7 Ciri Kamu Sudah Bebas Finansial, Keuangan Lancar Jaya

Minggu, 19 September 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

7 Ciri Kamu Sudah Bebas Finansial, Keuangan Lancar Jaya

Foto: Ladiestory.id

Kebebasan finansial kini dipandang menjadi tujuan hidup setiap orang. Tahukah kamu bahwa kebebasan finansial dapat diraih oleh semua kalangan? Dengan strategi keuangan yang tepat, kemerdekaan finansial bukanlah hal yang sulit digapai.

Sebelum masuk ke ciri kamu sudah bebas finansial, kita simak dulu yuk definisi dari kebebasan finansial melalui artikel ini!

Apa yang Dimaksud dengan Kebebasan Finansial?

Foto: Ladiestory.id

Kebebasan finansial dapat diartikan sebagai kebebasan untuk memiliki kendali atas uang yang dimiliki. Saat kondisi finansial bebas kita tidak perlu khawatir untuk membeli ini dan itu karena sudah punya beragam sumber penghasilan.

Orang yang telah mencapai kemerdekaan finansial berarti mampu bertanggung jawab atas pendapatan sendiri. Ada lagi yang berpendapat bahwa saat sudah mencapai kemerdekaan finansial, bukan kamu yang bekerja untuk uang tapi uang yang kerja buat kamu.

Ciri Kamu Telah Mencapai Kebebasan Finansial

Dirangkum dari beberapa sumber, berikut ini adalah ciri-ciri seseorang telah mencapai kebebasan finansial. Apa kamu telah merasakan salah satu cirinya?

1. Rutin melakukan perencanaan keuangan

Foto: Ladiestory.id

Ciri pertama kamu telah mencapai kebebasan finansial adalah telah memiliki kebiasaan melakukan perencanaan keuangan. Dengan rutin merencanakan keuanganmu, kamu dapat mengetahui alur pemasukan dan pengeluaran pendapatan secara rinci. Karena telah direncanakan dengan matang, cashflow keuanganmu pun aman dan terhindar dari pengeluaran yang tidak perlu.

2. Memiliki sumber penghasilan tambahan

Kemudian, ciri kedua kamu meraih kebebasan finansial adalah kamu telah memiliki kesadaran untuk tidak bergantung pada gaji pokok semata dan mulai membangun sumber penghasilan tambahan.

Sumber penghasilan kedua atau side job membuatmu meningkatkan pemasukan yang kamu miliki. Kamu bisa mulai dengan memanfaatkan hobi sebagai side job.

Namun, tahukah kamu bisa membuka sumber penghasilan tambahan tanpa side job? Sebutannya adalah passive income. Salah satu sumber passive income bisa didapat dari return investasi.

3. Telah mampu mengalokasikan pendapatannya

Foto: Ladiestory.id

Sehubungan dengan perencanaan keuangan yang matang, berarti kamu telah mampu mengalokasikan pendapatanmu ke dalam beberapa pos tertentu, misalnya dana darurat atau asuransi.

Secara tidak langsung, kamu telah membentuk safety net yang mampu menghadirkan kebebasan finansial untuk dirimu dan keluarga.

4. Kamu sudah terbebas dari jeratan utang konsumtif

Terbebas dari jeratan utang menjadi ciri keempat kamu telah merasakan kemerdekaan finansial. Berutang, khususnya utang konsumtif dapat mengacaukan kondisi finansial kamu karena hanya mampu memenuhi kebutuhan bersifat tersier atau non-pokok.

Jika kamu harus berutang, milikilah utang yang sekiranya dapat kamu pakai untuk tujuan produktif, seperti peralatan yang menunjang bisnis sampingan yang mampu menghasilkan uang kembali untuk meningkatkan penghasilanmu.

5. Tersedianya dana darurat

Foto: Ladiestory.id

Dana darurat sangat krusial untuk memenuhi kebutuhan yang bersifat mendadak. Jika kamu mampu menyisihkan sebagian penghasilanmu untuk menabung dana darurat, kamu telah mencapai kebebasan finansial yang selama ini diidam-idamkan.

Jumlah dana darurat setiap orang bisa bervariasi. Umumnya, jumlah dana darurat berkisar tiga kali lipat dari total kebutuhan per bulan.

6. Telah memproteksi diri dan keluarga dengan asuransi

Dengan memiliki asuransi, kamu berarti telah menyiapkan proteksi untuk diri sendiri dan keluargamu. Kamu tidak perlu khawatir akan mengeluarkan biaya pengobatan yang besar karena biaya pengobatan tersebut sudah dicover oleh asuransi. Kamu dan keluarga juga akan terhindar dari risiko kerugian finansial.

7. Mampu memberi dan bersedekah

Foto: Ladiestory.id

Setelah mampu memenuhi kebutuhan diri, orang yang telah mencapai kebebasan finansial punya dorongan untuk membantu orang lain dengan mendonasikan pendapatannya untuk kegiatan amal.

Setelah membaca ketujuh ciri kamu sudah bebas finansial di atas, apakah kamu sudah mencapai salah satunya? Atau baru akan menerapkan tips-tips tersebut?

Berita Terkait