5 Daun Berkhasiat untuk Hilangkan Flek Hitam di Wajah

Selasa, 8 November 2022 | 00:01:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

5 Daun Berkhasiat Untuk Hilangkan Flek Hitam Di Wajah

Ilusrasi flek hitam. (Special)

Ladiestory.id - Flek hitam pada wajah kerap membuat seseorang merasa kurang percaya diri. Sehingga, kamu pasti akan berusaha untuk menyamarkan dan menghilangkan flek hitam tersebut, mulai dari menggunakan krim pencerah maupun melakukan treatment khusus.

Sebenarnya, flek hitam pada wajah bisa dihilangkan dengan menggunakan bahan alami, Ladies. Termasuk juga dengan menggunakan daun dari beberapa tumbuhan.

Dengan menggunakan bahan alami untuk menghilangkan flek hitam, tentunya akan meminimalisir efek samping dan lebih aman. Ladiestory.id telah merangkum lima daun yang bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Daun Jambu Biji

Ilustrasi daun jambu biji. (Special)

Kamu bisa gunakan daun jambu biji untuk mengatasi flek hitam pada wajah. Meskipun flek hitam dinilai tidak berbahaya, namun hal ini dapat membuat rasa percaya dirimu berkurang. Gunakan masker daun biji secara rutin agar flek hitam menghilang. Pada daun jaum biji terdapat kandungan antioksidan dan antiseptik yang bermanfaat untuk mengatasi masalah flek hitam.

Cara membuat masker daun jambu biji juga cukup mudah. Kamu bisa menghaluskan beberapa lembar daun jambu biji dan air dengan menggunakan blender. Setelah daun jambu biji menjadi halus, kamu bisa mengoleskan secara merata pada wajah. Diamkan selama 10 menit lalu bilas hingga bersih dengan air hangat.

Daun Sirih

Ilustrasi daun sirih. (Special)

Umumnya, daun sirih dimanfaatkan untuk membuat jamu. Namun ternyata, daun sirih juga memiliki manfaat yang bagus untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Dalam daun sirih, terdapat kandungan zat antibakteri dan pencerah kulit sehingga dapat membuat wajah menjadi lebih cerah dan menyamarkan flek hitam.

Sama halnya dengan daun jambu biji, daun sirih juga bisa kamu buat menjadi masker untuk menghilangkan flek hitam. Caranya adalah dengan menghaluskan daun sirih dan mengoleskannya ke wajah secara merata. Diamkan sekitar 10 menit kemudian bilas hingga bersih.

Daun Kelor

Ilustrasi daun kelor. (Special)

Daun kelor diketahui memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan. Selain itu, ternyata daun kelor juga dapat membantu menghilangkan flek hitam pada wajah, lho. Bahkan, dengan adanya kandungan zat antibakteri, daun kelor juga dapat membantu mengatasi masalah kulit seperti jerawat dan komedo.

Cara memanfaatkan daun kelor untuk menghilangkan flek hitam pada wajah adalah dengan membuatnya menjadi pasta. Haluskan daun kelor secukupnya dengan dicampur air. Setelah itu, oleskan secara merata pada wajah. Diamkan sekitar 10 menit lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

Daun Kemangi

daun kemangi

Selain cocok untuk dijadikan lalapan, daun kemangi juga ternyata memiliki manfaat yang bagus bagi kulit wajah. Daun kemangi memiliki sifat antibakteri dan jamur yang bermanfaat untuk mengatasi jerawat maupun iritasi pada wajah.

Selain itu, kandungan vitamin yang ada pada daun kemangi dapat membuat kulit menjadi lebih cerah dan juga menyamarkan flek hitam. Jika kamu memiliki tipe kulit yang berminyak, daun kemangi juga sangat cocok kamu gunakan sebagai pembersih alami.

Daun Pandan

Ilustrasi daun pandan. (Special)

Jenis daun terakhir yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan flek hitam adalah daun pandan. Selain memiliki aroma yang khas dan wangi, daun pandan juga mengandung banyak vitamin dan zat antioksidan. Dengan adanya kandungan tersebut, daun pandan bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan flek hitam di wajah.

Caranya adalah dengan membuat daun pandan menjadi masker dengan cara menghaluskannya. Kemudian oleskan pada wajah dan diamkan sekitar 10-15 menit. Lalu, bilas dengan air hingga bersih.

Itulah, lima jenis daun yang bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah. Gunakan secara rutin hingga semua flek hitam pada wajah menghilang.