedikit orang tergiur untuk membeli. Demi perawatan kulit tapi tidak ingin merogoh kocek terlalu dalam, banyak orang membeli masker spirulina dengan harga yang jauh lebih murah dari harga pasaran.

Padahal, harga yang murah menjadi salah satu ciri dari barang palsu. Sebaiknya, Anda berhati-hati dengan harga masker spirulina yang murah. Alih-alih kulit menjadi lebih sehat dan hemat, Anda bisa saja mendapat dampak buruk dari masker tersebut dan justru mengeluarkan lebih banyak uang.

Pemakaian produk masker spirulina palsu dapat berakibat buruk untuk kulit. Setelah membaca ulasan mengenai ciri masker spirulina palsu, Anda harus lebih waspada dan teliti dalam memilih produk.