Konsumsi Telur Setiap Hari? Ini Dampaknya bagi Kesehatan Tubuh

Jumat, 8 April 2022 | 00:01:00

Gendis Ayu

Penulis : Gendis Ayu

Konsumsi Telur Setiap Hari? Ini Dampaknya Bagi Kesehatan Tubuh

Ilustrasi telur goreng. (Special)

Ladiestory.id - Salah satu makanan yang digemari banyak orang di Indonesia adalah telur. Sebab, telur mudah diolah menjadi berbagai jenis masakan. Bahkan, telur pun sudah terasa nikmat meskipun hanya digoreng atau direbus begitu saja.

Terkenal kaya akan kandungan gizi, rupanya terdapat beberapa dampak jika telur dikonsumsi setiap hari. Dampak yang ditimbulkan berupa manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh. Nah, Ladiestory.id telah merangkumnya untuk Kamu.

Tubuh Berenergi

Ilustrasi tubuh berenergi. (Special)

Konsumsi telur setiap hari bisa memberi kita suntikan energi untuk melakukan aktivitas seharian. Dilansir berbagai sumber, pelatih nutrisi di Innovative Fitness, Sean Allt, mengatakan telur bisa menjadi sumber energi yang baik, karena nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Di dalam telur terdapat kombinasi yang baik seperti lemak dan protein. Selain itu kandungan B12 juga bisa memberikan energi cadangan bagi tubuh. Sehingga manusia tetap memiliki energi stabil seusai beberapa jam mengonsumsi telur.

"Kombinasi protein dan lemak, yang relatif lambat dicerna jika dibandingkan dengan karbohidrat, dalam hubungannya dengan B12 yang dikandung telur, membantu menyediakan cadangan energi yang stabil selama beberapa jam setelah memakannya," jelasnya

Perkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Ilustrasi imun kuat. (Special)

Menjalankan protokol kesehatan dilakukan agar terhindar dari Covid-19. Selain itu, meningkatkan sistem kekebalan tubuh juga tak kalah penting. Selain konsumsi suplemen dan vitamin yang tersedia di pasaran, Kamu juga bisa mengonsumsi telur untuk mendukung sistem imun.

Sebab di dalam telur terkandung berbagai nutrisi yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Kandungan tersebut berperan untuk melawan berbagai penyakit dalam tubuh.

Sean Allt juga mengatakan jika telur memiliki kandungan vitamin A,D,E yang penting bagi tubuh. Ketiganya menjadi kunci tubuh dalam meningkatkan kekebalan tubuh.

Sedangkan menurut ahli gizi Paul Claybrook, telur juga tinggi selenium, antioksidan kuat yang juga berfungsi sebagai penguat kekebalan tubuh.

"Kedua sifat antioksidan dan anti-peradangan ini menangani hal-hal yang seharusnya ditangani oleh sistem kekebalan tubuh, sehingga sistem kekebalan tubuh dapat melawan ancaman lain," ungkapnya.

Tingkatkan Kesehatan Kognitif

Ilustrasi tingkatkan kinerja otak. (Special)

Telur juga bisa membantu kesehatan kognitif atau kesehatan otak kita. Sebab ,telur mengandung kolin yang tinggi. Kandungan ini memang dibutuhkan untuk fungsi dan struktur otak.

Menurut Paul Claybrok, telur mengandung asam lemak omega-3 yang dapat meningkatkan fungsi otak. Di dalam telur juga terkandung 46 persen kebutuhan vitamin B12.

"Asupan B12 yang rendah dapat menyebabkan daya ingat yang buruk, demensia, dan bahkan psikosis," kata Claybrook.

Kurangi Peradangan dalam Tubuh

Ilustrasi peradangan dalamtubuh. (Special)

Kandungan omega-3 dalam telur dapat membantu menurunkan risiko penyakit jantung. Kandungan ini juga bisa membantu mengurangi peradangan dalam tubuh.

Pasalnya peradangan tubuh dalam kondisi kronis bisa menyebabkan berbagai penyakit berbahaya, seperti jantung, radang sendi, hingga Alzheimer. Alt juga mengatakan jika beberapa varietas juga tinggi asam lemak omega-6 yang pro-peradangan.

"Yang lebih penting daripada kandungan omega-3 absolut adalah rasio omega-3 dengan omega-6," katanya.

Perbaiki Kadar Kolesterol

Ilustrasi kolesterol. (Special)

Kebanyakan orang menganggap telur membuat kadar kolesterol LDL meningkat. Namun menurut Claybrook, telur dapat memperbaiki kadar kolesterol kita.

Pasalnya kolesterol adalah komponen strukturan penting di dalam tubuh. Bahkan, beberapa penelitian mengungkapkan jika makan telur secara konsisten dapat meningkatkan kolesterol baik. 

Meski makan telur setiap hari membawa dampak positif bagi tubuh, jangan sampai Kamu mengonsumsinnya secara berlebihan, ya.