Dear Anak Rantau, Ini 5 Alasan Kamu Harus Sering Hubungi Orang Tua

Rabu, 10 Mei 2023 | 20:00:00

Zulfah Ariyani

Penulis : Zulfah Ariyani

Dear Anak Rantau, Ini 5 Alasan Kamu Harus Sering Hubungi Orang Tua

Ilustrasi ibu dan anak. (Special)

Ladiestory.id - Memilih untuk merantau demi pendidikan maupun karier memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Kamu perlu berjuang hidup mandiri, mencukupi semua kebutuhan sendiri dan tanpa kehadiran keluarga.

Meskipun kamu hidup berjauhan dengan orang tua, namun kamu perlu tahu bahwa mereka akan selalu ingin merasa dekat denganmu. Orang tua ingin mengetahui bagaimana keadaanmu di tanah rantau dan apa kegiatan sehari-hari yang kamu lakukan. 

Oleh karena itu, kamu tak boleh mengabaikan orang tua. Kamu perlu menjalin komunikasi yang baik dengan mereka bisa melalui telepon maupun video call. Ladies, berikut ini lima alasan kamu harus sering menghubungi orang tuamu. 

Meredakan Kekhawatiran Orang Tua

Ilustrasi orang tua bersama anak. (Special)

 

Meskipun kini kamu telah terbiasa hidup merantau dan jauh dari orang tua, namun nyatanya orang tua masih selalu khawatir memikirkan keadaanmu. Bahkan mereka akan terus menerus memikirkan keadaanmu setiap harinya. Apakah anak yang dicintainya dalam keadaan sehat, sudah makan, bagaimana kegiatannya sehari-hari.

Oleh karena itu, untuk meredakan kekhawatiran orang tua, kamu bisa mengirim pesan kepadanya. Selain itu, luangkan waktu di akhir pekan untuk menghubungi orang tua. Sehingga orang tua tidak lagi merasa khawatir dengan kondisi anaknya di perantauan. 

Jadi Support System Terbaik

Ilustrasi orang tua bersama anak. (Special)

 

Saat kamu merasakan kehidupan yang berat di perantauan, kamu butuh support system yang terbaik yaitu orang tua. Bercerita tentang kegiatan dan juga sedikit tantangan yang kamu hadapi akan membuat kamu lebih lega dan juga dapat menambah semangat. Orang tua juga akan senang hati mendengarkan bahkan memberikan pendapatnya kepadamu. 

Namun, kamu juga perlu membatasi cerita kepada orang tua. Jangan semua beban berat yang kamu rasakan kamu ceritakan semuanya karena hal ini dapat membuat orang tua menjadi khawatir. Selain itu, juga dapat menambah beban orang tua karena pada dasarnya orang tua juga memiliki permasalahan sendiri. 

Selalu Dekat dengan Orang Tua

Ilustrasi Cinta Anak untuk Ibu. (Special)

 

Meskipun kamu dan orang tua terpisah jarak yang cukup jauh, namun jika kamu rutin menghubungi mereka maka kamu akan merasa selalu dekat. Jangan pernah sekalipun mengabaikan orang tua, karena mereka tentu sangat ingin tahu kabar tentang dirimu. 

Selain itu, menelpon maupun melakukan video call dengan orang tua juga dapat sedikit mengobati kerinduan. Mungkin kamu belum bisa menemui mereka secara langsung karena jauhnya jarak yang memisahkan, namun mendengar suara dan melihat wajah mereka melalui video call dapat membuat kamu tetap merasa dekat meski jarak dan waktu memisahkan.

Memperbaiki Hubungan dengan Orang Tua

Ilustrasi ibu dan anak remaja perempuan. (Special)

 

Tidak semua orang dapat menjalin komunikasi yang baik dan luwes dengan orang tua. Ada tipe orang yang merasa canggung dan kurang merasa dekat dengan orang tua. Nah, momen saat kamu harus merantau inilah bisa dijadikan momen yang baik untuk memperbaiki hubungan dengan orang tua. 

Kamu bisa mulai dengan menanyakan kabar kepada orang tua, bercerita tentang kegiatan yang kamu lakukan, dan juga meminta doa maupun dukungan. Hal sederhana inilah yang dapat membuat hubunganmu dengan orang tua membaik. Sehingga kamu bisa lebih akrab dan dekat dengan mereka. 

Bentuk Perhatian Kecil

Ilustrasi kedekatan ibu dan anak. (Spesial)

 

Meskipun terdengar sepele namun ternyata menghubungi orang tua bisa menjadi salah satu bentuk perhatian terhadap orang tua. Orang tua tidak berharap kamu akan memberikan hadiah istimewa saat ulang tahunnya ataupun berharap diberikan banyak uang.

Orang tua hanya ingin perhatian kecil dari anaknya dengan cara menanyakan kabar maupun mengingatkan untuk makan. Percayalah, perhatian kecil seperti ini akan membuat orang tua merasa bahagia dan disayangi oleh anaknya.