5 Makanan Khas Malang Yang Super Enak, Wajib Coba Saat Berkunjung Ke Sana

Senin, 6 September 2021 | 00:01:00

Nurul Aini

Penulis : Nurul Aini

5 Makanan Khas Malang Yang Super Enak, Wajib Coba Saat Berkunjung Ke Sana

Foto: iStock

Apa yang kamu ketahui tentang Malang? Yups Udara sejuk dengan pesona alam yang indah. Bukan hanya menawarkan panorama alamnya yang elok, Malang juga dikenal menyimpan banyak kuliner khas yang tentunya sangat menarik untuk dicoba. Nah, jika kebetulan kamu akan singgah kesana, berikut ada 5 makanan khas Malang yang super enak dan wajib dicoba

Makanan Khas Malang Ternikmat dan Recomended Untuk Dicoba 

Makanan di Malang yang paling terkenal itu sudah pasti bakso malang, olahan dari daging sapi dengan kuah dan aneka topping ini sudah terkenal di seluruh penjuru Nusantara. Nah, selain bakso malang kamu juga perlu mengenal kuliner lain khas dari kota apel ini. Berikut beberapa rekomendasi kuliner asli Kota Malang

1. Orem-orem Khas Malang 

Makanan Khas Malang
Foto: Instagram Jogja Food/Travel Culinary Guide

Jika dilihat sekilas orem-orem ini mirip benget dengan sayur lodeh, bedanya makanan ini terbuat dari irisan tempe dan tahu yang disiram dengan kuah santan.

Orem-orem khas Malang ini biasanya disajikaan dengan irisan ketupat dan tauge sebagai pugasan. Agar semakin yummy, kamu juga bisa menambahakan menu pendamping seperti perkedel kentang, mendoan ataupun kerupuk. 

2. Sate Kelinci Khas Malang

Makanan Khas Malang
Foto: instagram.com/loveactivities

Berkunjung ke Malang kurang lengkap rasanya jika tidak menjajal kuliner yang satu ini. Ya, ini merupakan makanan khas Malang yang berbahan dasar daging kelinci yang dibakar dengan aneka bumbu.

Sate kelinci ini biasa ditemui di daerah dataran tinggi seperti di kawasan Kota Batu. Untuk satu porsi Sate Kelinci ini terdiri dari 10 tusuk sate yang dipotong kecil-kecil dan dibakar mirip dengan sate ayam.

3. Ketan Topping 

Makanan Khas Malang
Foto: instagram.com/heydwiki

Meski terdengar sederhana namun ketan topping ini menjadi makanan favorit para pelancong saat berkunjung ke Kota Malang, lho! Makanan ringan khas Malang ini terbuat dari bahan dasar ketan yang dikukus keemudian disajikan dengan aneka macam topping atau pugasan.

Untuk topping yang digunakan umunya adalah pisang, susu kental manis, saus durian, keju, cokelat hingga yang paling spesial adalah daging ayam. 

4. Nasi Mawut 

Makanan Khas Malang
Foto: instagram.com/johan_js

Kembali dengan makanan berat kali ini ada nasi mawut yang menjadi salah satu kuliner unik di Kota Malang. Nasi mawut ini sebenarnya adalah nasi goreng dengan aneka ragam topping yang menggugah selera.

Untuk jenis topping yang digunakan bisa dari irisan daging ayam, telur, sayur dan mie. Karena isian atau topping dari nasi goreng ini banyak maka terlihat berantakan sehingga diberi nama nasi mawut. 

5. Cwie mie Khas Malang 

Makanan Khas Malang
Foto: instagram.com/inijie

Terakhir ada cwie mie yang menjadi salah satu makanan favorit di Malang. Jika dilihat sekilas makanan ini mirip dengan mie ayam karena memang menggunakan bahan dasar mie dan ayam.

Hanya saja ayam di cwie mie ini dicincang halus dan dibuat mirip dengan abon. Saat disajikan Mie khas Malang ini diberi tambahan pangsit, wonton dan selama keriting. 

Sebenarnya makanan khas Malang tidak hanya yang disebutkan di atas saja, lho. Masih ada jenis makanan lain seperti bakso bakar malang, mendo, mie setan, bakso daging malang, soto hingga keripik tempe khas Malang.

Kamu bisa menjajal semua kuliner tersebut yang hampir ada dan dijual di setiap restoran di Kota Malang. Jadi jika kamu sedang berkunjung ke sana jangan lupa untuk hunting semua kulinernya, ya! 

Berita Terkait