Rentan Alami Breakout, Kenali 7 Ciri Kulit Sensitif

Sabtu, 18 Desember 2021 | 13:30:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

Rentan Alami Breakout, Kenali 7 Ciri Kulit Sensitif

Ilustrasi perempuan dengan kulit sensitif. (Special)

Ladiestory.id - Sebagian orang menganggap kulit sensitif adalah kulit yang mudah teriritasi. Kulit sensitif umumnya akan mengalami gatal, ruam, dan berjerawat bila tidak cocok dengan penggunaan skincare atau makeup.

Ciri-ciri Kulit Sensitif 

Namun masih ada lagi ciri-ciri lainnya yang menandakan kulit Kamu sensitif atau tidak. Berikut ciri-ciri yang menandakan kulit Kamu tergolong kulit sensitif.

1. Kulit Kemerahan

kulit sensitif
Ilustrasi perempuan dengan kulit kemerahan akibat kulit sensitif. (Special)

Kebanyakan orang dengan kulit sensitif akan mengalami kemerahan pada kulit. Bisa berupa ruam merah, benjolan merah, blushing dan flushing (peronaan), atau bahkan pembuluh darah merah yang melebar (telangiectasias). 

Biasanya, kemerahan akan hilang setelah dengan perawatan ringan. Tapi, kadang juga kemerahan bisa bertahan lebih lama.

2. Kulit Terasa Perih dan Terbakar

Kulit Kamu akan terasa perih dan terbakar saat Kamu membersihkannya dengan produk yang “terlalu kuat”. Hal ini umum terjadi pada gel, produk yang mengandung alkohol, dan banyak produk jerawat atau produk anti-aging

Walaupun hal ini biasanya bersifat sementara, tapi bisa sangat tidak nyaman bahkan menyakitkan. Jika ada sesuatu yang menyebabkan kulit Kamu perih atau terbakar, hilangkan penyebabnya secepat mungkin dan bilas dengan air dingin.

3. Kulit Kering

Orang dengan kulit sensitif juga rentan mengalami kekeringan pada kulitnya. Karena kulit yang sangat kering tidak melindungi ujung saraf di kulit dengan baik.

Kemungkinan besar Kamu akan mengalami banyak masalah dengan kulit kering dalam cuaca dingin dan panas dan saat terkena angin. Kamu bisa gunakan pelembab yang bisa melembabkan dan memberikan perlindungan pada kulit Kamu.

4. Kulit yang Reaktif

Kulit sensitif juga ditandai dengan adanya reaksi kulit  terhadap kondisi atau produk tertentu, seperti deterjen, sabun, matahari, angin, cuaca dingin, parfum produk perawatan kulit maupun perawatan rumah tangga. 

5. Kulit Rentan Mengalami Breakout

Ilustrasi perempuan mengalami breakout. (moneyoutline)

Ciri lainnya bila Kamu punya kulit sensitif adalah mudahnya mengalami breakout, seperti jerawat, beruntusan, benjolan merah, dan postula. Untuk menggunakan produk yang tepat, Kamu harus minta saran dokter,agar Kamu tidak salah dalam memilih produk perawatan kulit. 

6. Kulit Mudah Mengelupas

Bila Kamu memiliki kulit sensitif bisa ditandai dengan mudahnya kulit terkelupas. Kondisi kulit yang mengelupas,  bisa saja memengaruhi penampilan dan rasa percaya diri.

Jika pengelupasannya sangat parah bisa menimbulkan luka terbuka dan juga rasa nyeri yang berisiko menyebabkan  infeksi bahkan jaringan parut.

7. Kulit Mudah Terbakar Sinar Matahari

kulit sensitif
Ilustrasi perempuan dengan kulit merah akibat sinar matahari. (Special)

Kulit yang sensitif akan lebih rentan terhadap efek berbahaya dari sinar matahari. Jika kulit Kamu sudah teriritasi atau mengelupas, Kamu akan berisiko lebih tinggi terkena bahaya dari sinar matahari. 

Kamu harus selalu memakai tabir surya saat berada di luar ruangan, terutama pada wajah. Karena beberapa bahan dalam tabir surya bisa menyebabkan reaksi alergi. Karena itu pilihlah tabir surya yang mengandung seng oksida atau titanium dioksida. Kamu juga disarankan memilih tabir surya berspektrum luas dan memiliki SPF 30 atau lebih tinggi.