Cocok untuk Healing, Ini 5 Tips Solo Traveling

Kamis, 21 Juli 2022 | 14:08:00

Kevin Putranto

Penulis : Kevin Putranto

Cocok Untuk Healing, Ini 5 Tips Solo Traveling

Ilustrasi traveling. (Special)

Ladiestory.id - Menurut orang-orang, traveling merupakan guru terbaik dan obat untuk jiwa yang stres. Kehidupan modern begitu sibuk dan cepat sehingga kita hanya memiliki sedikit waktu untuk menjelajahi alam dan memikirkan keindahannya. Hanya pada saat liburan lah kita memiliki kebebasan untuk melihat dan mengagumi keindahan dunia.

Setelah berkutat seharian dengan rutinitas yang sama setiap harinya, tentu akan menyebabkan kebosanan. Beberapa aktivitas rutin seperti bekerja dapat menyebabkan setres dan kelelahan. Apabila dibiarkan, hal ini dapat berdampak buruk bagi kesehatan fisik anda. Jadi, anda perlu membuat waktu liburan di sela-sela jadwal yang padat.

Liburan dapat dilakukan bersama teman, keluarga, atau diri sendiri. Traveling baik sendiri maupun dilakukan dengan berkelompok, tentu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Bepergian dalam kelompok dianggap lebih menyenangkan daripada bepergian sendiri, karena saat bepergian dalam kelompok, anda memiliki partner untuk berbagi cerita.

Namun, orang yang senang berlibur sendiri biasanya ingin menenangkan pikiran tanpa berinteraksi dengan orang lain. Tanpa teman di perjalanan, anda merasa lebih bebas saat merencanakan traveling. Faktanya, traveling sendirian memiliki kelemahan, diantaranya tidak ada teman untuk mengambil foto dan perjalanan anda akan terasa lebih sepi.

Di balik kekurangan tersebut, ada banyak hal positif yang bisa kita ambil saat solo traveling, antara lain melatih kemandirian, membantu menemukan kepercayaan diri, dan melatih mengelola keuangan. Selain itu, solo traveling juga merupakan terapi penyembuhan bagi mereka yang ingin rehat sejenak dari hiruk-pikuk dari kesibukan sehari-hari.

Bagi anda yang dalam waktu dekat akan melakukan perjalanan sendirian, berikut beberapa tips anti ribet yang dapat anda terapkan saat melakukan solo travelling.

1. Siapkan Rencana Perjalanan

Ilustrasi merencanakan kegiatan. (Special)

Meskipun disebut solo traveling, bukan berarti anda bebas bepergian kemana saja tanpa perencanaan yang jelas. Susun beberapa destinasi perjalanan yang akan anda kunjungi, apabila anda tidak mengetahui daerah yang akan anda tuju, anda dapat melihat review dan lokasi tempatnya di mesin pencarian Google.

2. Pastikan Akomodasi Aman

Hotel Tentrem. (Special)

Sebagai solo traveler, hal pertama yang harus anda siapkan adalah akomodasi. Hal ini termasuk dalam pemilihan penginapan yang aman dan nyaman serta mendapat ulasan yang baik dari traveler lain. Saat melakukan liburan sendiri, anda tentu membutuhkan pengamanan ekstra.

3. Cek dan Amankan Dokumen Penting

Foto: kumparan

Periksa dokumen bawaan anda dan amankan ketika melakukan solo traveling. Dokumen penting mulai dari KTP, paspor, tiket perjalanan, maupun kartu kamar tempat anda menginap. Lindungi dokumen anda dengan menyimpannya secara rapi pada dompet dan periksa dokumen tersebut secara berkala.

4. Cari tahu Akses Transportasi

Foto: Ladiestory.id

Diperlukan sarana transportasi yang efisian untuk berpindah dari satu destinasi ke destinasi lainnya. Penting juga untuk mengetahui transportasi umum mana yang mudah untuk diakses dan dapat diandalkan dengan harga yang murah. Jika anda akan naik bus, maka anda harus tahu jadwal keberangkatan harian bus tersebut. Hal yang sama berlaku untuk jam operasional setiap kendaraan umum yang akan anda gunakan untuk perjalanan solo traveling. Apabila memungkinkan, catat semua di buku kecil agar tidak ada info yang terlewat.

5. Bawa Uang Lebih

Ilustrasi mengurangi pengeluaran. (Special)

Jangan lupa untuk membawa uang tunai lebih untuk berjaga-jaga. Pada kenyataannya, anda sebenarnya dapat membawa uang dalam jumlah yang pas dan liburan dengan gaya backpacker. Tapi kita tidak akan mengetahui hal apa yang akan terjadi. Harap membawa uang tunai yang cukup, sisanya bisa disimpan pada kartu kredit anda.

Itulah beberapa tips untuk melakukan solo traveling. Tetap patuhi prokes meskipun anda bepergian sendirian. Happy Traveling!

s