8 Ciri-Ciri Penuaan Dini yang Perlu Diketahui agar Bisa Menghindari

Kamis, 9 September 2021 | 07:40:00

Maria Nanda

Penulis : Maria Nanda

8 Ciri-Ciri Penuaan Dini yang Perlu Diketahui agar Bisa Menghindari

Foto: Ladiestory.id

Memang semua orang selalu ingin tampil muda. Namun, kita pun tidak bisa menghindari bahwa kita akan mengalami penuaan. Tentu saja itu akan berpengaruh kepada penampilan terutama pada kulit dan area wajah.

Sebab seiring bertambahnya usia, proses internal tubuh akan melambat. Hal ini bisa menyebabkan munculnya tanda-tanda penuaan, seperti keriput dan kelelahan.

Penuaan kulit yang prosesnya jauh lebih cepat dari yang biasanya. Sering dijumpai orang-orang yang bisa dibilang masih muda tapi sudah terlihat tua karena timbulnya kerutan-kerutan di wajah. Faktor eksternal penyebab penuaan dini adalah paparan sinar matahari, polusi, asap, juga kelembapan udara disekitar lingkungan kita.

Ciri-Ciri Penuaan Dini yang Perlu Diketahui

Memang kita tidak mungkin menghindari terjadinya penuaan. Tapi, kita bisa mencegah datangnya penuaan yang datang terlalu cepat. Agar kita bisa mencegahnya, kita harus tau apa ciri ciri penuaan dini.

1. Bintik hitam

Ciri-ciri penuaan dini yang pertama adalah munculnya bintik hitam. Dan kondisi ini cukup tertenal sebagai ciri penuaan dini. Bintik hitam biasanya muncul di area wajah, punggung tangan, atau lengan bagian bawah akibat paparan sinar matahari berlebih yang memicu hiperpigmentasi pada kulit.

Bintik hitam yang sering disebut juga dengan flek hitam di kulit wajah akibat paparan sinar matahari bisa muncul di atas usia 40 tahun.

Selain paparan sinar matahari yang berlebihah, stres, faktor genetika, dan kurangnya asupan vitamin juga jadi penyebab munculnya bercak atau flek hitam pada wajah. Untuk itu penting untuk selalu menggunakan sunscreen kemanapun kamu pergi.

2. Kulit kusam dan kering

Foto: Ladiestory.id

Kulit mulai kusam dan kering menjadi ciri penuaan dini yang selanjutnya. Sebab seiring  pertambahan usia kulit, mereka tidak lagi melepaskan sel kulit mati secara efisien. Akibatnya, sel-sel kulit mati menumpuk di kulit dan mengurangi kecerahan kulit, yang menyebabkan kulit terlihat kusam.

Selain itu kulit kusam dan kering terjadi karena kehilangan kelembapannya. Oleh sebab itu, kamu bisa mengatasinya dengan rajin melakukan eksfoliasi serta menggunakan pelembap yang sesuai dengan kebutuhan kulit wajahmu.

3. Muncul garis halus

Pernah tidak melihat garis halus disamping mulut ketika tersenyum? Nah garis halus itulah yang menjadi ciri penuaan dini. Jika tidak ditangani secara cepat, garis halus ini akan semakin mendalam dan semakin susah untuk dihilangkan, lo. Kamu bisa menggunakan krim berbahan retinol yang dapat secara bertahap menyamarkan garis halus tersebut.

4. Kerutan di sudut luar mata

Foto: Ladiestory.id

Nah, ciri ini menjadi ciri tanda penuaan dini yang paling mudah disadari. Sebab akan muncul kerutan di sekitar sudur luar mata. Bila kamu menyadarinya, langsung atasi dengan menggunakan krim mata untuk agar tidak semakin menonjol.

5. Hilangnya volume di sekitar wajah

Banyak perubahan terkait usia terjadi di sekitar struktur tulang wajah. Ini bisa terlihat seperti hilangnya volume di sekitar wajah, termasuk pelebaran rongga mata, penyusutan tulang rahang. Selain itu juga hilangnya serta berkurangnya kompartemen lemak yang dapat membuat kulit terlihat kendur.

6. Pori-pori semakin terlihat besar

Foto: Ladiestory.id

Pori-pori besar memang menjadi salah satu permasalahan kulit yang juga dialami oleh anak muda. Namun pori-pori besar juga bisa menjadi salah satu tanda penuaan dini.

Sebab pori-pori besar  terjadi karena menumpuknya sel kulit mati yang tidak segera kamu bersihkan sehingga menyumbat pori-pori dan membuatnya terlihat besar. Selain scrubbing, cara lain paling mudah untuk mengatasinya adalah menggunakan masker.

7. Kelopak mata berubah bentuk

Kelopak mata berubah itu artinya kelopak mata mulai menurun. Selain itu penuaan dini juga  ditandai dengan munculnya lingkaran hitam serta garis halus di sekitar mata. Disinilah eye cream berperan penting. Dengan rajin menggunakan eye cream, mata bisa terlihat lebih segar dan cerah.

8. Penipisan bibir

Foto: Ladiestory.id

Bibir yang menipis juga merupakan ciri penuaan dini lainnya. Semakin tua usia, maka semakin sedikit kolagen yang diproduksi dalam tubuh. Untuk mengurangi terjadinya hal ini, kamu dapat mengoleskan lip balm.

Inilah 8 ciri ciri penuaan dini yang perlu kita ketahui agar kita bisa menghindari. Banyak cara mencegah penuaan dini, dengan cara menggunakan skincare, tidur teratur, mengonsumsi makanan bergizi seimbang, rutin olahraga, dan lainnya.

Berita Terkait