Deretan Artis Korea Sumbang Donasi untuk Korban Gempa Turki-Suriah

Selasa, 14 Februari 2023 | 11:00:00

Anisah Chamalia

Penulis : Anisah Chamalia

Deretan Artis Korea Sumbang Donasi Untuk Korban Gempa Turki-Suriah

Shin Min Ah. (Special)

Ladiestory.id - Bencana gempa bumi yang tengah melanda Turki-Suriah meninggalkan luka mendalam. Gempa dengan kekuatan 7,8 skala richter tersebut terjadi akibat pergesekan antara lempeng arab dengan lempeng anatolia ini menyebabkan lebih dari 10 ribu jiwa tewas serta mengakibatkan kerusakan yang luar biasa.

Seluruh dunia pun turut berkabung atas bencana ini, termasuk negara Korea Selatan. Sebagai negara yang memiliki sejarah bersama dengan Turki membuat warga Korea Selatan mempunyai ikatan tersendiri. Tak hanya warga, deretan publik figur hingga idol Korea Selatan pun merasakan hal yang serupa. 

Shin Min Ah

Shin Min Ah. (Special)

Aktris kenamaan Korea Selatan, Shin Min Ah diketahui telah mendonasikan 50 juta won atau setara dengan Rp600 Juta untuk membantu para korban gempa Turki. Hal ini pun dikonfirmasi oleh pihak Hope Bridge National Disaster Relief Association.

Selain itu, pihak agensi AM Entertainment yang menaungi Shin Min Ah juga membenarkan kabar mengenai kegiatan tersebut. Donasi yang dilakukan tersebut menyesuaikan keinginan dari Shin Min Ah dan harapannya dapat digunakan untuk membantu pembangunan kembali daerah yang terkena dampak bencana gempa bumi.

Lee Hyeri

Lee Hyeri. (Special)

Mantan personil girl group Girl’s Day yaitu Lee Hyeri juga turut andil dalam donasi gempa bumi Turki. Melansir OSEN, Hyeri diketahi telah mendonasikan uang sebesar 50 juta won atau sekitar Rp600 Juta melalui Komite Korea untuk UNICEF.

Hyeri juga menambahkan, meski dirinya saat ini belum dapat terjun langsung membantu para korban, ia berharap bantuannya dapat berkontribusi pada proses pemulihan melalui kegiatan UNICEF. Ia juga mengharapkan akan lebih banyak orang yang turut peduli terhadap gempa di Turki dengan memberikan uluran tangan.

Im Si Wan

Im Si Wan. (Special)

Tak hanya dari kalangan aktris, salah satu aktor Korea Selatan yaitu Im Si Wan juga turut menymbang donasi untuk korban bencana gempa bumi Turki. Ia mendonasikan uang melalui Hope Bridge National Disaster Relief Association, yang merupakan sebuah lembaga sosial terpercaya di Korea Selatan.

Hal ini juga telah dikonfirmasi oleh agensi Im Si Wan, Plun A&C. Aktor drama “Strangers in The Hell” tersebut menyubang 10 juta won atau setara dnega Rp120 Juta  untuk membantu para korban gempa Turki. Kemudian, ia juga menyumbang 20 juta won (Rp240 Juta) untuk membantu korban banjir di Korea Selatan. 

Park Bo Young

Park Bo Young. (Special)

Hope Bridge juga mengumumkan bahwa aktris kenamaan Korea Selatan, Park Bo Young telah memberikan donasinya sebesar 30 juta won setara dengan Rp360 Juta. Donasi ini akan digunakan untuk mengatasi kerusakan akibat gempa Turki dan Suriah. Hal serupa juga dikonfirmasi oleh BH Entertainment selaku agensi yang menaungi Park Bo Young.

“Saya merasa sangat sedih melihat semuanya hancur akibat gempa. Saya berdoa semoga ini membantu mengatasi kerusakan, meski sedikit,” kata sang artis melalui perwakilan agensinya.

Aktris yang sempat membintangi drama “Strong Woman Do Bong Soon” ini juga telah dikenal baik oleh masyarakat sebagai publik figur yang gemar berdonasi. 

Jinu Winner

Jinu WInner. (Special)

Salah satu idol asal YG Entertainment yaitu Jinu Winner juga diketahui telah menyalurkan donasinya melalui Hope Bridge National Disaster Relief Association. Di tengah kesibukannya menjalani proses syuting drama “Pure Boxer”, Jinu menyempatkan untuk mendonasikan uangnya senilai 10 juta won atau sekitar Rp120 Juta.

Berita baik tersebut juga dikonfirmasi oleh Hope Bridge sebagai lembaga yang dipercaya penyanyi bernama asli Kim Jin Woo. Melalui donasi tersebut, pihak Hope Bridge akan menggunakannya untuk mengirimkan barang bantuan darurat hingga obat-obatan ke daerah yang terkena dampak. 

Mengingat terus bertambahnya korban jiwa dalam bencana alam gempa bumi Turki-Suriah, tentunya akan lebih banyak lagi pihak yang akan berdonasi dan mengulurkan bantuan. Semoga, seluruh korban diberikan ketabahan dan kemudahan dalam pemulihan.