5 Destinasi Tempat Wisata Cirebon yang Menarik dan Wajib Kamu Kunjungi

Selasa, 28 September 2021 | 00:01:00

Sofianti Herina

Penulis : Sofianti Herina

5 Destinasi Tempat Wisata Cirebon yang Menarik dan Wajib Kamu Kunjungi

Foto: piknikasik

Ladiestory.id - Cirebon adalah salah satu kota yang ada di Jawa Barat. Kota ini memiliki banyak destinasi wisata menarik dan populer yang bisa kamu kunjungi saat liburan.

Tempat Wisata Cirebon yang Menarik  

Berikut destinasi tempat wisata Cirebon yang wajib kamu kunjungi.

1. Ade Irma Suryani Waterland

Foto: piknikasik

Salah satu destinasi wisata Cirebon yang menarik dan menjadi primadona warga setempat adalah Ade Irma Suryani Waterland. Tempat ini berlokasi di tepi pantai utara kota Cirebon.

Tempat wisata ini menawarkan berbagai wahana air yang seru dan menarik seperti kolam arus, perahu bebek, waterboom, air mancur, dan bermacam-macam wahana permainan anak lainnya.

Adanya pondok ikonik seperti yang ada di Dusun Bambu Lembang dan juga restoran dengan gaya kapal laut menjadi daya tarik objek wisata ini.

Lokasinya juga yang terletak di pinggir pantai menjadikan tempat wisata ini tampak indah dan menawan. Terlebih bila kamu bisa menyaksikan sunset yang memukau di sore hari.

2. Wisata Banyu Panas Palimanan

Foto: suara

Bila kamu berlibur ke Cirebon, Wisata Banyu Panas Palimanan layak kamu kunjungi. Karena di tempat ini kamu bisa menikmati sensasi mandi air hangat, sambil menyaksikan pemandangan alam Gunung Kromong. Mandi air panas akan melancarkan aliran darah, mematikan bakteri dan kuman, dan menjadikan badan segar dan bugar kembali. 

Selain itu mata kamu juga akan dimanjakan dengan bebatuan kapur dan pepohonan yang rindang. Menurut cerita warga setempat, sumber air panas yang ada di tempat ini selalu pindah tempat.

3. Keraton Kasepuhan

Foto: cnnindonesia

Bila kamu ingin mengenal sejarah dari Kesultanan Cirebon, kamu bisa berkunjung ke Keraton Kasepuhan. Keraton ini dibangun oleh Pangeran Mochamad Arifin II pada tahun 1529. 

Tempat ini menyimpan banyak sejarah dan benda-benda pusaka peninggalan Sultan Cirebon. Menariknya, di dalam keraton ini terdapat kereta singa yang hanya dikeluarkan setiap tanggal 1 Syawal untuk dimandikan.

Di dalam Keraton Kasepuhan juga terdapat museum yang menyimpan koleksi benda pusaka dan lukisan keraton. Keraton Kasepuhan di bangun dengan gaya akulturasi budaya Arab, Cina, India, Jawa, Sunda dan Eropa. 

Di depan pintu gerbang keraton terdapat dua patung macan putih, sebagai lambang bahwa Sultan Cirebon adalah penerus kerajaan Pajajaran.

Pintu gerbang keraton di bangun seperti pura di Bali, daun pintu gapura yang diukir dengan gaya Eropa. Lalu pagarnya yang dibuat dengan keramik Cina, dan tembok yang mengelilingi keraton menggunakan bata merah khas Jawa. Semua itu adalah bukti adanya akulturasi dari berbagai budaya tersebut.

Bila kamu sempatkan mampir ke Keraton Kasepuhan, kamu akan menyaksikan semua yang disebutkan di atas. 

4. Jempol Waterboom

Foto: sikidang

Destinasi wisata lainnya yang bisa kamu kunjungi di Cirebon adalah Jempol Waterboom. Tempat wisata ini cukup populer di masyarakat kota Cirebon. Di tempat ini tersedia berbagai fasilitas wahana permainan air.

Wahana yang tersedia di sini diantaranya adalah kolam renang, taman air, dan istana air. Selain bermain air dan berenang di sini juga kamu dapat berfoto ria di  di spot-spot menarik

Seperti gambar tiga dimensi dinosaurus, ikan paus, jerapah dan selancar ombak. Di sini juga terdapat landmark Menara Eiffel yang merupakan spot favorit para pengunjung.

Tempat ini juga dilengkapi fasilitas mushola, foodcourt yang menyajikan bermacam aneka makanan dan minuman lengkap, juga gazebo untuk kamu beristirahat dan bersantai.

5. Cirebon Waterland

Foto: dakatour

Tempat wisata yang wajib kamu kunjungi di Cirebon adalah Cirebon Waterland. Objek wisata air ini menyediakan berbagai wahana air seperti kolam renang olympic, kolam arus, waterboom dan juga wahana air lainnya.

Di area wisata ini juga tersedia penginapan untuk pengunjung dari luar kota yang ingin  bermalam dan beristirahat di sini.

Itulah 5 destinasi tempat wisata Cirebon yang wajib kamu kunjungi saat plesiran ke kota Cirebon. Pastinya akan menambah pengalaman liburan kamu jadi semakin seru dan menarik.

Berita Terkait